10+ Macam Alat Transportasi Laut beserta Penjelasan & Gambarnya

Bagikan :
Sesuai namanya, transportasi laut adalah alat transportasi yang beroperasi di lautan. Transportasi yang berada di lautan ini adalah pemindahan barang atau manusia yang beroperasi di atas lautan menggunakan alat sebagai kendaraan dengan bantuan tenaga mesin atau manusia.
kapal laut yang sedang berlayar di sore hari
Daftar Isi

Sebagai negara yang memiliki banyak pulau, ada berbagai macam transportasi laut yang menjadi andalan masyarakat Indonesia, seperti kapal selam, kapal tanker, speedboat, dan sebagainya.

Transportasi sendiri merupakan proses pemindahan barang atau manusia dari satu lokasi ke lokasi lainnya dengan kendaraan yang digerakkan oleh mesin atau manusia. Transportasi dibedakan menjadi 3 jenis, yaitu udara, darat, dan laut.

Sebenarnya, transportasi laut tidak hanya digunakan masyarakat, tetapi juga oleh pemerintah sebagai pendukung perdagangan barang. Alat transportasi laut adalah jenis kendaraan yang berguna untuk memindahkan manusia atau barang melalui jalur lautan.

Alat transportasi ini memiliki beragam jenis, kelebihan, dan manfaat. Nah, Artikel ini akan menjelaskan lebih lanjut mengenai transportasi yang berada di lautan. Yuk, simak!

Pengertian Alat Transportasi Laut

Pada umumnya, pemahaman mengenai transportasi adalah sebagai proses pemindahan barang dan manusia dari satu tempat ke tempat lainnya menggunakan kendaraan oleh manusia atau mesin. Hal tersebut adalah pengertian umum dari transportasi.

Sesuai namanya, alat transportasi laut adalah kendaraan yang beroperasi di lautan. Transportasi yang berada di lautan ini adalah pemindahan barang atau manusia yang beroperasi di atas lautan menggunakan alat sebagai kendaraan dengan bantuan tenaga mesin atau manusia.

Melihat dari sisi manfaatnya, transportasi ini merupakan untuk yang sangat penting dalam dunia perdagangan dalam dan luar negeri. Oleh karena itu, kebutuhan transportasi di bidang kelautan sangat lah besar. 

Perkembangan Alat Transportasi Laut di Indonesia

Sejarah perkembangan transportasi laut di Indonesia dimulai lebih awal dibandingkan dengan alat kendaraan lainnya. Seperti yang kita tahu bahwa Indonesia memiliki pulau yang sangat banyak dan hal tersebut menyebabkan penggunaan transportasi ini sangat masif. Kapal digunakan untuk aktivitas yang menghubungkan masyarakat dari satu pulau ke pulau lainnya.

Bukti bahwa Indonesia memanfaatkan kapal sebagai sarana penting transportasi dapat dilihat pada gambar relief-relief Candi Borobudur.  Relief tergambar dalam bentuk perahu bercadik yang mampu berlayar sampai Pulau Madagaskar (Afrika). Bukti lainnya adalah pembuatan perahu pinisi oleh bangsa Makassar di Sulawesi Selatan.

Perkembangan teknologi transportasi laut di Indonesia terus berkembang seiring dengan adanya pengaruh asing. Industri perkapalan diawali dengan PT Pelayaran Laut Nasional Indonesia (PT PELNI) yang bertugas membangun dan merancang kapal. Selanjutnya, industri kapal Indonesia dipelopori oleh PT PAL Indonesia.

Baca Juga: Jenis dan Perkembangan Bahan Bakar Kapal Laut

kapal kargo yang sedang membawa barang menyebrangi lautan
Ilustrasi Transportasi Laut (Katherine Mccormac/Unsplash)

Kekurangan dan Kelebihan Alat Transportasi Laut

Sama seperti transportasi lainnya, transportasi ini juga memiliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda-beda. Berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan transportasi laut. 

Kelebihan Transportasi Laut

Berikut ini adalah kelebihan dari penggunaan transportasi laut:

  1. Harga lebih murah
  2. Barang yang diangkut dapat lebih besar
  3. Polusi lebih rendah
  4. Jalur yang digunakan bebas
  5. Beberapa fasilitas kapal lebih mewah dan lengkap dibandingkan dengan jenis transportasi lainnya
  6. Pemeliharaan mesin atau servis yang fleksibel

Kekurangan Transportasi Laut

Berikut ini adalah kekurangan dari penggunaan transportasi laut:

  1. Waktunya yang cenderung lama
  2. Tidak cocok untuk penggunaan jarak jauh
  3. Rute yang dilewati tidak fleksibel
  4. Keberangkatan tergantung dari kondisi cuaca di laut

Macam-Macam Alat Transportasi Laut

Semakin majunya zaman, semakin maju juga perubahan bentuk kapal beserta dengan fungsinya. Berikut ini adalah jenis atau macam transportasi laut beserta dengan gambarnya.

1. Kapal Penumpang

Transportasi laur berupa kapal penumpang berwarna putih yang sedang membawa penumpang melewati lautan
From Unsplash

Sesuai dengan namanya, alat transportasi ini digunakan untuk mengangkut penumpang menggunakan jalur laut. Alat transportasi ini masih digunakan hingga sekarang mengingat Indonesia adalah negara yang memiliki banyak pulau. Selain harganya yang cenderung lebih murah, kapal dipilih karena kapasitas kapal sangat luas sehingga dapat menampung banyak penumpang.

