Avgas: Pengertian, Komposisi, Sifat, Harga, dan Perbedaan dengan Avtur

Bagikan :
Mesin pesawat terbang memiliki performa yang jauh lebih tinggi daripada kendaraan bermotor. Oleh karena itu, Avgas yang notabenenya memiliki kandungan oktan yang lebih tinggi daripada bensin otomotif standar, merupakan bahan bakar yang cocok untuk pesawat terbang.
ilustrasi petugas sedang mengisi bahan bakar pesawat dengan avgas
Daftar Isi

Apakah Avgas itu? Pernahkah anda mendengar istilah Avgas?  

Avgas merupakan salah satu jenis bahan bakar pesawat terbang. Avgas sangat berpran penting dalam industri penerbangan karena penggunaannya bisa memengaruhi kinerja mesin pesawat terbang.

Dalam artikel ini, kita akan mempelajari dunia avgas, komposisi, sifat, produksi, kelebihan, kekurangan dan harganya!

Apa Itu Avgas

gambar petugas sedang mengisi bahan bakar pesawat avgas dengan jirigen
Ilustrasi Petugas sedang Mengisi Bahan Bakar Pesawat berupa Aviation Gasoline (from pexels)

Aviation gasoline, yang umumnya dikenal sebagai avgas, merupakan sumber bahan bakar utama industri penerbangan yang menggerakkan berbagai jenis pesawat bermesin piston.

Bahan bakar ini memiliki peran penting untuk keamanan dan efisiensi perjalanan udara. Menurut situs FAA, Avgas tetap menjadi satu-satunya bahan bakar transportasi yang mengandung timbal. 

Lebih dari 222.600 pesawat bermesin piston yang terdaftar beroperasi dengan avtur bertimbal. Jenis aviation gasoline yang paling umum digunakan adalah 100 oktan Low Lead, yang juga dikenal sebagai 100LL.

Bahan bakar bertimbal ini mengandung tetra-ethyl-lead (TEL), yang merupakan zat aditif yang digunakan untuk mencegah kerusakan mesin pada pengaturan daya yang lebih tinggi.

Baca Juga: Tangki Bahan Bakar, Fungsi, dan Komponennya

Komposisi dan Sifat Avgas

alat pompa avgas ke pesawat
Ilustrasi Alat untuk Memompa Avgas ke Pesawat (from Freepik)

Aviation gasoline adalah campuran senyawa hidrokarbon kompleks, yang dicampur secara hati-hati untuk memastikan performa optimal pada mesin pesawat terbang.

Umumnya, bahan bakar jenis ini terdiri dari campuran hidrokarbon yang mudah menguap dan stabil, seperti oktan, heptana, dan aromatik, dengan bahan tambahan khusus untuk meningkatkan keselamatan dan perlindungan mesin.

Persyaratan utama untuk bahan bakar pesawat terbang adalah memiliki nilai oktan yang tinggi, guna memiliki ketahanan yang baik terhadap knocking atau ledakan mesin.

Bahan bakar beroktan lebih tinggi sangat penting untuk mesin pesawat dengan kompresi tinggi, yang memungkinkan peningkatan output daya dan efisiensi. Selain itu, aviation gasoline juga harus memiliki volatilitas yang rendah untuk mencegah penguncian uap selama penerbangan, serta harus memiliki stabilitas termal yang sangat baik dan ketahanan terhadap oksidasi.

Kelebihan Avgas

Berikut beberapa kelebihan aviation gasoline: 

1. Kepadatan Energi Tinggi

Aviation gasoline memiliki kepadatan energi yang tinggi, yang berarti bahwa jenis bahan bakar ini mengandung sejumlah besar energi per satuan volume.

Hal ini memungkinkan mesin pesawat menghasilkan output daya yang tinggi, sehingga memungkinkan kecepatan yang lebih tinggi dan kinerja yang lebih baik.

2. Kompatibilitas Mesin

Aviation gasoline diformulasikan secara khusus untuk mendukung spesifikasi pesawat bermesin piston.

Bahan bakar ini mengandung aditif dan pelumas yang membantu melindungi dan mempertahankan kinerja mesin, sehingga meningkatkan usianya.

3. Volatilitas Rendah

Aviation gasoline memiliki volatilitas yang relatif rendah, yang mengartikan bahwa jenis bahan bakar satu ini memiliki kecenderungan menguap yang lebih rendah dibandingkan dengan bahan bakar lainnya.

Karakteristik ini penting untuk pengoperasian mesin pesawat yang aman, terutama pada ketinggian dan suhu rendah.

Kekurangan Avgas

Setelah mengetahui kelebihan dari Aviation Gasoline, berikut kami uraikan beberapa kekurangan dari jenis bahan bakar pesawat satu ini: 

1. Dampaknya pada Lingkungan

Aviation gasoline mengandung timbal, yang ditambahkan sebagai aditif anti-ketukan untuk meningkatkan nilai oktan bahan bakar.

Penggunaan jenis bahan bakar yang bertimbal ini telah menjadi perhatian karena dampak negatifnya terhadap lingkungan. Emisi timbal dari pesawat terbang dapat menyebabkan polusi udara dan membahayakan kesehatan.

