Mengenal Tangki Bahan Bakar, Fungsi, dan Komponennya

Bagikan :
Fuel tank atau tangki bahan bakar adalah salah satu komponen penting pada kendaraan yang digunakan untuk menyimpan bahan bakar. Disamping itu, tank juga digunakan untuk mengumpulkan uap bahan bakar. Biasanya, komponen ini terbuat dari bahan logam atau plastik yang tahan korosi dan kebocoran.
tangki bahan bakar
Daftar Isi

Tangki bahan bakar adalah salah satu komponen penting pada kendaraan yang seringkali terabaikan. Padahal, tanpa tangki bahan bakar atau fuel tank yang berfungsi dengan baik, kendaraan tidak akan bisa beroperasi secara optimal dan bahkan dapat membahayakan keselamatan pengguna jalan.

Oleh karena itu, artikel ini akan membahas secara lengkap mengenai apa itu tangki bahan bakar, apa saja fungsi dan komponennya, serta fungsi separator yang terdapat pada fuel tank. Simak penjelasannya!

Pengertian Tangki Bahan Bakar

Tangki bahan bakar adalah komponen pada kendaraan yang berfungsi untuk menyimpan bahan bakar atau fuel yang akan digunakan oleh mesin. Fuel tank umumnya terbuat dari bahan logam atau plastik yang tahan terhadap korosi dan kebocoran. Fungsi utama dari fuel tank adalah menyimpan bahan bakar dengan aman dan menjaga agar bahan bakar dapat mengalir dengan lancar ke mesin kendaraan.

Di dalam fuel tank juga terdapat beberapa komponen penting seperti selang bahan bakar, sensor level, hingga filter bahan bakar yang semuanya berfungsi untuk memastikan bahwa bahan bakar dapat mengalir dengan baik dan terjaga kualitasnya.

Fungsi Tangki Bahan Bakar

Melansir dari laman One Solution Pertamina, berikut ini adalah beberapa fungsi tangki bahan bakar. Simak penjelasannya di bawah ini.

1. Menampung bahan bakar

Fungsi utama dari fuel tank adalah menampung dan menyimpan bahan bakar yang akan digunakan oleh mesin kendaraan. Bahan bakar sendiri merupakan materi atau energi yang diperlukan oleh mesin untuk beroperasi.

2. Memastikan mesin dapat mengolah bahan bakar

Selain menampung bahan bakar, fuel tank juga memastikan bahwa bahan bakar yang ada pada tangki dapat terolah dengan baik oleh mesin kendaraan. Fuel tank dilengkapi dengan beberapa komponen seperti pompa bahan bakar, filter bahan bakar, dan sensor level yang berfungsi untuk menjaga agar bahan bakar dapat mengalir dengan baik ke mesin kendaraan.

3. Mengumpulkan uap bahan bakar

Di dalam fuel tank juga terdapat fungsi untuk mengumpulkan uap bahan bakar yang mungkin terbentuk akibat panas atau perubahan suhu. Uap bahan bakar ini kemudian diarahkan kembali ke mesin kendaraan untuk dapat digunakan kembali.

4. Menguras bahan bakar

Pada beberapa kondisi, seperti ketika hendak mengganti bahan bakar atau melakukan perbaikan pada mesin, fuel tank juga berfungsi untuk menguras sisa bahan bakar yang tersimpan di dalamnya. Proses pengurasan ini penting agar bahan bakar tidak terbuang percuma dan tidak menimbulkan bahaya.

5. Mencegah bahan bakar tumpah dari kendaraan

Dalam proses pengisian bahan bakar, fuel tank menampung fuel yang diperlukan kendaraan untuk beroperasi. Tanpanya, bahan bakar akan sulit disimpan dan mudah tumpah ketika kendaraan bergerak, mengakibatkan bahaya kebakaran dan pencemaran lingkungan.

Baca Juga: Mengenal Blind Spot pada Truk dan Cara Mengatasinya

Komponen Tangki Bahan Bakar

Dilansir dari laman My Pertamina, berikut ini adalah beberapa komponen dan suku cadang tangki bahan bakar yang perlu Anda ketahui. Simak penjelasannya!

