Mengenal ArcGIS Sebagai Solusi Sistem Informasi Geografis

Bagikan :
Arcgis memiliki peranan penting sebagai sistem informasi geografis yang mampu membantu dalam menghimpun data, mengolah, dan menganalisisnya menjadi data-data berguna.
Argis Map
Daftar Isi

Dalam mendapatkan informasi terkait alam, manusia membuat berbagai inovasi baru untuk mempermudah pekerjaannya.

Tidak terkecuali dalam bidang geografis. Seperti yang kita ketahui, terdapat banyak sekali fenomena geografis yang dapat kita temukan. Tentu, kita akan mendapat kesulitan jika tidak ada sistem konkrit yang mengatur dan mencatat data dari fenomena-fenomena tersebut.

Oleh karena itu, terbitlah solusi sistem informasi geografis yang disebut dengan ArcGIS atau ArcMap.

Apa Itu ArcGIS

ArcGIS adalah sebuah perangkat lunak yang berfungsi sebagai sistem informasi geografis. Software ini dikembangkan oleh ESRI (Environment Science & Research Institute). Perangkat ini memiliki berbagai fungsi yang telah disesuaikan dengan kebutuhan. 

Pada umumnya software ini berfungsi untuk menghimpun, menyimpan, dan menganalisis berbagai fenomena atau objek geografis di bumi. Software ini telah berhasil banyak membantu para ahli dalam meneliti, mengevaluasi, hingga menyimpulkan teori-teori baru berdasarkan data yang telah dikumpulkan.

Mungkin beberapa dari Anda belum familiar dengan perangkat lunak yang satu ini. Namun jangan khawatir, dalam artikel ini kami akan menyajikan berbagai informasi terkait ArcGIS mulai dari definisi, fungsi,komponen, fitur, dan jenis-jenisnya.

Baca Juga: Mengenal Apa Itu Geologi & Penerapan Pada Industri Migas

Fungsi ArcGIS

Dengan berbagai komponennya, perangkat ini mampu membantu kita dengan beberapa fungsinya. 

1. Mampu Membantu dalam Pembuatan dan Modifikasi Peta

Contoh Map Arcgis
(Foto: Pinterest)

Salah satu fungsinya adalah dapat digunakan untuk membuat dan mengedit peta. Seringkali peta dibuat dengan tema dan tujuan tertentu yang disesuaikan dengan kebutuhan pembuatnya. Secara umum jenis mata pelajaran ini sering disebut sebagai kartu mata pelajaran.

Misalnya, peta tematik yang baru-baru ini diterbitkan adalah sebaran pasien Covid-19. Namun, karena pembaruan jaringan jalan, perubahan medan, dan alasan lainnya, peta juga dapat diproduksi dalam bentuk peta dasar. 

2. Memberikan GIS yang relevan

Seperti yang kita tahu, sistem informasi geografi merupakan sistem informasi yang berkaitan dengan informasi spasial dan informasi spasial. Salah satu tanggung jawab perangkat ini adalah memastikan bahwa informasi relevan dengan sistem informasi geografis di wilayah tersebut. Sekurang-kurangnya berupa informasi dasar geografis tentang wilayah yang diteliti, seperti kontur, bentang alam, koordinat wilayah, dll. 

3. Visualisasi Data dan Media Berbagi Data

Visualisasi adalah inti dari perangkat lunak ini. Tentunya tujuan dari semua proses yang dilakukannya adalah untuk menghasilkan visualisasi seperti peta yang dapat dilihat oleh banyak orang.

Bentuk visualisasinya bisa dua dimensi atau tiga dimensi tergantung kebutuhan pembuat visualisasi. Hasilnya dibagikan sebagai informasi baik berupa peta maupun informasi, sehingga dapat digunakan sebagai bahan penelitian selanjutnya.

4. Digunakan Sebagai Analisis Spasial

ArcGIS juga mampu digunakan untuk analisis spasial. Dapat kita simpulkan, ArcGIS tidak hanya dapat menggambar peta, tetapi juga menangani data yang tidak murni bersifat spasial. Maka dari itu tidak mengherankan jika input data yang diterima ArcGIS bisa dalam beberapa format standar.

Program tersebut dapat menggunakan berbagai data yang ada untuk memproyeksikan kondisi sosial ke masa depan sesuka hati. Dengan cara ini, pengambil keputusan juga dapat melihat kondisi seperti apa di masa depan dan apa akibat dari berbagai kesalahan pengambilan keputusan. 

Baca Juga: Kenali Batuan Karbonat sebagai Batuan Reservoir Penyimpan Minyak Bumi

Komponen ArcGIS

Produk utama ArcGIS terdiri dari tiga komponen utama yaitu : ArcView (Berfungsi sebagai pengelola data komprehensif, pemetaan dan analisis), ArcEditor (berfungsi sebagai editor dari data spasial) dan ArcInfo (Merupakan fitur yang menyediakan fungsi – fungsi yang ada di dalam GIS yaitu meliputi keperluan analisa dari fitur Geoprocessing)

1. Arcview

Fungsi utama dari komponen ini adalah mengelola data yang komprehensif, melakukan pemetaan, dan dilanjutkan dengan analisis

2. ArcEditor

Sedangkan komponen ini berguna dalam mengelola atau mengedit isi data spasial.

