Mengenal Kapal Niaga: Definisi, Sejarah, dan Jenisnya

Bagikan :
Kapal niaga adalah sebuah kapal yang berfungsi untuk mengangkut penumpang, barang, dan membantu dalam memfasilitasi kebutuhan pariwisata.
Kapal yang akan berlayar membawa kontainer
Daftar Isi

Sebagai negara maritim, Indonesia merupakan salah satu negara yang aktif dalam dunia perkapalan. Kapal digunakan sebagai sarana transportasi, distribusi dalam ekonomi dan industri, maupun militer dan pertahanan. Indonesia memiliki banyak jenis kapal yang digunakan sesuai kebutuhan, salah satunya adalah kapal niaga.

Beberapa kapal digunakan untuk tujuan distribusi oleh industri dan sarana transportasi umum. Kapal niaga cukup populer digunakan di Indonesia dan memiliki banyak jenis yang digunakan sesuai dengan kebutuhan dan fungsinya.

Dalam hal ini, sangat penting untuk mengetahui definisi dan jenis-jenis kapal niaga bagi pelaut sebagai pengetahuan dasar. Berikut adalah penjelasan mengenai pengertian, sejarah dan jenis-jenis kapal yang digunakan, khususnya di Indonesia. 

Apa itu Kapal Niaga

Kapal niaga adalah kapal yang digunakan untuk mengangkut penumpang dan barang. Nama lain dari kapal ini adalah kapal dagang, dikarenakan kegunaannya untuk kegiatan perdagangan dan perniagaan.

Beberapa diantaranya juga memiliki beberapa fasilitas yang digunakan untuk pariwisata. Kapal niaga dapat digunakan sebagai sarana transportasi untuk mengangkut barang seperti komoditas pertambangan, minyak, hingga manusia.

Kapal niaga umumnya beroperasi dibawah kendali pihak swasta seperti perusahaan atau perorangan. Kapal ini juga sering disebut kapal kargo karena kegunaannya sebagai pengangkut barang dan manusia.

Sejarah Perkembangan Kapal Niaga

Simak beberapa informasi menarik seputar perkembangan dari proses pembuatan kapal niaga dari masa ke masa yang telah dirangkum dalam pembahasan di bawah ini.

A. Masa Prasejarah

Kapal niaga digunakan ribuan tahun yang lalu semenjak masa prasejarah, dimana pada saat itu manusia menggunakan perahu berukuran besar untuk mengeksplorasi lautan dan menemukan daratan baru untuk ditempati.

Bahan pembuatan kapal juga masih sederhana dimana kapal hanya berbahan dasar kulit binatang dan kayu rotan. Pada waktu itu masyarakat juga menggunakan kapal niaga sebagai sarana untuk berburu dan berdagang dengan suku atau komunitas lainnya.

B. Zaman Kuno

Pada zaman kuno seperti peradaban Romawi dan Mesir Kuno, kapal niaga dirancang sebagai sarana transportasi pengangkut barang antarbangsa dan negara kota yang bercadik dan dilengkapi dengan puluhan dayung sebagai tenaga utama.

Pada era zaman kuno kapal niaga digunakan untuk mengangkut beberapa barang seperti emas, anggur, dan komoditas pangan seperti gandum. Selain itu, Kapal juga mulai dimanfaatkan untuk tujuan transportasi massa.

C. Abad Pertengahan

Pada abad pertengahan, kapal niaga digunakan untuk sarana transportasi penyeberangan dan semakin canggih dengan adanya kemudi dan layar.

Kapal niaga banyak digunakan oleh banyak negara untuk berdagang dan juga menemukan rute dagang baru seperti yang digunakan oleh Columbus untuk menemukan Benua Amerika.

Kapal niaga juga digunakan sebagai sarana untuk transportasi militer yang digunakan oleh Bangsa Viking.

D. Era Kolonial

Pada era kolonial kapal niaga dilengkapi lebih banyak layar dan digunakan untuk mengangkut komoditas dari benua Amerika dan Asia ke Eropa seperti wol, rempah-rempah, teh, dan kopi.

E. Zaman Revolusi Industri

Revolusi industri pada abad ke-18 memberikan banyak inovasi bagi penggunaan mesin uap dan batubara. Salah satu penggunaanya ada pada kapal niaga di mana kapal tersebut menggunakan mesin uap sebagai sarana bahan bakar dan hal ini membuat kapal jenis ini mampu berjalan lebih jauh lagi tanpa perlu bergantung pada angin.

Kapal juga sudah berbahan baja yang lebih kuat dan tidak mudah lapuk seperti kayu. Dan sesuai dengan zamannya kapal niaga pada masa ini digunakan untuk mengangkut muatan material seperti batubara dan bijih besi

F. Abad Ke-20

Pada abad ke-20 kapal niaga digunakan untuk sarana transportasi bagi personel angkatan bersenjata selama perang dunia.

Kemudian badan kapal dibuat lebih luas lagi untuk mengangkut kontainer dan dilengkapi sistem navigasi dan komunikasi yang canggih, sehingga lebih aman dan mudah dilacak oleh kapal lainnya.

G. Era Modern

Pada era modern saat ini kapal dilengkapi dengan sistem blockchain dan IoT (Internet of Things) yang mampu melacak dan membantu meningkatkan keamanan dalam perjalanan dan navigasi kapal.

Saat ini, kapal niaga adalah salah satu sarana transportasi utama dalam perdagangan internasional dan menjadi salah satu penopang utama kegiatan ekonomi Indonesia maupun dunia.

