Dexlite Adalah: Pengertian, Karakteristik, dan Perbedaanya

Bagikan:
Dexlite adalah salah satu jenis bahan bakar mesin diesel yang memiliki banyak keunggulan.
Dexlite Adalah
Daftar Isi

Dalam kehidupan sehari-hari, kita tidak lepas dari kegiatan mengisi bahan bakar atau yang biasa kita sebut bensin secara umum. Namun tahukah Anda bahwa ada berbagai macam jenis bahan bakar yang dapat Anda gunakan tergantung jenis kendaraan yang Anda pakai, salah satu jenisnya adalah dexlite.

Dexlite adalah sebutan bagi bahan bakar yang sering kita temui saat mengisi bahan bakar di SPBU Pertamina dimanapun itu.

Dexlite memiliki banyak manfaat yang dapat Anda rasakan apabila Anda mengemudikan kendaraan berjenis SUV atau kendaraan dengan sistem pengolahan bahan bakar common-rail yang mutakhir.

Pengguna kendaraan diesel pasti sudah tidak asing bagi dexlite. Dexlite adalah bahan bakar sehari-hari kendaraan mereka. Ada banyak kandungan dari dexlite yang berguna merawat dan menyempurnakan efektivitas mesin kendaraan diesel.

Mari kita mengulik lebih dalam terkait bahan bakar dexlite beserta empat karakteristiknya secara garis besar yang artikel ini jelaskan secara detail.

Mulai dari pengertian dexlite secara umum dan spesifik, hingga fungsi, manfaat, dan kedua karakteristik utama dexlite yang membedakannya dengan jenis bahan bakar lain. Simak penjelasannya berikut ini.

Pengertian Dexlite Secara Umum dan Spesifik

Apa itu dexlite? Apakah Anda sudah sering menggunakan dexlite tetapi belum mengetahui apa itu bahan bakar dexlite? Secara umum, dexlite adalah bahan bakar yang berfungsi untuk mesin diesel pada mobil.

Bahan bakar dexlite adalah jenis bahan bakar yang secara umum menjadi bahan bakar mesin diesel yang terdapat pada mobil low SUV.

Dexlite adalah bahan bakar yang membersihkan beberapa bagian dalam mesin diesel yang berperan dalam proses common-rail.

Jika Anda menggunakan kendaraan diesel dengan sistem ini seperti jenis SUV dari Mitsubishi dan Toyota generasi awal, proses pembakaran akan lebih lancar dan bersih bagi mesin kendaraan Anda.

Secara spesifik menurut spesifikasi dan karakteristik bahan bakar, dexlite adalah jenis bahan bakar yang memiliki angka cetane nomor 51 dan mengandung sulfur sebanyak maksimal 1200 ppm.

Sehingga angka sekecil itu akan memberikan bahan bakar yang ramah lingkungan dan tidak boros emisi. 

Dengan angka cetane sebanyak 51 dan mengandung sulfur, dexlite adalah bahan bakar yang cocok untuk jenis kendaraan yang beroperasi pada medan berat dan memerlukan tenaga besar.

Namun dengan orientasi yang lebih ramah lingkungan serta irit, sehingga kendaraan Anda akan menempuh jarak yang lebih jauh dan tidak menghasilkan polusi terlalu banyak.

Karakteristik Dexlite

Nah, setelah mengetahui dua manfaat besar pada dexlite, saatnya Anda mengetahui dua karakteristik dexlite yang Anda mungkin belum menyadarinya. Berikut keempat karateristik tersebut.

1. Warna Hijau Muda Cerah

Dexlite memiliki warna yang berbeda jika Anda bandingkan dengan bahan bakar lainnya. Dexlite berwarna hijau muda cerah. Hal ini karena campuran kandungan dari zat cetane 51 murni dengan zat-zat lainnya yang memunculkan cairan berwarna hijau muda cerah. 

2. Kemurnian

Meskipun ramah lingkungan, bukan berarti dexlite adalah bahan yang terbuat dari zat-zat yang dapat diperbarui. Bahan utama dari dexlite adalah zat cetane 51 yang murni dan telah melalui proses penyulingan dan penyaringan berkali-kali.

Manfaat Dexlite

Itulah pengertian dexlite secara umum dan spesifik. Nah, setelah Anda mengetahui secara umum terkait pengertian dan bagaimana dexlite bekerja, Anda perlu mengetahui bahwa ada banyak manfaat dari dexlite yang dapat Anda ketahui.

Berikut adalah beberapa manfaat yang dapat Anda rasakan pada kendaraan Anda saat menggunakan dexlite.

1. Melindungi Mesin

Kendaraan dengan ruang pembakaran yang besar seperti SUV sangat rentan akan kerusakan mesin terutama yang ada pada sekitar ruang pembakaran. Hal ini karena panas yang dihasilkan oleh ruang pembakaran kendaraan itu sangat besar.

