Deck Kapal: Pengertian, Jenis, dan Bahan Konstruksinya

Bagikan :
Deck kapal adalah bagian lantai kapal yang memiliki fungsi utama untuk mejaga ketahanan terhadap cuaca.
Kemudi yang terdapat pada kapal
Daftar Isi

Kapal merupakan transportasi yang bermanfaat bagi masyarakat untuk bepergian menuju tempat lebih jauh, terutama berbeda pulau. 

Oleh karena itu, transportasi ini mempunyai setiap bagian yang sangat penting supaya bisa beroperasi dengan baik. Salah satunya adalah bagian deck kapal yang memiliki peran krusial.

Mungkin, bagi Anda masih sangat familiar dengan istilah tersebut. Namun, bagi para pelaut yang bekerja di industri perkapalan, maka harus paham betul dengan istilah ini.

Lantas, apa itu deck kapal dan fungsinya? Berikut kami berikan penjelasan lengkap beserta jenis dan bahan konstruksinya.

Yuk, simak pembahasannya sampai selesai, ya!

Pengertian Deck Kapal

Deck dalam Bahasa Inggris adalah geladak. Sementara itu, deck kapal adalah bagian lantai pada kapal. Terdapat sejumlah jenis geladak yang berbeda dan terletak pada tingkat maupun tempatnya masing-masing pada kapal.

Tentu, setiap jenis geladak tersebut mempunyai peran dan fungsinya masing-masing, baik yang berada di bawah maupun atas.

Berikut ini terdapat contoh gambar deck kapal:

contoh gambar deck kapal
Contoh deck kapal (Sumber: pxhere.com)

Tujuan utama dari deck kapal adalah sebagai struktural pada kapal, membantu untuk menjaga ketahanan terhadap cuaca, hingga berfungsi sebagai area penyimpanan.

Selain itu, geladak ini juga berfungsi sebagai area awak kapal bekerja untuk berbagai aktivitas, seperti navigasi, manuver kapal, dan lainnya.

Bahkan, fungsi lain dari deck kapal adalah sebagai area keselamatan karena bagian ini sudah tersedia berbagai fasilitas keselamatan, seperti pelampung, peralatan pemadam kebakaran, dan sebagainya.

Jenis Deck Kapal

Deck kapal yang dimanfaatkan dengan pemberian kursi
Salah satu jenis deck kapal (Sumber: pxhere.com)

Bagian ini memiliki beberapa jenis yang terdapat pada kapal dengan fungsi dan perannya masing-masing. Maka dari itu, Anda harus bisa mengetahui dan memahaminya supaya tidak terdapat kesalahan.

Berikut beberapa jenis deck kapal:

1. Main deck 

Istilah main deck merujuk pada geladak utama kapal yang mempunyai panjang mulai dari haluan hingga buritan pada kapal. Biasanya, di bawah bagian ini terdapat ruang muat dan dikenal sebagai palka atau tanki.

Geladak utama ini mempunyai dua bagian, yakni kiri (port) dan kanan (starboard). Kedua bagian ini berfungsi sebagai mobilitas Anak Buah Kapal (ABK). 

Di mana, tempat tersebut digunakan untuk lalu-lalang ABK mulai dari buritan hingga ke haluan maupun sebaliknya. 

Main deck atau geladak utama bukanlah sebagai deck tertinggi pada kapal. Jadi, geladak ini bukanlah tempat untuk kontrol cuaca pada kapal.

2. Poop deck

Selanjutnya, ada poop deck yang berada di area buritan kapal. Pada bagian bawah area geladak ini berfungsi sebagai ruang akomodasi.

Di mana, untuk ruang permesinan, bridge deck, dan boat deck bisa dengan mudah diakses melalui jalur akomodasi yang terhubung pada poop deck ini.

Kemudian, untuk area belakang geladak ini telah dilengkapi oleh wich dan tali kapal yang berfungsi untuk kapal hendak berlabuh di dermaga.

3. Bridge deck

Jenis deck kapal ketiga adalah bridge deck yang terletak di anjungan kapal. Tempat ini biasa digunakan untuk navigator pada saat mengendalikan kapal. Terdapat beberapa peralatan pendukung pada bagian ini, seperti radio komunikasi dan navigasi.

Sementara itu, bentuk bridge deck ini melebar ke arah kanan dan kiri. Bagian ini berfungsi untuk memudahkan perwira dalam mengontrol pengamatan visual di area perairan sekitar kapal.

Kemudian, pada bagian kiri geladak ini terdapat lampu navigasi berwarna merah. Sementara bagian kanan terdapat lampu navigasi berwarna hijau.

