Kerak Bumi: Pengertian, Gambar, Ciri-Ciri, Fungsi, dan Jenisnya

Bagikan :
Kerak bumi adalah bagian atau lapisan paling luar dari permukaan bumi yang terdiri dari berbagai jenis batuan padat, mineral, dan material padat lainnya. Unsur yang paling banyak terdapat di dalam kerak bumi adalah oksigen dan silikon.
kerak bumi yang banyak memiliki fungsi
Daftar Isi

Bumi terdiri dari lapisan-lapisan yang menyelimutinya, salah satunya adalah kerak bumi. Kerak bumi adalah lapisan yang terlihat, tetapi menyimpan kekayaan alam tak ternilai dalam pengetahuan geologi dan sumber daya alam.

Lapisan terluar dari bumi ini dapat bergerak dengan kecepatan yang lambat dan hanya sekitar 0 sampai 14 sentimeter per tahun.

Berikut ini adalah penjelasan lengkap mulai dari ciri-ciri, jenis, fungsi, karakteristik, dan pengertian kerak bumi. Simak sampai selesai, ya!

Apa itu Kerak Bumi?

Kerak bumi adalah bagian atau lapisan paling luar dari permukaan bumi yang terdiri dari berbagai jenis batuan padat, mineral, dan material padat lainnya. Unsur yang paling banyak terdapat di dalam kerak bumi adalah oksigen dan silikon.

Gambar kerak bumi
Struktur Bumi (Freepik)

Dilihat dari gambar kerak bumi tersebut, diketahui bahwa lapisan ini berada paling luar (crust). Meskipun begitu, lapisan terluar bumi tersebut memiliki banyak manfaat dan ciri khasnya.

lapisan kerak bumi dibagi menjadi dua jenis, yaitu kerak samudra dan kerak benua. Kerak benua atau continental crust adalah bagian dari lapisan kerak yang membentuk daratan. Sementara itu, kerak samudra atau oceanic crust adalah bagian kerak yang membentuk dasar laut.

Lapisan bumi yang paling luar disebut kerak litosfer. Litosfer terdiri dari kerak samudra dan kerak benua.

Kerak litosfer adalah lapisan yang memiliki jarak paling dekat dengan bumi dan tempat berlangsungnya banyak proses geologi.

Ciri-Ciri Kerak Bumi

Lapisan terluar dari bumi ini memiliki beberapa karakteristik. Adapun kerakteristik kerak bumi adalah sebagai berikut:

  • Terbuat dari batuan padat dan mineral
  • Terdiri dari berbagai unsur, yaitu magnesium, kalsium, besi, aluminium, sodium, silikon, hingga oksigen
  • Suhu lapisan terluar bumi ini meningkat seiring dengan kedalamannya. Kerak pada bagian terbawahnya menyentuh angka 200-400℃
  • Bagian ini menutupi sekitar 41% permukaan bumi
  • Memiliki kedalaman 40 kilometer
  • Ketebalan kerak bumi bervariasi. Kerak benua memiliki tebal sekitar 20-70 kilometer, sedangkan kerak samudra hanya sekitar 5-10 kilometer
  • Kepadatan kerak benua rata-rata sekitar 2,7-3,0 g/cm3 ini lebih rendah dibandingkan dengan kerak samudra yang rata-ratanya 3,0-3,3 g/cm3
  • Di berbagai wilayah dunia, lapisan ini memiliki variasi yang berbeda-beda. Karakteristik dari kerak ini juga dapat berbeda sesuai dengan zona tektonik dan lempeng

Baca Juga: Mengenal Sumber Daya Alam Mineral di Indonesia

Fungsi Kerak Bumi

Dari ciri-ciri dan karakteristik yang telah dijelaskan di atas, fungsi dari kerak bumi sebenarnya berhubungan dengan hal tersebut.

Lapisan ini tergabung ke dalam litosfer yang memiliki pengaruh langsung terhadap kehidupan di bumi.

1. Unsur-Unsurnya yang Dapat Dijual

Lapisan ini terdiri dari berbagai bahan mineral atau tambang, yaitu gas, emas, batu bara, nikel, timah, hingga besi.

Beberapa unsur tersebut memiliki daya jual yang tinggi untuk menjadi bahan baku di berbagai industri.

Unsur-unsur tersebut dapat berguna sebagai bahan baku atau material industri, seperti industri rumah tangga, perhiasan, hingga elektronika.

