Mengetahui Berbagai Macam Manfaat Minyak Kelapa Sawit

Bagikan :
Pohon Minyak Kelapa Sawit

Manfaat minyak kelapa sawit telah belakangan ini telah banyak diketahui oleh banyak orang. Oleh karena itu, semakin banyak orang yang menyadari betapa pentingnya keberadaan minyak ini. Mengetahui hal ini, banyak orang yang berlomba-lomba untuk membuka lahan dan mencoba untuk menjadi petani kelapa sawit.

Pembukaan lahan atau alih fungsi lahan dapat menjadi contoh dari fenomena deforestasi hutan yang ada di Indonesia. Dampak lebih lanjut dari hal ini yaitu dapat menimbulkan terjadinya efek rumah kaca. Selanjutnya, dampak yang mungkin akan timbul adalah perubahan iklim (climate change) karena terjadi pemanasan global (global warming).

Mungkin anda telah sering mendengar istilah minyak kelapa sawit. Namun, apakah anda mengetahui apa itu minyak kelapa sawit? Lalu, apa saja manfaat minyak kelapa sawit? Anda tidak perlu khawatir apabila masih belum mengetahuinya karena kami akan membahas tuntas semuanya pada artikel ini.

Pengertian Minyak Kelapa Sawit

Pengertian minyak kelapa sawit
© Unsplash

Secara global, tingkat kebutuhan terhadap minyak kelapa sawit terus meningkat setiap tahunnya. Hal tersebut terjadi karena minyak kelapa sawit memiliki berbagai macam manfaat yang dapat dimanfaatkan oleh manusia dalam menjalani kehidupan sehari-hari. 

Minyak kelapa sawit merupakan gabungan kata dari minyak dan kelapa sawit. Menurut KBBI, minyak berarti zat cair berlemak, biasanya kental, tidak larut dalam air, larut dalam eter dan alkohol. Jadi, dapat kita simpulkan bahwa minyak kelapa sawit adalah zat cair berlemak yang tidak larut dalam air da berasal dari kelapa sawit.

Menurut healthline.com, minyak kelapa sawit mengandung beberapa macam nutrisi, seperti lemak dan vitamin E. Dalam satu sendok makan minyak kelapa sawit (14 gram), terdapat 120 kalori, 14 gram lemak, dan dapat memenuhi 14% vitamin E untuk konsumsi harian. 

Dilansir dari laman webmd.com, minyak kelapa sawit merupakan sumber vitamin E yang baik. Studi menunjukkan bahwa mendapatkan cukup vitamin E dalam makanan anda dapat mengurangi risiko penyakit jantung, kanker, dan degenerasi makula karena usia. Selain itu, minyak kelapa sawit juga memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi yang baik untuk menjaga sistem kekebalan tubuh anda.

Manfaat Minyak Kelapa Sawit 

Seperti yang telah saya kemukakan sebelumnya, minyak kelapa sawit memiliki berbagai macam manfaat. Berikut manfaat minyak kelapa sawit, antara lain:

1. Bahan Bakar 

Manfaat yang pertama yaitu sebagai bahan dasar dalam pembuatan bahan bakar biosolar atau biodiesel. Dalam hal ini, minyak kelapa sawit direaksikan dengan metanol, etanol, dan katalisator NaOH atau KOH untuk menghasilkan FAME (Fatty Acid Methyl Ester). Untuk membuat biosolar, minyak tersebut dicampur dengan solar dengan perbandingan 70% solar dan 30% bahan nabati.

2. Kesehatan

a. Jantung

Minyak kelapa sawit bermanfaat untuk kesehatan jantung. Menurut halodoc.com, minyak kelapa sawit dapat memberikan dampak positif bagi jantung karena dapat menurunkan LDL (Low-density Lipoprotein) dan meningkatkan HDL (High-density Lipoprotein). Selain itu, alodokter.com juga menyebutkan bahwa minyak kelapa sawit baik untuk mengurangi risiko mengalami penyakit jantung karena mengandung antioksidan.

b. Otak

Studi menyebutkan bahwa kelapa sawit mengandung tocotrienol atau sejenis vitamin E yang baik untuk kesehatan otak. Dalam hal ini, ia dapat mengurangi risiko terkena stroke, mencegah pertumbuhan tumor otak, dan demensia.

c. Kulit dan Rambut

Yang terakhir adalah bermanfaat untuk kesehatan kulit dan rambut. Adapun contoh lainnya yaitu dapat menghilangkan bekas luka dan menutrisi kulit karena minyak kelapa sawit mengandung vitamin E yang baik untuk kesehatan kulit. Selain itu, kandungan tocotrienol pada minyak kelapa sawit dapat meningkatkan pertumbuhan rambut.

Kesimpulan

Minyak kelapa sawit merupakan zat cair berlemak yang tidak larut di dalam air. Adapun macam manfaat minyak kelapa sawit yaitu untuk bahan bakar dalam pembuatan biosolar serta baik untuk kesehatan jantung, otak, kulit, dan rambut.

Semoga artikel ini dapat membantu anda dalam memahami manfaat minyak kelapa sawit. Sampai jumpa di artikel berikutnya!

Solar Industri menyediakan penjualan produk biosolar b30 dan jasa bunker service non-subsidi resmi Pertamina.

Tags

Butuh Informasi Lebih Lanjut?

Apabila anda tertarik dengan penawaran kami, konsultasikan segera kebutuhan anda dengan menghubungi kontak kami untuk mendapatkan informasi lebih detail terkait produk perusahaan.