Kapal Kargo: Pengertian, Fungsi, 4 Jenis, dan Prinsip Kerja

Bagikan:
Kapal kargo adalah jenis kapal yang menjadi pilar perdagangan internasional.
Kapal Kargo
Daftar Isi

Kapal adalah sebuah transportasi laut berukuran besar yang umumnya mampu menampung ratusan bahkan ribuan penumpang. Namun ada salah satu kapal yang khusus untuk mengangkut barang saja. Kapal tersebut adalah kapal kargo.

Kapal kargo memiliki banyak jenis yang masing-masing memiliki peran untuk mengangkut jenis barang tersendiri. Kapal kargo umumnya memiliki kapasitas dan daya angkut yang lebih besar ketimbang kapal penumpang. 

Cara pengemasan barang pada kapal kargo juga beragam. Ada kapal kargo yang melakukan pengemasan dan memuat barang melalui kontainer, ada juga jenis kapal kargo yang mengangkut barang secara langsung dengan memuatnya pada ruangan khusus, dan ada juga yang menggunakan tangki untuk memuat barang cair seperti gas dan minyak.

Mari kita mengenal lebih dekat dengan kapal kargo. Artikel ini akan menjelaskan mulai dari pengertian kapal kargo secara umum dan spesifik, kemudian fungsi dan fitur-fitur kapal kargo, hingga jenis kapal kargo sesuai dengan barang yang dimuat. Simak penjelasannya berikut ini.

Pengertian Kapal Kargo

Anda pasti sudah mengenal secara umum tentang kapal kargo. Atau Anda sudah pernah menjumpainya baik di dermaga maupun pada tempat lain.

Namun apakah Anda tahu pengertian kapal kargo secara umum menurut ketentuannya? 

Secara umum, kapal kargo, atau juga sering disebut sebagai kapal barang adalah transportasi laut berukuran besar yang berfungsi secara khusus untuk mengangkut barang dari sebuah titik ke titik atau tujuan lainnya.

Kapal ini adalah jenis kapal yang memiliki dua jenis secara garis besar. Yaitu kapal kargo umum dan kapal kargo spesifik.

Kapal ini adalah kapal yang memiliki fasilitas dan fitur-fitur yang lengkap untuk kegiatan pengemasan barang, memuat barang, dan kegiatan lainnya yang berkaitan dengan pengiriman barang.

Sementara secara spesifik, kapal ini adalah jenis kapal pengangkut barang yang bertujuan untuk mengangkut barang berukuran besar dan dalam jumlah yang banyak.

Sehingga barang yang diangkut umumnya adalah barang yang serupa dalam jumlah yang banyak.

Fungsi Kapal Kargo

Setelah mengenal pengertian kapal kargo baik secara umum maupun spesifik, mari kita mengenal fungsi dari jenis kapal ini.

Sesuai dengan yang telah dijelaskan sebelumnya, kapal ini memiliki fungsi utama untuk memindahkan barang dari sebuah tempat ke tempat atau tujuan  lainnya. Adapun fungsi kapal ini secara detail adalah sebagai berikut.

1. Mengirim Barang Perusahaan ke Luar Pulau atau Luar Negeri

Fungsi kapal kargo yang pertama adalah mengirim barang, baik milik perusahaan maupun milik perorangan ke luar pulau atau luar negeri.

Beberapa perusahaan memiliki permintaan untuk produk mereka ke luar negeri atau luar pulau. Sehingga mereka memiliki kapal untuk melakukan ekspedisi pengiriman ke luar pulau maupun luar negeri.

2. Mengirim Barang Perusahaan maupun Perorangan dengan Ukuran yang Besar

Fungsi kapal kargo lainnya adalah mengirim barang baik milik perusahaan maupun milik perorangan dengan ukuran yang besar dan jumlah yang banyak.

Perlu anda ingat bahwa banyak perusahaan dan perorangan menggunakan kapal ini sebagai media ekspor dan impor. Kapal barang mengangkut barang-barang tersebut dalam ukuran yang besar dan banyak.

3. Mengirim Komoditas Mentah ke Pabrik

Beberapa kapal jenis ini yang beroperasi untuk industri dan perusahaan akan berfungsi sebagai alat transportasi yang mengangkut komoditas utama dari suatu pulau menuju pulau tempat pabrik industri tersebut.

Umumnya sebuah kapal barang mengangkut barang komoditas mentah seperti batubara dan hasil tambang lainnya.

Jenis Kapal Kargo

kapal kargo terbesar di dunia
Jahre Viking, Kapal Tanker dan Kapal Kargo Terbesar di Dunia (Sumber: ShipSpotting.com)

Kapal kargo memiliki empat jenis jika Anda lihat secara garis besar. Keempat jenis tersebut memiliki spesifikasi berdasarkan fokus barang saat proses bongkar muat. Berikut adalah jenis kapal kargo yang umum Anda temui.

1. Kapal Kargo Umum

Jenis kapal kargo ini berfungsi sebagai transportasi angkutan laut (sea freight) yang umum. Sesuai dengan namanya, kapal ini bisa mengangkut berbagai jenis muatan.

Mulai dari kargo karung, curah, hingga kargo yang termuat dalam kontainer. Hal inilah yang membuat kapal barang umum sering disebut sebagai kapal multifungsi.

Kapal barang umum memiliki kapasitas sebesar 25 ribu dwt dan memiliki sebutan double decker karena memiliki dua deck yang berukuran sama.