1. Fuel Cap

Komponen ini adalah penutup fuel tank yang fungsinya adalah untuk mencegah fuel keluar dan masuk ke dalam tangki. Fuel cap biasanya dilengkapi dengan venting valve yang memungkinkan udara masuk ke dalam tangki agar tekanan dalam tangki tetap stabil.

2. Fuel Inlet House

Fuel inlet house berfungsi untuk menghubungkan antara mulut fuel tank dengan lubang masuk. Biasanya, komponen ini terbuat dari bahan karet yang kuat sehingga tidak mudah rusak oleh bahan kimia dalam bahan bakar.

3. One-Way Valve

Komponen ini berperan untuk mengatur aliran bahan bakar yang hanya mengalir satu arah, yaitu dari fuel tank ke mesin. One-way valve juga dapat mencegah fuel kembali mengalir ke dalam tangki saat kendaraan mati.

4. Separator

Komponen selanjutnya pada fuel tank adalah separator, yang berperan dalam menjaga agar bahan bakar tetap stabil dan tidak berguncang saat kendaraan melewati jalan dengan kondisi yang buruk seperti bergelombang atau berlubang. Dengan menggunakan separator, maka fuel dapat tetap aman tersimpan di dalam tangki.

5. Sub Tank

Komponen Sub Tank berfungsi untuk mencegah fuel pump tidak mampu memompa bahan bakar ke mesin ketika mobil berada pada posisi miring saat melewati jalan menurun yang curam. Pada kondisi seperti itu, mobil akan cenderung menukik ke depan sehingga bahan bakar akan terdorong ke arah depan dan membuat bagian belakang fuel tank kosong. Jika kondisi ini terjadi, maka fuel pump tidak akan dapat mengalirkan bahan bakar ke seluruh mesin, sehingga mobil dapat berhenti tiba-tiba saat Anda mengendarai.

6. Fuel Strainer

Fuel Strainer berfungsi untuk menyaring bahan bakar dari kotoran atau partikel yang mungkin masuk ke dalam main fuel line. Biasanya, bagian ini terletak di dekat pompa bahan bakar.

7. Drain Plug

Komponen ini adalah lubang pengeluaran fuel yang terletak di bawah fuel tank dan berfungsi untuk mengosongkan fuel dari tangki.

8. Fuel Pump

Komponen Fuel Pump ini berfungsi untuk memompa fuel dari tangki ke mesin kendaraan melalui main fuel line.

9. Main Fuel Line

Main Fuel Line adalah pipa yang menghubungkan pompa bahan bakar dengan mesin kendaraan. Disamping itu, bagian ini juga berfungsi untuk mengalirkan fuel dari tangki ke mesin.

10. Fuel Return Line

Selanjutnya, fuel return line yang merupakan pipa yang menghubungkan mesin kendaraan dengan fuel tank. Fuel return line berfungsi untuk mengalirkan fuel yang tidak terpakai kembali ke tangki.

11. Fuel Gauge Sender Unit

Fuel gauge sender unit adalah salah satu komponen dari fuel tank yang berperan dalam memberikan informasi mengenai tingkat ketinggian bahan bakar yang tersisa di dalam tank kepada pengemudi melalui panel dasbor. Informasi tersebut tertera pada fuel indicator level yang ada pada komponen tersebut.

12. Line To Canister

Komponen ini adalah jalur yang menghubungkan fuel tank dengan canister charcoal yang berfungsi untuk menyerap uap bahan bakar yang keluar dari tangki.

13. Air Breather Hose

Air breather hose, yang juga dikenal sebagai ventilasi tangki, memiliki fungsi sebagai tempat sirkulasi udara di dalam fuel tank. Fungsi ini penting untuk mencegah terjadinya penumpukan udara di dalam tangki saat proses pengisian fuel.