4.Boat deck

Berikutnya, ada jenis boat deck yang berfungsi sebagai penyimpan sekoci penolong (safe boat) atau rakit penolong (life raft). 

Tempat ini digunakan sebagai muster station atau sarana lokasi kru kapal berkumpul pada saat kondisi sedang darurat. Kapal sekoci sebagai perahu penolong juga dilakukan di tempat ini pada saat pelatihan.

Kemudian, saat kru kapal berkumpul di tempat ini, maka akan ada pengecekan kelengkapan peralatan serta diberikan briefing. Tujuannya supaya bisa mengambil langkah yang tepat saat terjadi kondisi darurat.

5. Compass deck

Terakhir, ada compass deck sebagai salah satu jenis deck kapal. Geladak ini berfungsi sebagai navigasi kapal yang terletak di di ujung atas anjungan.

Tempat geladak ini juga terdapat penyimpanan peralatan kapal, seperti speaker untuk public addressor, lampu sorot, antena radio, AIS atau GPS, dan lainnya.

Public addressor pada geladak ini berfungsi untuk pengumuman dan informasi mengenai perjalanan kapal. Sementara lampu sorot bertujuan untuk menerangi objek khusus, seperti menandai posisi kapal pada malam hari.

Bahan Konstruksi Deck Kapal

Perlu Anda ketahui, jika deck kapal ini disusun oleh material khusus dan harus memenuhi standar tertentu, sehingga tidak bisa sembarangan dalam proses pembuatannya.

Sebab, kualitas utama yang perlu diperhatikan adalah mengenai ketahanan terhadap air serta perubahan cuaca yang tidak menentu.

Maka dari itu, Anda harus mengetahui apa saja bahan konstruksi yang digunakan untuk membuat geladak kapal.

1. Besi

Jenis bahan konstruksi pada geladak kapal adalah besi. Pada umumnya, memang besi atau baja menjadi salah satu bahan penyusun geladak kapal.

Sebab, bahan konstruksi ini diklaim mempunyai kekuatan yang lebih bagus dalam menahan bobot berat muatan kapal. Nantinya, besi ini akan disambungkan pada gading atau kerang kapal.

2. Kayu

Selanjutnya, ada bahan konstruksi dari kayu yang digunakan untuk membuat geladak kapal. Pada geladak ini, papan kokoh berbahan dasar kayu akan disusun untuk menumpu gading atau kerangka kapal.

Biasanya, bahan ini memerlukan perawatan khusus supaya tidak ada celah air yang masuk dan menggenang pada geladak. Biasanya, celah-celah pada geladak akan diisi dengan serat anti air.

3. Serat kaca

Selain jenis di atas, ada bahan konstruksi yang lebih modern untuk deck kapal, yakni serat kaca. Jenis konstruksi ini telah banyak digunakan pada kapal-kapal kecil.

Penggunaan serat kaca dipilih karena proses pembuatannya cenderung lebih mudah dari pada bahan lainnya. Apalagi, bahan ini juga lebih tahan air dan penggunaannya tahan lama.

4. Komposit

Terakhir, ada komposit sebagai bahan konstruksi pembuatan geladak kapal. Bahan ini diklaim mempunyai keunggulan dari pada jenis lainnya.

Sebab, bahan komposit bisa menyesuaikan kekuatan, lebih ringan, memiliki ketahanan yang cukup tinggi, anti korosi, hingga tidak mudah aus. Hal ini tentunya akan menjadi pilihan utama untuk pembuatan geladak kapal.

Nah, itulah pembahasan lengkap mengenai pengertian deck kapal beserta jenis-jenisnya yang perlu Anda ketahui, terutama sebagai seorang Anak Buah Kapal (ABK).

Pada dasarnya, bagian deck kapal adalah bagian lantai pada kapal yang memiliki banyak fungsi, seperti sebagai area penyimpanan, area awak kapal bekerja, dan lain sebagainya.

Selain bagian-bagian yang penting pada kapal, terdapat pula kebutuhan bahan bakar kapal laut untuk keperluan operasional dan berlayar.

Maka dari itu, supaya tidak kehabisan bahan bakar saat perjalanan di tengah laut, kami siap membantu memberikan jasa bunker service terpercaya untuk pengisian bahan bakar marine fuel oil.

Sebab, perusahaan bersedia untuk menyediakan tangki solar sesuai kebutuhan Anda. Jika tertarik menggunakannya, silakan hubungi kami dan konsultasikan kebutuhan Anda secara gratis.

Tags:

Artikel Terbaru

Butuh Informasi Lebih Lanjut?

Apabila anda tertarik dengan penawaran kami, konsultasikan segera kebutuhan anda dengan menghubungi kontak kami untuk mendapatkan informasi lebih detail terkait produk perusahaan.