2. Pertanian dan Sumber Daya Alam

fungsi kerak bumi sebagai sumber daya alam
Sumber Daya Alam (Nikola Jovanovic/Unsplash)

Lapisan ini menyediakan sumber daya alam yang sangat penting bagi keberlangsungan hidup manusia.

Kerak bumi menyediakan lahan pertanian, termasuk juga tumbuhan yang berguna sebagai sumber makanan manusia dan hewan.

Selain itu, sumber daya alam juga banyak dihasilkan dari lapisan tersebut, seperti batubara, minyak bumi, gas alam, logam, dan mineral lainnya yang berguna untuk berbagai kebutuhan industri.

3. Sarana Penelitian Geologi

Dengan mempelajari struktur, komposisi, dan karakteristiknya, akan sangat membantu ilmuwan untuk memahami proses-proses geologi yang terjadi di dalamnya.

Dengan mempelajari hal tersebut, berbagai jenis bencana alam, seperti gempa bumi, pun dapat diprediksi.

Selain untuk memprediksi gempa bumi, pembelajaran geologi ini membantu untuk memahami pembentukan sumber daya alam dan mengelolanya secara efektif.

4. Penyimpanan dan Siklus Air

Air di dalam bumi banyak tersimpan di dalam lapisan-lapisan batuan dan bebatuan. Batuan ini akan sangat berfungsi untuk menyaring dan membersihkan air sebelum air mencapai tanah.

Lapisan ini juga berperan untuk menyimpan, mengalirkan, dan memproses air. Hal ini adalah bagian dari siklus air bumi yang melibatkan evaporasi, presipitasi, dan aliran air di permukaan dan di bawah tanah.

5. Tempat Kehidupan

Ini adalah fungsi paling penting dari kerak bumi, yaitu rumah bagi kehidupan manusia, tanaman, hewan, dan mikroorganisme.

Manusia, hewan, dan tanaman hidup dan berkembang pada lapisan ini untuk mendapatkan sumber daya, makanan, dan habitat.

Jenis Kerak Bumi

Seperti yang telah disebutkan di atas bahwa kerak bumi memiliki dua tipe utama kerak, yaitu kerak benua dan kerak samudra.

Berikut ini adalah penjelasan keduanya.

1. Kerak Benua (Continental Crust)

Kerak benua adalah bagian luar yang membentuk daratan. Karakteristik dari kerak benua adalah kepadatan yang lebih rendah dan ketebalannya yang lebih besar dibandingkan kerak samudra.

Komposisi dari kerak benua mengandung banyak jenis batuan, yaitu granit, batuan beku, sedimen, dan batuan metamorf. Kerak benua memiliki usia yang lebih tua secara geologi dibanding dengan kerak samudra.

2. Kerak Samudra (Oceanic Crust)

Kerak samudra adalah bagian dari kerak yang membentuk dasar lautan. Kebanyakan kerak samudra terdiri dari batuan beku, seperti basalt dan gabro. 

Batuan basalt dan gabro tersebut memiliki usia geologis yang lebih muda apabila dibandingkan dengan batuan yang terdapat pada kerak benua.

Baca Juga: Mengenal Lapisan Bumi: Pengertian, Struktur dan Karakteristiknya

Itulah dia penjelasan lengkap mengenai lapisan terluar pada bumi yang memiliki banyak manfaat dan kegunaan. Dengan memahami manfaat tersebut, tentu kita akan sadar untuk menjaga bumi lebih baik lagi.

Alam semesta tentu memiliki banyak keragaman yang tersimpan di dalamnya. Semakin kita sadar dengan hal tersebut, kita akan semakin sadar juga dengan tanggung jawab untuk menjaga bumi ini. 

Salah satu tanggung jawab yang dapat kita lakukan adalah dengan menggunakan sumber energi yang ramah lingkungan seperti biosolar. Dengan menggunakan biosolar B30 dari Solar Industri, kita turut menjaga bumi agar tetap hijau dan sehat.

Untuk informasi lebih lengkap mengenai pembelian biosolar B30, yuk kunjungi laman web Solar Industri sekarang juga!

Tags:

Artikel Terbaru

Butuh Informasi Lebih Lanjut?

Apabila anda tertarik dengan penawaran kami, konsultasikan segera kebutuhan anda dengan menghubungi kontak kami untuk mendapatkan informasi lebih detail terkait produk perusahaan.