2. Kapal Kargo Curah

Jenis kapal kargo yang juga menjadi transportasi angkutan laut. Perbedaanya terletak pada kapal barang curah hanya mengangkut berbagai bahan mentah yang tidak mampu kontainer kemas. Misalnya adalah mineral, batu bara, dan lain-lain.

Selain itu kapal ini hanya memiliki satu deck sehingga memiliki sebutan single decker. Jenis kapal kargo ini juga tidak bisa mengangkut kontainer atau peti kemas. Bagaimanapun, kapal ini masih menjadi jenis kapal barang paling banyak di dunia.

3. Kapal Kargo Kontainer

Adalah jenis kapal kargo yang termasuk transportasi angkutan laut dan membawa barang-barang yang telah termuat dalam kontainer.

Kontainer atau peti kemas sendiri berbentuk balok yang mempunyai berbagai ukuran tergantung kebutuhan dan jumlah barang termuat.

4. Kapal Kargo Tanker

Adalah jenis kapal barang yang khusus memuat barang-barang cair atau liquid. Misalnya seperti bahan bakar solar dan marine fuel oil.

Kapal ini memiliki deck yang sangat panjang. Salah satu contoh kapal  ini, yaitu Jahre Viking, adalah jenis kapal barang tanker dan kapal barang terbesar di dunia. Gambar diatas adalah gambar kapal kargo tersebut.

Prinsip Kerja Kapal Kargo dan Fiturnya

Setelah mengetahui fungsi dari kapal kargo, mari kita mendalami prinsip kerja dan fitur-fitur pendukung kapal kargo berdasarkan fungsi-fungsi tersebut.

Prinsip kapal kargo adalah memberikan keamanan pada setiap barang bawaan dari bongkar muat hingga sampai pada dermaga tujuan. Oleh karena itu, kapal kargo dilengkapi dengan berdasarkan prinsip kerjanya 

Fitur pendukung ini berfungsi untuk membantu kapal dalam memuat setiap barang yang diangkut. Berikut adalah prinsip kerja kapal kargo dan fitur-fiturnya.

1. General Cargo Crane

General cargo crane adalah alat bongkar muat yang terletak pada kapal. Jenis derek dengan konsep katrol ini mampu mengangkut kargo sebesar 80 ton. Derek kapal ini adalah peralatan utama yang berfungsi mengangkat dan memindahkan kontainer dan muatan berat lainnya dari kapal ke dermaga atau sebaliknya.

2. Conveyor Belt

Conveyor belt adalah sebuah barang yang berguna dalam mengangkut barang ke kapal kargo secara terus menerus.

Alat ini berguna dalam mengangkat barang-barang jenis curah seperti hasil tambang, biji-bijian, batubara, dan pupuk. Dan cukup efektif dalam melakukan bongkar muat barang yang berukuran besar dan dalam jarak yang jauh

3. Shiploader

Seperti conveyor belt, alat ini menjadi pendukung kapal dalam melakukan bongkar muat barang curah. Perbedaannya adalah alat ini memiliki ban berjalan yang memungkinkan mobilisasi yang lebih cepat. 

4. Sekoci dan Pelampung

Tidak lupa sebagai bentuk keselamatan, sekoci dan pelampung tetap tersedia dengan lengkap. Meskipun tidak mengangkut penumpang, kapal kargo harus mengutamakan keselamatan kru dan awak kapal.

Termasuk saat kapal terancam tenggelam. Kapal kargo harus menyediakan sekoci dan pelampung yang sesuai dengan jumlah awak kapal.

5. Selang Air dan Sistem Keamanan

Tidak hanya sekoci dan pelampung yang menjadi peralatan keselamatan dan keamanan. Selain bahaya tenggelam, kapal kargo juga menjadi sasaran bagi perompak dan bajak laut.

Beberapa kapal kargo yang melewati perairan rawan perompak akan melengkapi dek dengan selang air berukuran besar yang mampu menyemprotkan air kepada perompak apabila kapal diserang.

Selain selang, beberapa kapal kargo juga memiliki sistem keamanan sepeti rantai untuk setiap kontainer dan deck agar perompak sulit naik ke kapal, dan juga beberapa menyewa awak yang berfokus pada bagian keamanan dan membawa senjata api.

Penutup

Demikian penjelasan lengkap artikel ini terkait kapal kargo dan berbagai macam jenisnya. Anda sudah mengetahui terkait pengertian kapal kargo dan fungsi kapal kargo dalam pelayaran dan pengiriman barang, hingga alat-alat pendukung kapal kargo dan juga keempat jenisnya. 

Kapal jenis ini menjadi jenis kapal yang sangat krusial dalam perdagangan internasional dan ekonomi negara maritim seperti Indonesia. Jenis kapal ini yang besar di dunia seperti Jahre Viking mengangkut minyak dan bahan bakar yang mampu memenuhi pasokan minyak dunia.

Dalam hal pengiriman minyak menuju kapal atau bunker service, percayakan pada PT Megah Anugerah Energi. Kami menyediakan jasa bunker service berkualitas dan aman menuju kapal tanker Anda.

Kunjungi website kami untuk mendapatkan penawaran dan informasi lebih lanjut.

Tags:

Butuh Informasi Lebih Lanjut?

Apabila anda tertarik dengan penawaran kami, konsultasikan segera kebutuhan anda dengan menghubungi kontak kami untuk mendapatkan informasi lebih detail terkait produk perusahaan.