3 Pelabuhan Terkenal di Surabaya, Ketahui Apa Saja Namanya!

Bagikan :
Pelabuhan di Surabaya memiliki peran yang penting dalam perkembangan ekonomi, terutama dalam industri perdagangan dan distribusi. Di Surabaya sendiri, terdapat 3 pelabuhan yang terkenal, yaitu Tanjung Perak, Ujung, dan Teluk Lamong.
aerial view cargo ship cargo container harbor
Daftar Isi

Surabaya adalah salah satu kota besar di Indonesia yang memiliki peran strategis dalam sektor perekonomian negara, terutama pelabuhannya. Apa saja pelabuhan terkenal di Surabaya beserta fungsinya?

Pelabuhan sendiri memang memiliki peran penting dalam perekonomian negara. Terdapat tiga pelabuhan terkenal yang terletak di kota Surabaya, Jawa Timur. Pelabuhan-pelabuhan ini memiliki perannya masing-masing.

Dalam artikel ini, Anda akan mengenal berbagai nama pelabuhan terkenal di Surabaya, Jawa Timur yang memiliki peranan penting untuk pergerakan ekonomi nasional dan regional. Simak artikel berikut ini sampai tuntas, ya!

3 Pelabuhan Terkenal di Surabaya

Pelabuhan di Surabaya bukan hanya sebagai tempat transit barang, tetapi juga menjadi saksi bisu perkembangan ekonomi dan sejarah panjang kota ini.

Selain itu, pelabuhan Surabaya juga berfungsi sebagai pusat kegiatan perdagangan dan distribusi yang telah memainkan peran kunci dalam pengembangan ekonomi, tidak hanya untuk kota ini, tetapi juga bagi Indonesia secara keseluruhan.

Salah satu aset berharga yang memberikan kontribusi besar terhadap pertumbuhan ekonomi adalah keberadaan pelabuhan kapal di Surabaya.

Berikut adalah beberapa nama pelabuhan yang terletak di kota Surabaya:

1. Pelabuhan Tanjung Perak

3 Nama Pelabuhan Terkenal di Surabaya
Tanjung Perak | Sumber: kompas.com

Pelabuhan Tanjung Perak merupakan pelabuhan terkenal di Surabaya dan mungkin paling dikenal secara nasional.

Tak hanya itu, Tanjung Perak juga menjadi salah satu pelabuhan terbesar sekaligus tersibuk kedua di Indonesia. 

Pelabuhan ini memiliki luas 1.574 hektar yang terdiri dari daratan dan lahan perairan. Letak pelabuhan ini berada di Jalan Perak Timur 610, Kota Surabaya

Sebagai pelabuhan kota, Tanjung Perak memiliki peran yang sangat vital dalam aktivitas impor dan ekspor.

Pelabuhan ini telah mengalami proses modernisasi yang sangat penting dan menyediakan fasilitas yang sangat baik untuk menangani volume barang yang lebih besar di sektor transportasi darat.

2. Pelabuhan Ujung

3 Nama Pelabuhan Terkenal di Surabaya
Ujung | Sumber: shipssapp.co.id

Pelabuhan Ujung memiliki ukuran pelabuhan yang lebih kecil daripada pelabuhan-pelabuhan lainnya.

Di balik ukurannya yang kecil, Pelabuhan Ujung memainkan peran kunci dalam hubungan regional.

Pelabuhan ini juga berfungsi sebagai pelabuhan penyebrangan yang menghubungkan lalu lintas kapal antar dua daerah, yakni Surabaya dan Madura.

Pelabuhan ini terletak di bagian timur kota Surabaya dan pelabuhan ini menghubungkan Surabaya dengan beberapa pulau di sekitarnya.

Letak pelabuhan ini berada di Jalan Kalimas Baru No. 194A, Kelurahan Perak Utara, Kecamatan Pabean Cantikan, Kota Surabaya.

3. Pelabuhan Teluk Lamong

3 Nama Pelabuhan Terkenal di Surabaya
Teluk Lamong | Sumber: indoshippinggazette.com

Pelabuhan Teluk Lamong merupakan salah satu contoh dari upaya progresif kota Surabaya untuk melakukan inovasi di sektor maritim.

Letak pelabuhan ini berada di Jalan Terminal Tlk. Lamong, Tambak Osowilangun, Kecamatan Benowo, Kota Surabaya.

Dengan konsep pelabuhan terintergrasi, Teluk Lamong mengkombinasikan terminal kontainer dan terminal peti kemas dalam satu lokasi, menyediakan fasilitas untuk proses bongkar muat dan distribusi barang yang lebih efisien.

Itulah dia penjelasan lengkap terkait nama pelabuhan terkenal di Surabaya beserta alamat lengkap dan fungsinya.

Pada intinya, Pelabuhan Tanjung Perak adalah pelabuhan terbesar dan tersibuk kedua yang terletak di kota Surabaya Jawa Timur.

Sebagai pelabuhan terbesar dan tersibuk kedua setelah Tanjung Priok, pelabuhan besar harus memiliki pusat pengisian bahan bakar bagi kapal-kapal yang berlabuh.

Untuk memenuhi persyaratan bahan bakar kapal, Anda dapat menggunakan layanan bunker service dari Solar Industri yang dilakukan sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Dirjen Migas).

Solar Industri siap menjadi pemasok bahan bakar terdepan dan terbaik bagi calon pelanggan kami. Untuk informasi selengkapnya, kunjungi website Solar Industri sekarang juga!

Tags:

Artikel Terbaru

Butuh Informasi Lebih Lanjut?

Apabila anda tertarik dengan penawaran kami, konsultasikan segera kebutuhan anda dengan menghubungi kontak kami untuk mendapatkan informasi lebih detail terkait produk perusahaan.