Harga Pertamina Dex dan 3 Unggulan Utamanya

Bagikan :
gambar pertamina dex

Ketika mengisi bahan bakar SPBU di pernahkan anda menggunakan Pertamina Dex? Pertamina sebagai BUMN pengolah berbagai kebutuhan bahan bakar moda transportasi dan mesin industri telah berjasa besar bagi stabilitas minyak bahan bakar di Indonesia. Berbagai macam perkembangan dan inovasi produk bahan bakar menandai perjalanan Pertamina. 

Saat ini SPBU Pertamina menyediakan 5 (lima) produk bahan bakar. Yakni, Pertalite, Pertamax, Pertamax Turbo, Dexlite dan Dex. Khusus kendaraan dan mesin industri Pertamina menyediakan dua pilihan bahan bakar solar utama, yakni Dexlite dan Dex. Pertamina Dex sendiri merupakan unggulan dan rekomendasi terbaik bahan bakar solar di Indonesia saat ini. 

Lantas apa itu Pertamina Dex? Apa saja keunggulan yang dimiliki? Serta apa perbedaannya dengan dexlite? Pertanyaan-pertanyaan diatas merupakan pertanyaan umum dan paling banyak dibicarakan para pengguna solar di Indonesia. Melalui artikel dibawah ini, kami akan mencoba menjawab pertanyaan tersebut. Mari baca dengan seksama. 

Apa itu pertamina Dex?

Pertamina Dex adalah produk bahan bakar minyak non-subsidi jenis diesel. Bahan bakar diesel ini dirancang dan dikembangkan, merespon berkembangnya inovasi kendaraan-kendaraan diesel. Kendaraan diesel modern dengan performa mesin prima serta ramah lingkungan membutuhkan bahan bakar diesel terbaik pula untuk mendukung performanya.

Angka cetane pertamina dex adalah yang tertinggi dibandingkan produk solar lainnya. Cetane dari pertamina dex sendiri adalah 53. Angka cetane yang tinggi mengindikasikan bahwa kandungan sulfur terbilang cukup rendah. Kandungan sulfur yang dimiliki adalah maksimal 300. 

Dari keterangan diatas, dapat disimpulkan bahwa jenis bahan bakar ini mampu menjaga mesin dan meningkatkan power mesin secara maksimal. Selain itu, juga telah memenuhi standar EURO 3 sebagai bahan bakar ramah lingkungan. Dengan angka cetane yang tinggi dan kandungan sulfur rendah, para pengguna setia bahan bakar tersebut tidak perlu terganggu lagi dengan suara berisik mesin diesel. Hal tersebut mampu membuat getaran mesin halus dengan performa tinggi. 

Keunggulan Pertamina Dex

1. Ramah Lingkungan

Angka Cetane mengindikasikan bahwa bahan bakar diesel ini diolah dengan penyulingan terbaik sehingga tercipta hasil akhir jernih dengan kandungan sulfur rendah. Hal ini kemudian mendapatkan sertifikasi dari badan standarisasi diesel. Pertamina Dex layak memenuhi standar EURO 3 dalam keikutsertaanya menjadi bahan bakar ramah lingkungan. Dengan kandungan sulfur rendah dan kemurnian yang tinggi, mampu menghasilkan emisi karbon rendah. 

2. Mesin Awet & Tahan Lama

Tidak hanya itu, dengan kandungan sulfur rendah juga membuat mesin dengan bahan bakar jenis ini lebih tahan lama dan tangguh untuk mengarungi berbagai jenis medan jalan. 

3. Tangguh

Angka cetane tinggi indikator kemurnian solar yang tinggi pula menjaga kinerja mesin lebih optimal, tangguh, dan bertenaga. 

Baca Juga: Pemanfaatan Biodiesel, Bahan Bakar Alternatif dari Minyak Nabati

Perbedaan Dexlite dan Pertamina Dex

Meski sama diproduksi dan didistribusikan untuk kendaran mesin diesel. Namun keduanya memiliki spesifikasi yang jauh berbeda dari segi efektivitas pembakaran, kemurnian, dan kandungan sulfur di dalamnya.

Bahan bakar bertipe dexlite mempunyai angka cetane 51 dengan kandungan sulfur maksimal 1200. Angka kandungan sulfur pada dexlite dikategorikan cukup tinggi pada kelas bahan bakar solar. Hal inilah kemudian yang mengakibatkan harga dexlite jauh lebih murah dibandingkan dengan jenis yang lain. Harga Dexlite adalah 9,500 per liter membuatnya cocok dan digemari oleh para pengguna kendaraan operasional sehari-hari.

Sedangkan, Pertamina Dex seperti yang banyak disebutkan diatas memiliki angka cetane 53 dan kandungan sulfur maksimal 300. Secara spesifikasi kualitas pembakaran, kemurnian bahan bakar, sampai kandungan sulfur terbukti lebih baik dibandingkan dexlite. Hal inilah kemudian mengakibatkan harga cenderung sedikit lebih mahal dibandingkan versi dexlite.

Harga Pertamina Dex

Harga bahan bakar ini terbilang cukup bervariasi untuk daerah luar jakarta, yakni dibandrol dengan harga sekitar 11,150 – 11,550. Sedangkan untuk daerah DKI Jakarta harga terbaru dibandrol dengan harga 11,150. 

Baca Juga: Cara Mengolah dan Menghemat Bahan Bakar Minyak Secara Efektif

Kesimpulan

  • Pertamina Dex merupakan produk bahan bakar minyak non-subsidi jenis diesel. Bahan bakar diesel ini dirancang dan dikembangkan, merespon berkembangnya inovasi kendaraan-kendaraan diesel.
  • Angka cetane yang tinggi mengindikasikan bahwa kandungan sulfur pertamina dex cukup rendah. Kandungan sulfur yang dimiliki mencapai nilai maksimal 300. 
  • Pertamina Dex juga telah memenuhi standar EURO 3 sebagai bahan bakar ramah lingkungan.
  • Bahan bakar dexlite mempunyai angka cetane 51 dengan kandungan sulfur maksimal 1200.
  • Harga Dexlite adalah 9,500 per liter membuatnya cocok dan digemari oleh para pengguna kendaraan operasional sehari-hari.

PT. Megah Anugerah Energi sebagai distributor resmi pertamina berkomitmen dalam membantu Pertamina menyalurkan kebutuhan bahan bakar alternatif, pengganti solar untuk mesin kendaraan dan mesin-mesin industri di seluruh Indonesia. Bahan bakar yang menjadi visi distribusi kami adalah biosolar B30 dan Marine Fuel Oil.

Solar Industri menawarkan paket pemesanan produk bio solar B30, jasa bunker service, dan pembuatan tangki solar di seluruh wilayah Indonesia. Untuk pemesanan lintas negara, silakan hubungi kontak kami yang telah tersedia. 

Tags

Butuh Informasi Lebih Lanjut?

Apabila anda tertarik dengan penawaran kami, konsultasikan segera kebutuhan anda dengan menghubungi kontak kami untuk mendapatkan informasi lebih detail terkait produk perusahaan.