Manfaat dexlite adalah melindungi mesin tersebut sehingga tidak terjadi kerusakan yang lebih parah pada mesin kendaraan Anda.

2. Hemat Energi

Salah satu manfaat dexlite lainnya adalah lebih hemat energi pada mesin. Artinya kendaraan Anda akan lebih irit dan mampu menempuh jarak yang lebih panjang. Dexlite memiliki kandungan yang lebih ramah lingkungan saat proses pembuangan.

Dengan sistem pembuangan common-rail pada kendaraan, emisi yang dihasilkan akan cenderung kotor dan sangat banyak. Namun dengan dexlite, akan lebih bersih dan sedikit.

Perbedaan Dexlite dengan Bahan Bakar Lainnya

Setelah Anda mengetahui terkait manfaat dan karakteristik dexlite. Sampailah kita pada bagian yang mengajak Anda untuk mengetahui tentang perbedaan dexlite dengan jenis bahan bakar lainnya.

Dengan mengetahui perbedaan dexlite dengan bahan bakar lainnya, Anda akan bisa mempertimbangkan kembali saat akan menggunakan dexlite.

1. Dexlite dengan Bio Solar

Secara sekilas, dexlite memang terlihat sama dengan bio solar. Kedua jenis bahan bakar ini berfungsi untuk menjadi bahan bakar jenis kendaraan SUV dan kendaraan diesel yang memiliki ruang pembakaran yang besar.

Namun perbedaannya adalah dexlite tidak memiliki campuran dengan bahan alami apapun. Sementara bio solar berbahan campuran minyak sawit.

2. Dexlite dengan Pertamina Dex

Nah, salah satu jenis bahan bakar lainnya yang mencolok dan serupa dengan dexlite adalah pertamina dex. Anda perlu lebih jeli saat hendak membeli bahan bakar dexlite di SPBU supaya tidak tertukar dengan pertamina dex.

Perbedaan pertamina dex dengan dexlite adalah dexlite memiliki angka cetane yang lebih rendah yaitu sebesar 51, sementara pertamina dex di angka cetane 53.

3. Dexlite dengan Solar Biasa

Perbedaan dexlite dengan solar biasa adalah dexlite lebih irit dan ringan emisi dibandingkan dengan solar. Dengan emisi yang lebih kecil, kendaraan dapat menempuh jarak yang lebih jauh.

Tercatat menurut riset dari LAPI ITB, kendaraan dengan dexlite dapat menempuh jarak sejauh 16 kilometer per liternya. Sementara solar hanya dapat menempuh sejauh 12 kilometer per liter.

4. Dexlite dengan Pertamax Turbo

Meskipun berbeda jenis pemakaiannya, perbedaan antara dexlite dengan pertamax turbo juga terletak pada rasio mesin yang menggunakan.

Pertamax turbo berada pada rasio mesin 13:1 dan 12:1 yang memiliki tenaga mesin yang sudah supercharged atau mobil balap dan supercar.

5. Dexlite dengan Pertamax

Sama dengan pertamax turbo, perbedaan antara kedua jenis bahan bakar ini terletak pada jenis kendaraan dan mesin yang memakainya.

Pertamax memiliki kandungan nilai RON Octane sebesar 98. Dari sini terlihat perbedaannya dengan dexlite karena dexlite tidak menggunakan angka RON Octane melainkan menggunakan cetane 51.

Kesimpulan

Kesimpulannya dexlite adalah bahan bakar yang memiliki banyak manfaat pada mesin kendaraan diesel dan sangat membantu sistem pengolahan bahan bakar diesel seperti common-rail.

Selain itu, hal yang menjadikan dexlite cukup populer pada pengguna kendaraan diesel adalah kemampuan dexlite untuk menghasilkan emisi yang lebih kecil dibandingkan dengan solar meskipun tidak menggunakan bahan alami seperti bio solar.

Demikian penjelasan artikel ini terkait dexlite sebagai bahan bakar mesin diesel yang unggul. Mulai dari pengertian, manfaat, hingga dua karakteristik utama dan perbedaan antara bio solar dengan beberapa jenis bahan bakar lainnya baik yang serupa maupun tidak. Anda dapat menemukan dexlite di SPBU Pertamina terdekat.

Dalam hal ini, Solar Industri adalah perusahaan penyedia dan distributor bahan bakar untuk Pertamina menyediakan bio solar (B30) yang berkualitas dan dapat kami antar kapan saja. Selain itu kami juga menyediakan jasa bunker service. Segera Kunjungi laman kami untuk informasi lebih lanjut.

Tags:

Artikel Terbaru

Butuh Informasi Lebih Lanjut?

Apabila anda tertarik dengan penawaran kami, konsultasikan segera kebutuhan anda dengan menghubungi kontak kami untuk mendapatkan informasi lebih detail terkait produk perusahaan.