Apa itu Pertashop Pertamina dan Cara Menjadi Mitra Bisnis

Bagikan :
pertashop pertamina

Di beberapa daerah yang jauh dari SPBU, mungkin Anda telah melihat bahwa ada Pertashop Pertamina atau SPBU mini. Memang benar, bisnis Pertashop mulai banyak bermunculan di beberapa daerah di Indonesia karena PT Pertamina (Persero) telah membuka lini bisnis ritelnya. 

Kehadiran Pertashop Pertamina sangat membantu masyarakat yang lokasinya bukan dalam jangkauan SPBU. Selain itu, SPBU mini ini juga menjadi alternatif untuk bisnis petrokimia di daerah yang jauh dari SPBU.

Apakah Anda sudah mengetahui apa itu Pertashop Pertamina, fungsi, serta keuntungannya ? Atau apakah Anda berminat dengan bisnis SPBU mini ini? Apabila jawabannya iya, berikut telah kami rangkum mengenai pengertian, fungsi, skema bisnis, dan juga lengkap beserta cara pendaftarannya untuk Anda.

Baca juga: Harga Pertamina Dex dan 3 Unggulan Utamanya

Apa Itu Pertashop Pertamina?

Selain mengoperasikan SPBU, PT Pertamina (Persero) juga mengoperasikan Toko Pertamina atau Pertamina Shop di beberapa daerah. Pertashop (Pertamina Shop) adalah agen distribusi kecil di bawah pengawasan PT Pertamina yang melayani konsumen di tingkat desa atau daerah di luar jangkauan daerah SPBU. 

Melansir dari laman resmi Pertamina, Pertamina Shop adalah outlet penjualan Pertamina berskala tertentu untuk melayani kebutuhan konsumen BBM non subsidi, LPG non subsidi, dan produk ritel Pertamina lainnya. Outlet penjualan ini mengutamakan lokasi pelayanan di desa atau kota yang jauh dari SPBU.

Melalui bisnis Pertamina Shop ini, PT Pertamina memiliki target untuk membangun 10.000 outlet jaringan distribusi BBM ritel. Pertashop merupakan bagian dari Program One Village One Outlet (OVOO) dengan sasaran satu outlet BBM dan LPG di seluruh desa di Indonesia.

Pembangunan Pertashop sebagai jaringan distribusi BBM ritel tetap menggunakan standar kualitas dan keamanan yang sama dengan SPBU. Kapasitas penyimpanannya sesuai dan juga tetap mengedepankan faktor keamanan.

Kapasitas penyimpanan bahan bakar minimal SPBU mini adalah 3.000 liter, sesuai dengan kategori skema bisnis yang akan kami bahas pada bagian-bagian selanjutnya. Selain itu, Toko Pertamina mendapatkan pasokan BBM dari Pertamina secara langsung melalui terminal BBM terdekat.

Baca juga: Berkenalan dengan Bahan Bakar Fosil: Pengertian Hingga Keuntungan

Fungsi Pertashop

Pertashop berfungsi sebagai lembaga penyalur SPBU di tingkat yang lebih kecil. Berbeda dengan SPBU, Pertashop hanya menjual BBM jenis Pertamax dan Pertalite serta LPG non subsidi, yaitu Bright Gas.

Kehadiran SPBU mini ini bersaing dengan SPBU biasa.  Pertamina Shop mendekatkan layanan BBM skala kecil kepada masyarakat. Dengan adanya Pertamina Shop, masyarakat yang tinggal jauh dari SPBU tetap bisa menikmati layanan Pertamina yang hadir di tingkat desa.

Baca juga: Perbedaan Bilangan Oktan dan Bilangan Setana pada BBM

Syarat Menjadi Mitra Pertashop

Untuk menjadi mitra Toko Pertamina, ada beberapa syarat yang perlu dipenuhi. Persyaratan menjadi mitra yang dibutuhkan oleh Pertamina antara lain:

  1. WNI yang memiliki izin usaha berupa UD, Koperasi, CV, PT, atau badan usaha lainnya.
  2. Memiliki kelengkapan administrasi yang masih berlaku. Misalnya NPWP, KTP, dan akta pendirian perusahaan.
  3. Memiliki lahan untuk mengoperasikan Pertashop.
  4. Mendapatkan rekomendasi dari Kepada Desa setempat.
  5. Memiliki modal sesuai dengan tipe Pertashop yang diajukan.

Kriteria Lokasi Pertashop Pertamina

contoh pertashop pertamina
© Kemitraan Pertamina

Pertamina Shop tidak bisa dibangun di sembarang lokasi karena alasan keamanan dan akses. PT Pertamina telah memberikan kriteria khusus untuk calon lahan operasi Pertashop. Kriteria lahan untuk SPBU mini yaitu:

  1. Tidak berdekatan dengan SPBU menjadi pertimbangan.
  2. Lokasi strategis dan memiliki ketersediaan jaringan yang stabil.
  3. Harus bisa dilalui mobil tangki dengan bobot 8 ton; konstruksi jalan dan jembatan juga menjadi pertimbangan.
  4. Pertashop tipe Gold memerlukan lahan seluas 210 m2, Platinum seluas 300 m2, dan Diamond seluas 500 m2.

Skema Bisnis Pertashop: Modal dan Keuntungan

Pertashop yang mungkin sering kita jumpai di beberapa daerah ternyata berbeda-beda. Perbedaan SPBU mini ini bukan hanya ada pada bentuk bangunannyavsaja. Perbedaan Pertashop Pertamina juga ada pada skema bisnis yang ditawarkan oleh BUMN ini.