2. Ketersediaannya Terbatas

Aviation gasoline tidak tersedia secara luas seperti bensin otomotif. Bahan bakar pesawat ini membutuhkan sarana penyimpanan dan distribusi khusus, dan bandara harus memiliki fasilitas pengisian bahan bakar khusus untuk aviation gasoline.

Keterbatasan ini dapat menjadi masalah pada daerah terpencil atau bandara yang lebih kecil.

3. Biaya

Aviation gasoline biasanya lebih mahal daripada jenis bensin lainnya karena diformulasikan secara khusus dan volume produksi yang lebih rendah. Biaya ini dapat berdampak signifikan terhadap biaya operasional pemilik dan operator pesawat.

4. Kinerja yang Terbatas

Aviation gasoline tidak cocok untuk semua jenis mesin pesawat. Avgas umumnya digunakan pada pesawat bermesin piston dan tidak kompatibel dengan mesin turbin.

Hal ini membatasi penggunaan avgas pada jenis pesawat tertentu, sehingga membatasi penerapannya dalam industri penerbangan.

Baca Juga: Marine Gas Oil (MGO): Pengertian, Fungsi, Keunggulan & Kelemahan

Perbedaan Avgas dan Avtur

Berikut beberapa perbedaan Avgas dengan Avtur:

AspekAvgasAvtur
KomposisiAvgas adalah jenis bahan bakar yang diformulasikan secara khusus untuk pesawat bermesin piston.

Bahan bakar ini memiliki nilai oktan yang tinggi (biasanya antara 100 dan 130) untuk mencegah knocking mesin dan meledak.

Avgas sering kali mengandung aditif timbal untuk meningkatkan nilai oktan dan melumasi dudukan katup mesin, karena banyak mesin piston yang lebih tua memerlukan bahan bakar bertimbal.
Avtur merupakan bahan bakar jet atau bahan bakar turbin penerbangan (ATF) yang dirancang untuk digunakan pada mesin turbin gas, seperti yang ditemukan pada pesawat jet.

Avtur merupakan bahan bakar berbasis minyak tanah dan memiliki volatilitas yang lebih rendah dibandingkan dengan Avgas.

Avtur biasanya memiliki nilai oktan yang lebih rendah dan tidak mengandung aditif timbal.
AplikasiAvgas kerap digunakan pada pesawat bermesin piston, termasuk pesawat penerbangan umum kecil, helikopter, dan beberapa pesawat militer.

Avtur digunakan pada mesin yang mengandalkan pembakaran percikan api dan memiliki karburator atau sistem injeksi bahan bakar mekanis.
Avtur digunakan secara eksklusif pada mesin turbin gas, seperti yang ditemukan pada pesawat komersial, private jet, dan pesawat jet kemiliteran.

Mesin ini dinyalakan dengan mengandalkan sistem injeksi bahan bakar bertekanan tinggi.
WarnaWarna avgas tergantung pada jenisnya. Avgas, bisa berwarna biru, hijau, atau merah. Dimana setiap warna ini memiliki tujuan penting dalam keselamatan penerbangan dan logistik.Umumnya berwarna cerah seperti kuning muda.
KetersediaanAvgas tersedia secara luas di bandara dan lapangan terbang yang melayani pesawat bermesin piston.

Namun ketersediaan avgas terbatas dan biasanya dibawah permintaan pasar.
Avtur adalah bahan bakar yang lebih banyak digunakan untuk penerbangan komersial, dan tersedia di sebagian besar bandara yang melayani pesawat bermesin jet.

Ketersediaan avtur juga lebih banyak daripada avgas.
Dampak terhadap lingkunganAvgas mengandung timbal yang berpotensi menyebabkan pencemaran lingkungan.Avtur tidak mengandung timbal sehingga dampaknya terhadap lingkungan tidak separah avgas.

Harga Avgas

Melansir dari situs jeta1fuel, harga aviation gasoline sangat bervariasi tergantung pada jenisnya. Berikut adalah harga terbaru Avgas yang dapat kami rangkum:

Per 17 Juli 2023, Avgas 100 L Bulk dengan minimum pembelian 20 MT dijual dengan harga Rp 32.000.000/MT. Kemudian untuk AVGAS 100 L Drums dengan kapasitas minimal 20 MT  dijual dengan harga Rp 36.000.000/MT.

Untuk jenis AVGAS B91/115 BULK dengan kapasitas 20 MT dibanderol dengan harga Rp 29.289.390/MT. Kemudian untuk AVGAS B91/115 Drums dengan minimum order 20 MT dijual dengan harga Rp. 33.044.440/MT

Itulah beberapa informasi mengenai Avgas yang dapat kami sampaikan secara detail.

Perlu diketahui bahwa Solar Industri tidak hanya menyediakan artikel terkini terkait industri minyak dan gas (migas), tetapi kamu juga menawarkan produk Pertamina sebagai supplier resmi.

Salah satunya, Solar Industri menjual tangki solar resmi Pertamina. Selengkapnya, bisa dicek di sini. Kami menawarkan harga kompetitif dan pelayanan profesional ke berbagai wilayah di Indonesia.

Tags:

Artikel Terbaru

Butuh Informasi Lebih Lanjut?

Apabila anda tertarik dengan penawaran kami, konsultasikan segera kebutuhan anda dengan menghubungi kontak kami untuk mendapatkan informasi lebih detail terkait produk perusahaan.