Baca Juga: Mengenal Truk Tangki, Berbagai Tipe dan Spesifikasinya

Fungsi Separator pada Tangki Bahan Bakar

Berikut ini adalah penjelasan tentang fungsi Separator pada tangki bahan bakar:

1. Mencegah bahan bakar terguncang

Separator memiliki fungsi untuk mencegah bahan bakar atau fuel di dalam tangki agar tidak terguncang saat mobil melewati jalan bergelombang atau berlubang. Saat mobil bergerak, getaran dari mesin dan roda dapat membuat fuel di dalam tangki berguncang, yang berisiko menyebabkan terjadinya kebocoran atau kerusakan pada fuel tank. Dengan adanya Separator, fuel dapat tetap berada pada posisi yang stabil dan aman di dalam tangki.

2. Membantu pengisian bahan bakar

Separator juga dapat membantu proses pengisian bahan bakar di tangki. Saat bahan bakar diisi ke dalam tangki, Separator dapat membantu memisahkan udara dari bahan bakar sehingga fuel dapat terisi secara maksimal di dalam tangki.

3. Menjaga kualitas bahan bakar

Separator juga dapat membantu menjaga kualitas fuel di dalam tangki. Saat Anda mengisi fuel ke dalam tangki, dapat terjadi pengotoran atau pencemaran pada fuel yang masuk. Dengan adanya Separator, kotoran dan partikel-partikel kecil dapat terpisah dan dihalau keluar dari tangki, sehingga fuel di dalam tangki tetap bersih dan aman untuk digunakan.

Dalam rangka menjaga fungsi Separator pada tangki bahan bakar, Anda perlu melakukan perawatan yang rutin dan berkala agar komponen tersebut dapat berfungsi dengan optimal dan terhindar dari kerusakan atau kebocoran yang berpotensi membahayakan keselamatan berkendara.

Baca Juga: Cara Menghitung Volume Bahan Bakar Tangki Solar yang Benar

Gambar Tangki Bahan Bakar

Setelah mengetahui tentang komponen fuel tank, berikut ini adalah beberapa contoh gambar Tangki Bahan bakar yang harus Anda ketahui.

gambar tangi Bahan bakar berwarfna merah yang sedang dilepas dari mobil atau kendaraan, dilengkapi dengan selang
(Photo: Pinterest.com)

Gambar di atas adalah salah satu contoh fuel tank yang ada pada mobil. Selain itu, di bawah ini akan kami berikan contoh gambar model lainnya dari fuel tank.

contoh model gambar Tangki Bahan bakar berwarna putih
(Photo: Pinterest.com)

Itulah beberapa informasi mengenai tangki bahan bakar atau fuel tank yang dapat kami sampaikan secara detail.

Apabila Anda mempunyai kebutuhan khusus untuk pembuatan, sewa, pengurasan, dan pembersihan tangki solar. Kami menyediakan layanan tersebut dengan beberapa lokasi pengiriman di Indonesia, sebagai berikut:

Jenis ProdukWilayah PengirimanHalaman Produk
Tangki Solar*SurabayaProduk Detail
Tangki SolarJakartaProduk Detail
Tangki Solar*BlitarProduk Detail
Tangki SolarSemarangProduk Detail
Tangki SolarTangerangProduk Detail
Tangki SolarKalimantan TimurProduk Detail
Tangki SolarKalimantan TengahProduk Detail

*) : Untuk wilayah Jawa Timur, kami menyediakan produk pembelian tangki ukuran 50KL dan 200 KL

Jika Anda sedang memikirkan untuk memakai bahan bakar alternatif yang ramah lingkungan, Solar Industri menyediakan Biosolar B30/B35. Anda dapat memesan produk kami di sini.

Konsultasikan kebutuhan Anda sekarang juga, gratis!

Tags:

Artikel Terbaru

Butuh Informasi Lebih Lanjut?

Apabila anda tertarik dengan penawaran kami, konsultasikan segera kebutuhan anda dengan menghubungi kontak kami untuk mendapatkan informasi lebih detail terkait produk perusahaan.