Ada tiga jenis skema bisnis Pertamina Shop. Omzet penjualan ketiga skema bisa mencapai lebih dari Rp150 juta/bulan. Tiga permodalan dan skema bisni Pertamina Shop,  yaitu:

1. Gold

Skema permodalan bisnis Gold membutuhkan modal Rp250 juga yang mencakup biaya Pertashop dan biaya pengiriman. Modal pembelian produk Pertamax sekitar Rp20 juta dengan keuntungan/liter 850/liter. Estimasi pengembalian modalnya sekitar maksimal 5 tahun.

2. Platinum

Skema bisnis Platinum membutuhkan modal Rp400 juta yang meliputi biaya Pertashop dan biaya instalasinya. Modal pembelian produk (Pertamax) lebih banyak, yaitu Rp70 juta dengan keuntungan/liter yaitu 600/liter.

Estimasi pengembalian modalnya maksimal 4 tahun, tergantung pendapatan penjualan. Dalam skema bisnis ini, mitra memiliki peluang menjual LPG Bright Gas dan Pelumas Pertamina.

3. Diamond

Berbeda dari dua skema sebelumnya, skema bisnis Diamond membutuhkan modal paling banyak, yakni Rp500 juta. Biaya ini sudah mencakup biaya Pertashop dan instalasinya. Modal pembelian produk Pertamax sama seperti Platinum, yaitu Rp70 juta dengan keuntungan/liter adalah 435/liter.

Estimasi pengembalian modalnya maksimal  tahun, bergantung dengan penjualan. Dalam skema bisnis ini, mitra juga memiliki peluang menjual LPG Bright Gas dan Pelumas Pertamina.

Baca juga: Mengenal Minyak Bumi, Sumber Daya Alam Penting dalam Kehidupan Manusia

Keuntungan Mitra Pertashop Pertamina

Melansir dari laman Pertamina, ada beberapa keuntungan dengan menjalin kemitraan bersama Pertashop. Setidaknya ada empat keuntungan, yaitu:

  1. Penawaran kemitraan mudah, transparan, dan menguntungkan.
  2. Kualitas dan takaran produk sesuai dengan standar Pertamina
  3. Harga juga sama dengan harga jual SPBU Pertamina
  4. Ketersediaan LPG dan pelumas

Selain keempat keuntungan di atas, PT Pertamina juga akan memberikan dukungan fasilitas. Pertamina akan menyediakan fasilitas Pertashop berupa totem, tangki, dan dispenser lengkap beserta instalasinya. 

Untuk pengoperasian Toko Pertamina, Pertamina juga akan memberikan pelatihan dan pendampingan selama seminggu lebih dulu mengenai cara dan standard operating procedure (SOP). Pertamina akan memberikan kesempatan bagi calon operator untuk latihan di SPBU terdekat.

Secara periodik, Tim Pertamina akan terus melakukan pembinaan kepada mitra Pertamina Shop. Pertamina melakukan pembinaan agar standar kualitas dan keamanan Pertashop terus terjaga sesuai dengan standar SPBU.

Cara Daftar Pertashop Pertamina

Apabila Anda masih berminat untuk menjadi mitra Pertashop setelah mengetahui seluruh persyaratan dan skema bisnis Pertamina Shop, langkah selanjutnya adalah melakukan registrasi. Seluruh calon mitra Pertashop harus melakukan registrasi dengan melengkapi data dan dokumen pendaftaran.

Registrasi mitra Toko Pertamina dibagi menjadi dua, yaitu untuk wilayah yang sudah terdaftar pada jaringan Pertamina dan untuk pengajuan lokasi pengembangan baru. Data dan dokumen persyaratan kedua bentuk registrasi itu hampir sama.

Pendaftaran mitra dapat dilakukan di laman resmi kemitraan Pertamina. Setelah registrasi, akan ada verifikasi kesesuaian dokumen persyaratan. 

Apabila lolos tahap verifikasi, calon mitra dapat melengkapi dokumen perizinan dan proses pembangunan. Baru setelahnya akan ada persiapan dokumen kontrak dan izin operasional Pertashop.

Kesimpulan

Untuk menunjang mobilitas kendaraan bermotor di desa atau daerah yang jauh dari SPBU, PT Pertamina (Persero) mengoperasikan Pertamina Shop melalui mitra-mitranya. Pertashop (Pertamina Shop) adalah agen distribusi kecil yang melayani konsumen di tingkat desa atau daerah di luar jangkauan daerah SPBU.

Pertashop berfungsi sebagai lembaga penyalur SPBU di tingkat yang lebih kecil. SPBU mini ini menjual BBM non subsidi, yaitu Pertamax dan LPG non subsidi, yaitu LPG Bright Gas.

PT Pertamina membuka kesempatan bagi masyarakat yang ingin menjadi mitra Pertashop. Untuk menjadi mitra Pertashop, ada beberapa syarat dan dokumen yang perlu dilengkapi. Syarat modal, lahan, dan dokumen untuk registrasi disesuaikan berdasarkan kualifikasi dan standar Pertamina.

Solar Industri siap untuk menyediakan pembelian bio solar B30 non-subsidi, jasa bunker service, dan pembuatan tangki solar di seluruh wilayah Indonesia. Untuk pemesanan lintas negara, silakan hubungi kontak kami yang telah tersedia.

Tags

Butuh Informasi Lebih Lanjut?

Apabila anda tertarik dengan penawaran kami, konsultasikan segera kebutuhan anda dengan menghubungi kontak kami untuk mendapatkan informasi lebih detail terkait produk perusahaan.