Jenis Kapal Niaga dan Fungsinya

Ada berbagai jenis kapal yang masing-masing memiliki fungsi, spesifikasi, dan kegunaannya masing-masing. Berikut merupakan jenis-jenis dari kapal niaga dan kegunaanya dalam dunia perkapalan.

1. Kapal Roll-On and Roll-Off (RoRo)

Kapal Roll-On and Roll-Off (RoRo) merupakan kapal yang dapat mengangkut muatan berukuran besar dan berat. Kapal ini memiliki penggerak sendiri untuk memasukkan dan mengeluarkan barang seperti kendaraan dan beberapa muatan berukuran besar dan berat.

Kapal ini tidak menggunakan crane untuk memuat barang seperti pada kapal jenis LoLo atau lift-on & lift-off. Nama lain dari kapal ini adalah kapal mobil shi atau juga sering disebut sebagai kapal transporter. Kapal ini juga digunakan oleh militer untuk mengangkut kendaraan lapis baja. Beberapa kapal feri menggunakan jenis ini untuk pelayaran jarak jauh.

2. Kapal Tanker

Kapal tanker sedang mengarungi lautan dengan bermuatan minyak
From Unsplash

Kapal Tanker adalah kapal niaga yang memiliki banyak tangki yang digunakan untuk memuat barang berupa cairan atau gas. Umumnya digunakan oleh perusahaan minyak bumi dan gas alam untuk mengangkut hasil minyak bumi ke pelabuhan untuk selanjutnya dibawa oleh truk tangki.

Umumnya ada tiga jenis utama kapal tanker yaitu kapal tanker kimia, gas, dan minyak. Kapal tanker memiliki banyak ruangan yang berbentuk tangki yang bertujuan untuk menstabilkan berat kapal dengan muatan cairan yang bergerak sehingga kapal tidak mudah oleng.

3. Kapal Pesiar

Kapal Pesiar yang sedang berlayar
Contoh Kapal pesiar (Sumber: pexels.com)

Meskipun umumnya bukan merupakan kapal niaga, ada beberapa jenis kapal pesiar yang digunakan untuk sarana transportasi penumpang jarak jauh. Umumnya kapal ini memiliki fasilitas mewah yang bertujuan sebagai sarana hiburan bagi penumpangnya.

Beberapa kapal pesiar juga menyediakan layanan hotel dan segala jenis fasilitas hiburan dan pariwisata. Kapal pesiar umumnya digunakan untuk rute jarak jauh dan menyajikan rute pariwisata seperti pada kapal pesiar yang beroperasi di Karibia dan Skandinavia.

4. Kapal Bulk Carrier

Kapal Bulk Carrier memiliki desain khusus untuk mengangkut muatan yang tidak berkontainer atau tidak dikemas seperti batu bara, semen, pasir, dan lain sebagainya.

Kapal ini memiliki daya angkut yang sangat besar untuk mengangkut muatan yang lebih banyak. Hanya saja kapal ini memiliki waktu bongkar muat yang lebih lama dikarenakan muatannya yang tidak dikemas.

5. Kapal Kargo

Kapal kargo yang berlayar
Contoh kapal kargo (Sumber: pexels.com)

Kapal Kargo adalah jenis kapal yang paling banyak digunakan dan mengangkut muatan yang dikemas atau kontainer. Kapal ini memiliki dua jenis yaitu Kapal Kontainer dan Kapal Kargo Umum atau general. Kapal Kontainer merupakan kapal kargo yang digunakan untuk mengangkut kontainer standar.

Kapal kontainer digunakan untuk mengangkut muatan seperti alat-alat elektronik, pakaian, maupun bahan makanan. Kemudian ada Kapal Kargo Umum yang digunakan untuk mengangkut muatan yang tidak dapat dimasukkan kedalam kontainer.

6. Kapal Tongkang

Kapal tongkang yang berlayar
Contoh kapal tongkang (Sumber: pexels.com)

Kapal Tongkang adalah kapal niaga yang sering beroperasi di wilayah sungai berukuran besar seperti di wilayah Kalimantan, dimana kapal ini dapat ditemukan di sekitar Sungai Kapuas dan Mahakam.

Kapal ini merupakan kapal yang memang didesain untuk beroperasi di wilayah perairan sungai untuk mengangkut beban berat dan besar seperti kendaraan, hasil tambang dan hutan, dan juga kendaraan berat. Kapal ini umumnya ditarik oleh kapal kecil karena kapal ini tidak dapat bergerak sendiri.

Salah satu faktor agar kapal dapat berlayar adalah penggunaan bahan bakarnya. Pemenuhan bahan bakar harus melalui proses yang jelas dan tidak sembarangan.

PT Megah Anugerah Energi merupakan perusahaan yang bergerak sebagai distributor resmi solar industri Pertamina, dengan produk utama yang ditawarkan adalah Bio Solar (B30) dan marine fuel oil (minyak bakar).

Selain itu, kami juga menyediakan jasa pembuatan dan sewa tangki solar dengan berbagai spesifikasi serta ukuran dan volume.

Jika Anda tertarik dengan jasa dan layanan kami, silahkan hubungi kami untuk bantuan konsultasi lebih lanjut.

Tags:

Artikel Terbaru

Butuh Informasi Lebih Lanjut?

Apabila anda tertarik dengan penawaran kami, konsultasikan segera kebutuhan anda dengan menghubungi kontak kami untuk mendapatkan informasi lebih detail terkait produk perusahaan.