3. ArcInfo

Komponen terakhir ini berguna dalam menyediakan fitur fungsi-fungsi yang ada di dalam GIS dan mencakup keperluan analisa dari fitur geoprocessing.

Fitur ArcGIS

Dalam mengelola data, tidak hanya bergantung pada ketiga komponen di atas. Karena ada empat fitur yang juga berfungsi menunjang keberhasilan hasil data.

1. ArcGlobe

ArcGlobe adalah aplikasi yang menggunakan citra satelit untuk menampilkan peta 3D bumi, mirip dengan tampilan Google Earth. 

2. ArcMap

ArcMap adalah aplikasi utama dari perangkat lunak ini. Aplikasi ini berfungsi sebagai pengolah data, editor, membuat peta tematik, membuat dan mencetak peta dan masih banyak lagi. tentang bumi. 

3. ArcCatalog

ArcCatalog merupakan aplikasi yang dapat membantu kita dalam mencari data, mengorganisasikan nya, menempatkan dan mendokumentasikan data,hingga menampilkan data-data yang ada pada software.

4. ArcScene

ArcScene berfungsi menampilkan peta yang telah diubah menjadi format 3D.

Baca Juga: Mengenal Sistem Informasi Geografis (SIG) dalam Geografi

Jenis-Jenis ArcGIS 

1. ArcGIS Dekstop

Jenis ini mungkin adalah program yang paling terkenal. Seperti namanya, program ini harus diinstal pada perangkat komputasi yang digunakan. Desktop di ArcGIS adalah ArcMap dan Arcgis Pro.

Penggunaan ArcGIS Desktop memberikan fleksibilitas dalam pemrosesan data spasial dan integrasi dengan ArcGIS Online dan Enterprise. Selain itu, program desktop ini memiliki beberapa alat bawaan untuk memfasilitasi manipulasi data. 

2. ArcGIS Online dan Enterprise

Kedua jenis ini merupakan platform layanan GIS yang bisa diakses melalui website. Secara fungsi, keduanya sama saja digunakan untuk membuat peta dan mengolah data spasial. Hanya saja, wujudnya secara online melalui platform website dan API.

3. ArcGIS Apps

Selain kedua jenis ArcGIS sebelumnya, kita juga dapat mengakses ArcGIS melalui aplikasi. Bahkan jenis aplikasinya juga sangat beragam.

Tiap apps memiliki fungsi yang berbeda-beda dan dibuat secara khusus untuk mencapai tujuan tertentu.  

Contohnya adalah ArcGIS Navigator yang berfungsi sebagai aplikasi navigasi penunjuk arah. Ada juga ArcGIS Survey123 yang bisa dimanfaatkan untuk survei dan pengumpulan data secara mobile.

4. ArcGIS API dan SDK

Selain program “siap pakai” yang dapat langsung digunakan, software ini juga dapat diprogram secara individual. Ini karena versi ArcGIS yang ada terkadang tidak dapat menangani data yang diperlukan dan memerlukan aplikasi khusus.

Itu sebabnya software ini mampu memudahkan dan menyesuaikan aplikasi pemetaan dan pemrosesan data spasial ini dengan kebutuhan Anda. Dengan menggunakan ArcGIS API dan SDK, program aplikasi pemetaan ini dapat dibangun sesuai permintaan. 

5. ArcGIS for Developers Tool

Jenis ini merupakan kelanjutan dari jenis sebelumnya. Di sini pengguna mendapatkan keleluasaan untuk mengelola dan memantau aplikasi yang dibuat dalam satu panel. Jadi Anda tidak perlu menjalankan setiap aplikasi untuk menyiapkannya.

Kelebihan ArcGIS

Dapat disimpulkan sebagai software, ArcGIS memiliki berbagai manfaat dan keunggulan yang dapat dibandingkan dengan software sejenisnya. Berikut beberapa keunggulannya.

  1. Versi lebih lengkap dari SIG
  2. Perangkat ini dapat menyediakan fasilitas pendukung dengan lebih dari 800 fungsi untuk berbagai keperluan dari berbagai bidang ilmu.
  3. Software ini dapat mengelola database dengan kapasitas yang sangat besar mencapai kapasitas 256 terabyte. Yang mana kapasitas ini sangat mampu dalam menampung berbagai informasi.
  4. Perangkat lunak ini telah didukung oleh lebih dari 300 ahli GIS dari berbagai negara di seluruh dunia dan oleh karena itu diklasifikasikan sebagai teknologi perangkat lunak dinamis yang berkembang sesuai dengan perubahan baik teknologi informasi maupun teknologi informasi dan internet. Perubahan teknologi dan persyaratan analisis yang berkembang. Sains dan perubahan yang terjadi dalam paradigma pemikiran ahli saat ini .

Solar Industri merupakan perusahaan agen solar industri Pertamina dengan produk utama berupa Biosolar (B30) Non Subsidi. Kunjungi website kami untuk mengenal produk unggulan kami.

Kami telah dipercaya oleh klien terkemuka dari Industri Manufaktur hingga BUMN. Konsultasikan kebutuhan Anda dengan Solar Industri sekarang, gratis!

Tags:

Artikel Terbaru

Butuh Informasi Lebih Lanjut?

Apabila anda tertarik dengan penawaran kami, konsultasikan segera kebutuhan anda dengan menghubungi kontak kami untuk mendapatkan informasi lebih detail terkait produk perusahaan.