Mengenal Blind Spot pada Truk dan Cara Mengatasinya

Bagikan :
Blind spot adalah titik buta kendaraan dimana, jarak bidang pandang tidak terlihat oleh pengemudi atau operator saat berkendara. Simak 8 tips untuk mengatasi keadaan blind spot saat berkendara dan mengurangi risiko kecelakaan lalu lintas.
pengertian Blind Spot Truk
Daftar Isi

Blind spot, pernahkah Anda mendengar atau melihat istilah ini? Jika Anda adalah seorang pengendara dan pernah berada di area belakang dengan truk solar atau truk besar lainnya, mungkin pernah melihat tanda  bertuliskan ini.

Mengenal apa itu blind spot sangat bermanfaat untuk semakin menjamin keamanan Anda dan keluarga.

Dalam artikel ini, kita akan membahas definisi, area, serta cara mengatasinya.

Pengertian Blind Spot

Blind spot adalah titik buta pada kendaraan apa pun di mana pengemudi atau operator tidak dapat melihat bidang pandang tertentu. Lalu mengapa mengetahui titik buta kendaraan ini sangat penting? Karena titik buta menjadi salah satu penyebab banyaknya kecelakaan lalu lintas.

Meski sering mendengar istilah tersebut, banyak pengendara yang tidak menyadari keberadaan titik buta ini. Sekitar 60% pengemudi atau pengemudi yang terlibat kecelakaan lalu lintas mengaku tidak memperhatikan keberadaan kendaraan lain di sekitarnya.

Faktor penyebab perbedaan blind spot adalah terbatasnya jangkauan kaca spion, muatan yang dibawa sehingga mengaburkan pandangan, serta desain kendaraan yang sangat bervariasi. Setiap pengemudi harus mempertimbangkan titik buta mereka sendiri, karena titik buta antara satu kendaraan dengan kendaraan lainnya berbeda-beda.

Selain pengemudi, setiap pabrikan kendaraan juga memperhatikan blind spot pengemudi. Seiring berjalannya waktu, banyak pabrikan mobil ternama yang menambahkan fitur baru untuk mengurangi titik buta atau kurangnya jangkauan pengemudi.

Area Blind Spot Truk

Walaupun setiap kendaraan memiliki titik buta yang berbeda bergantung pada jenis serta muatan kendaraan. Salah satu area buta yang paling fatal dimiliki oleh kendaraan besar, truk. Kenali empat area atau blind spot truk untuk menghindarinya.

1. Area Belakang Truk

Bagian belakang truk adalah blind spot terbesar yang dimiliki oleh truk karena dapat terblokir, apalagi saat truk memuat banyak muatan. Hal ini membuat pengemudi truk kesulitan untuk melihat apa pun di kaca spion saat mengemudi. 

Tidak hanya muatan, terkadang box truk menjadi kendala saat bagian belakang truk tidak terlihat sehingga membuat bagian ini sangat berbahaya, apalagi ada mobil kecil di belakang truk.  

2. Area Samping Kiri Truk

Blind spot truk selanjutnya terletak di samping depan dan samping kiri dengan jarak kurang lebih 3 meter atau memanjang hingga tiga lajur kiri. Juga sangat sulit bagi pengemudi truk untuk melihat titik buta di sebelah kiri karena mereka biasanya mengemudi di sebelah kanan. 

Untuk melihat blind spot di sebelah kiri, biasanya pengemudi truk harus berbelok ke kiri terlebih dahulu yang dapat mengganggu saat berkendara. Itu sebabnya kebanyakan pengemudi truk biasanya mengundang teman dalam perjalanannya. 

Selain menjadi teman ngobrol, mengajak teman juga bisa membantunya melihat titik buta di sebelah kiri. Sehingga jika ada kendaraan yang berada cukup dekat pada titik ini dapat diidentifikasi.

3. Area Samping Kanan Truk

Sisi kanan juga merupakan blind spot truk. Titik buta kanan biasanya dimulai di sisi kanan taksi dan membentang di sepanjang sisi kanan truk hingga tiga lajur lalu lintas kanan. 

Walaupun pengemudi truk biasanya dapat melihat kaca spion sebelah kanan, namun terkadang ada beberapa barang yang tidak dapat dilihat dari kaca spion. Oleh karena itu, berhati-hatilah jika Anda berencana untuk melewati atau mengemudi di sisi kanan truk. 

4. Area Depan Truk

Seperti yang Anda ketahui, truk memiliki titik buta depan di bagian bawah jendela utama atau disebut juga kaca depan. Blind spot truk bagian depan biasanya berkisar 2 meter dan bisa sangat berbahaya, terutama jika pengemudi lain terlalu dekat dengan truk karena pengemudi truk tidak dapat melihat kendaraan di depannya. 

Tentunya jika hal ini terjadi dapat meningkatkan resiko terjadinya kecelakaan yang dapat membahayakan keselamatan tidak hanya pengemudi truk, tetapi juga pengemudi lainnya. Berkendaralah pada jarak yang aman dengan perhitungan tepat untuk menghindari kecelakaan. 

Baca Juga:
Mengenal Truk Tangki, Berbagai Tipe dan Spesifikasinya
Aspal, Bahan Utama Pembuatan Jalan dari Residu Penyulingan Minyak Bumi

Tips Mengatasi Blind Spot yang Berbahaya

Bukan berarti karena berbahaya maka ancaman area buta tidak bisa dikurangi atau bahkan diatasi. Berikut adalah beberapa tips mengatasi blind spot baik dari berbagai aspek.

