6 Nama Pelabuhan di Provinsi Lampung, Bukan Hanya Bakauheni!

Bagikan :
Terdapat sejumlah pelabuhan di provinsi lampung selain Bakauheni, di antaranya yaitu pelabuhan Krui dan Bom Kalianda.
industrial port de barcelona in the evening
Daftar Isi

Apakah Anda pernah berkunjung ke Provinsi Lampung? Apa Anda tahu apa saja nama pelabuhan di Provinsi Lampung?

Salah satu nama pelabuhan di Provinsi Lampung adalah Pelabuhan Bakauheni. Pelabuhan Bakauheni adalah pelabuhan yang menyambungkan antara Lampung dan Banten, yaitu Pelabuhan Merak.

Kedua pelabuhan tersebut adalah salah satu pelabuhan yang tersibuk di Indonesia. Lantas, apa saja pelabuhan yang ada di Lampung lainnya? Dan, ada berapa pelabuhan Bandar Lampung yang tersedia?

Dalam artikel ini, Anda akan mengetahui nama pelabuhan Lampung yang terkenal yang beroperasi di sana.

Daftar Nama Pelabuhan di Provinsi Lampung

Salah satu aspek yang mendukung hal tersebut adalah keberadaan berbagai pelabuhan yang tersebar di sepanjang pantai Provinsi Lampung. 

Pelabuhan-pelabuhan ini tidak hanya menjadi pintu gerbang aktivitas pelayaran, tetapi juga menjadi pusat kegiatan ekonomi yang vital.

Mari kita jelajahi beberapa nama pelabuhan yang mengukir cerita perkembangan Provinsi Lampung.

1. Pelabuhan Panjang

Pelabuhan Panjang, terletak di Kota Bandar Lampung, adalah pelabuhan utama di Provinsi Lampung yang diperuntukkan untuk kapal-kapal peti kemas dan curah.

Oleh karena itu, Pelabuhan Panjang menjadi gerbang utama bagi arus barang dan jasa yang masuk dan keluar dari Lampung, memberikan kontribusi yang signifikan terhadap ekonomi regional.

Dengan kedalaman yang mencukupi, pelabuhan ini mampu menangani berbagai jenis kapal, termasuk kapal-kapal besar yang membawa muatan internasional. 

2. Pelabuhan Bakauheni

Pelabuhan Bakauheni, yang terletak di Kabupaten Lampung Selatan, menjadi gerbang penghubung Pulau Sumatra dengan Pulau Jawa melalui jalur laut. 

Sebagai salah satu pelabuhan utama untuk penyeberangan antar-pulau, Pelabuhan Bakauheni memiliki peranan penting dalam mendukung konektivitas dan mobilitas orang serta barang antara dua pulau terbesar di Indonesia.

3. Pelabuhan Krui

Pelabuhan Krui, yang terletak di Kabupaten Pesisir Barat, terkenal sebagai pelabuhan pariwisata untuk wisatawan yang ingin menyebrang ke Pulau Pisang.

Keberadaan Pelabuhan Krui menjadi pelengkap penting dalam memperkuat sektor pariwisata di wilayah barat Provinsi Lampung.

4. Pelabuhan Bom Kalianda

Pelabuhan Kalianda atau yang lebih dikenal dengan Dermaga BOM Kalianda, yang berada di Kabupaten Lampung Selatan, menjadi pusat kegiatan ekonomi maritim di wilayah selatan Provinsi Lampung. 

Dengan fasilitas yang terus dikembangkan, pelabuhan ini mendukung distribusi hasil pertanian, perikanan, dan industri lainnya di sekitar wilayah Lampung Selatan.

Tak hanya itu, pelabuhan ini juga kerap menjadi salah satu destinasi wisata di daerah Lampung yang menjadi favorit wisatawan.

5. Pelabuhan Tarahan

Pelabuhan tarahan merupakan pelabuhan BUMN yang dimiliki PT Bukit Asam Tbk yang beroperasi sejak tahun 1986.

Pelabuhan ini berfungsi sebagai angkutan batubara hasil produksi tambang untuk tujuan PLTU di Suralaya, Banten.

Tak hanya itu, Pelabuhan Tarahan juga melayani kebutuhan domestik dan kegiatan ekspor ke berbagai negara, seperti India, Jepang, hingga sejumlah daratan Eropa.

6. Pelabuhan Teluk Betung

Pelabuhan Teluk Betung juga termasuk salah satu pelabuhan tersibuk di Provinsi Lampung yang menjadi lokasi pariwisata.

Adapun lokasi Pelabuhan Teluk Betung adalah berada di Kecamatan Teluk Betung, Bandar Lampung.

Selain menjadi lokasi pariwisata, Teluk Betung juga merupakan pelabuhan perikanan.

Itulah dia penjelasan terkait apa saja pelabuhan-pelabuhan yang ada di Provinsi Lampung

Pelabuhan-pelabuhan di Provinsi Lampung bukan hanya tempat berlabuhnya kapal, tetapi juga pusat ekonomi yang memberdayakan masyarakat setempat. 

Dengan mengoptimalkan potensi maritimnya, Provinsi Lampung terus berupaya menjadi bagian integral dari jaringan perekonomian nasional. 

Dengan terus mengembangkan dan memperbaiki infrastruktur pelabuhan, Provinsi Lampung siap menjelma menjadi pusat kegiatan maritim yang berdaya saing tinggi.

Oleh karena itu, penting bagi pelabuhan untuk memiliki pusat pengisian bahan bakar bagi kapal-kapal yang berlabuh.

Nah, berkenaan dengan ini, Anda dapat menggunakan layanan bunker service dari Solar Industri yang dilakukan sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Dirjen Migas).

Solar Industri siap menjadi pemasok bahan bakar terdepan dan terbaik bagi calon pelanggan kami.

Untuk informasi selengkapnya, kunjungi website Solar Industri sekarang juga dan dapatkan penawaran menariknya!

Baca juga:

Tags:

Artikel Terbaru

Butuh Informasi Lebih Lanjut?

Apabila anda tertarik dengan penawaran kami, konsultasikan segera kebutuhan anda dengan menghubungi kontak kami untuk mendapatkan informasi lebih detail terkait produk perusahaan.