2. Kapal Kargo

kapal kargo yang sedang memuat banyak barang melewati lautan
From Unsplash

Kapal kargo adalah transportasi yang hanya digunakan untuk mengangkut barang. Kapal ini biasanya digunakan untuk kebutuhan perdagangan serta impor dan ekspor. Barang yang dikirim menggunakan kapal ini disimpan di dalam peti kemas. Sebagai pengangkut barang, kapal ini memiliki ukuran yang sangat besar.

3. Kapal Feri

Transportasi laut berupa kapal feri berukuran besar yang memuat manusia dan barang sedang melewati lautan
From Unsplash

Kapal feri termasuk ke dalam kapal yang populer di Indonesia. Fungsi dari kapal feri sama seperti kapal penumpang, yaitu untuk mengangkut penumpang. Perbedaannya terletak pada ukuran kapal feri yang lebih kecil dibandingkan dengan kapal penumpang. Selain mengangkut penumpang, kapal feri juga mengangkut alat transportasi darat, seperti mobil dan motor.

4. Kapal Tunda

kapal tunda berada di sebelah kapal induk dan siap untuk menarik kapal induk
From Unsplash

Kapal tunda adalah jenis kapal yang bentuknya agar kecil, tetapi memiliki tenaga yang besar dan sering ditemui pada pelabuhan yang sempit. Fungsi utama dari kapal ini adalah untuk menarik kapal yang lebih besar saat hendak berlabuh atau meninggalkan pelabuhan. Kapal tunda juga sering digunakan untuk menarik kapal induk.

5. Kapal Penangkap Ikan

seorang nelayan sedang menangkap ikan menggunakan jaring dan berada di atas kapal penangkap ikan
From Unsplash

Seperti namanya, nelayan menggunakan kapal ini untuk menangkap ikan terutama ketika menangkap ikan dalam jumlah besar. Melihat fungsinya sebagai penangkap ikan, kapal ini dilengkapi dengan ruangan khusus untuk menyimpan hasil tangkapan ikan yang dilengkapi dengan pendingin yang dapat membuat ikan tetap segar. 

6. Kapal Penyelamat (Lifeboat)

kapal penyelamat berwarna orange sedang berpatroli
From Unsplash

Sesuai dengan namanya, kapal ini berguna untuk menyelamatkan musibah yang terjadi di lautan. Kapal ini juga biasa disebut dengan sekoci. Musibah di lautan seperti, kapal tenggelam atau kapal yang diterjang cuaca buruk. Kapal ini akan siap membantu mengevakuasi kapal yang terkena musibah.

7. Kapal Tanker

Kapal tanker sedang mengarungi lautan dengan bermuatan minyak
From Unsplash

Ukuran dari kapal tanker ini sangatlah besar. Kapal ini berguna untuk mengangkut minyak yang dikendalikan dengan menggunakan komputer serta sistem navigasi melalui satelit. Jenis dari kapal tanker sangat banyak, salah satunya supertanker yang memiliki panjang 378 m, lebar 50 m, dan berat kosong mencapai 167.000 ton.

8. Kapal Perang

Transportasi laut berupa kapal perang digunakan ketika perang antarnegara
From Unsplash

Kapal jenis ini hanya digunakan ketika keadaan perang terpaksa. Kapal yang digunakan untuk berperang ini memiliki beberapa jenis, salah satunya adalah kapal induk dan kapal tunda. Fungsi dari kapal induk adalah untuk membawa armada tempur udara. Sedangkan kapal tunda yang berguna saat hendak berlabuh meninggalkan pelabuhan.

9. Kapal Pesiar

kapal pesiar yang mewah bersiap berangkat membawa penumpang
From Unsplash

Pada umumnya, kapal pesiar sering digunakan untuk kepentingan pariwisata. Kapal pesiar berfungsi untuk membantu penumpang menikmati keindahan suasana laut dengan fasilitas yang sangat mewah layaknya hotel berbintang. 

10. Kapal Tongkang

Transportasi laut berupa kapal tongkang sedang mengakut pasir melewati lautan
From Unsplash

Kapal jenis ini memiliki ciri-ciri berlambung datar atau kotak besar yang mengapung. Fungsi dari kapal tongkang ini adalah untuk mengangkut barang material seperti, batu bara, minyak, pasir dan sebagainya serta ditarik dengan kapal tunda atau digunakan untuk mengakomodasi pasang surut seperti dermaga apung. 

Baca Juga: Pengertian Kapal Tongkang, Fungsi, Jenis, dan Gambarnya

11. Kapal Selam

 kapal selam yang siap menyelam untuk patroli bawah air
From Unsplash

Berbeda dengan banyak kapal yang dioperasikan di atas permukaan air, kapal selam khusus dirancang untuk beroperasi di bawah permukaan laut. Fungsi dari kapal selam ini biasanya digunakan untuk keperluan penelitian dan militer. Namun, saat ini kapal selam juga dijadikan keperluan wisata bawah laut.

Itulah dia penjelasan lengkap tetang pengertian, perkembangan, dan macam transportasi laut beserta contoh gambarnya. Mengingat Indonesia adalah negara kepulauan, tak heran transportasi laut masih menjadi primadona di negara kita ini.

Apabila Anda membutuhkan supply bahan bakar untuk transportasi laut, Solar Industri dapat menjadi solusinya! Solar Industri adalah perusahaan agen solar industri Pertamina yang menawarkan produk utama berupa Bio Solar (B30) dan Marine Fuel Oil dengan harga dan kualitas terbaik. Yuk, pesan sekarang juga dengan menghubungi WhatsApp resmi kami!

Tags:

Artikel Terbaru

Butuh Informasi Lebih Lanjut?

Apabila anda tertarik dengan penawaran kami, konsultasikan segera kebutuhan anda dengan menghubungi kontak kami untuk mendapatkan informasi lebih detail terkait produk perusahaan.