1. Manfaatkan Lampu Sein dan Klakson 

Gambar spion pada mobil
Spion mobil (Michael Skok/Unsplash)

Jangan lupa menyalakan lampu sein atau membunyikan klakson

Sinyal belok tidak hanya digunakan di persimpangan, tetapi juga merupakan cara untuk mengurangi titik buta saat berkendara. Anda bisa menyalakannya saat hendak melewati kendaraan di depan Anda.

Selain menyalakan lampu sein, Anda juga bisa membunyikan klakson sebagai tanda atau pengingat saat hendak berpapasan dengan kendaraan lain yang lebih besar. 

2. Hati-Hati Saat Menyalip

Jika Anda ingin menyalip kendaraan di depan Anda, waspadai situasinya dan pastikan benar-benar aman. FYI, jangan pernah menyalip lewat sebelah kiri. 

Karena pasti akan sulit bagi pengemudi di sebelah kanan untuk melihat Anda saat akan melintas di sebelah kiri.

Anda juga harus menyadari kehadiran kendaraan di belakang Anda. Pastikan tidak ada kendaraan untuk menghindari kecelakaan akibat salah posisi saat melintas.

3. Memberikan Tanda Blind Spot

Mengingat truk seperti truk tangki solar memiliki muatan yang sangat besar, area blind spot nya pun semakin banyak.

Maka dari itu saat ini hampir seluruh truk atau kendaraan besar lainnya memberikan tulisan atau peringatan pada area buta kendaraan tersebut untuk menjadi pengingat bagi pengemudi lainnya.

Dengan peringatan ini, pengemudi lain dapat terhindar dari bahaya titik buta dan menghindari titik buta tersebut. Begitu pula dengan supir truk yang dapat merasa sedikit lega dengan kekhawatiran kekurangan dari tertutupnya jarak pandang tersebut.

4. Mengatur Kaca Spion Kendaraan Kita Sebelum Berkendara 

Kaca spion merupakan bagian penting yang tidak boleh dilupakan saat berkendara. Untuk mengurangi titik buta saat berkendara, Anda harus terlebih dahulu memeriksa dan menyetel kaca spion kendaraan Anda.

Sebuah kendaraan roda empat memiliki tiga spion, dua di samping dan satu di dalam. Pastikan untuk mengecek kondisi ketiga spion tersebut, apakah sudah pas atau tidak. Ketiga cermin tersebut memiliki fungsi dan tugas masing-masing yang harus dimaksimalkan. 

5. Menambah Kaca Jika Dirasa Masih Kurang

Kadang, walaupun kaca spion telah diatur untuk berada pada posisi yang benar, bidang pandang pengemudi masih terasa kurang luas. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda dapat memberikan tambahan kaca yang dapat membantu mengurangi titik buta ini saat berkendara.

Perhatikan bahwa saat menggunakan cermin cembung sebagai aksesori, perhatikan penggunaannya, karena bayangan cermin cembung lebih jauh dari jarak sebenarnya.

Inilah fungsi utama lensa tambahan, yang bertujuan memperluas bidang pandang ke belakang. Lokasi pemasangan yang benar adalah di bagian atas atau bawah cermin interior. 

6. Pahami Betul Kondisi Jalan

Kondisi jalan juga mempengaruhi blind spot bagi pengemudi. Perhatikan bagaimana kondisi jalan saat Anda berkendara. Jika sedang dalam keadaan padat hingga macet, hindari menjalankan kendaraan dengan kecepatan tinggi.

Tidak hanya itu saja, jika Anda bertemu dengan truk atau kendaraan apapun yang lebih besar dari kendaraan milik Anda, sebaiknya menghindarlah. Jangan berada tepat di dekat kendaraan tersebut. 

Karena, hal ini dapat menimbulkan bahaya jika pengemudi kendaraan tersebut tidak bisa melihat Anda. Usahakan untuk tetap menjaga jarak dengan kendaraan yang lebih besar dari milik Anda dari segala titik buta serta terus siaga untuk menghindari kemungkinan-kemungkinan buruk.

7. Pasang Kamera Video

Smartphone kita kini dapat melakukan banyak hal dan hampir tidak terbatas. Mengurangi potensi bahaya blind spot adalah salah satunya. Anda dapat menggunakan kamera video ponsel cerdas Anda sebagai monitor titik buta.

Setelah itu, Anda bisa melihat hasil pemantauan di layar dashboard mobil. Cara ini dinilai efektif untuk mengurangi blind spot saat berkendara. Selain itu, menggunakan kamera video membuat Anda tampil lebih gaya. 

8. Gunakan Alat Sensor Modern

Tips mengatasi blind spot yang terakhir masih memiliki hubungan dengan teknologi seperti tips sebelumnya.

Anda juga dapat menggunakan sensor modern pada kendaraan Anda. Ada beberapa versi dari sensor ini untuk dipilih. 

Yang paling canggih adalah sensor jarak, yang otomatis terintegrasi langsung ke rem. Harganya memang cukup mahal, namun perangkat ini sangat direkomendasikan untuk mengurangi blind spot saat berkendara. 

Nah itu dia informasi terkait blind spot yang dapat kami berikan. Jangan lupa untuk terus berhati-hati dan mengikuti beberapa tips yang telah kami rangkum di atas.

Cek informasi terkait harga solar industri non-subsidi terbaru pada laman resmi Kami.

Tags:

Artikel Terbaru

Butuh Informasi Lebih Lanjut?

Apabila anda tertarik dengan penawaran kami, konsultasikan segera kebutuhan anda dengan menghubungi kontak kami untuk mendapatkan informasi lebih detail terkait produk perusahaan.