Mengenal Sistem Informasi Geografis (SIG) dalam Geografi

Bagikan :
Sistem Informasi Geografis atau dikenal dengan SIG adalah kumpulan sistem informasi yang berguna dalam pembuatan peta serta pembangunan. Komponen pada Sistem Informasi Geografis adalah software, hardware, data dan manusia maupun organisasi.
Sistem informasi geogragfis GIS
Daftar Isi

Sistem Informasi Geografis adalah sistem informasi digital dengan menggunakan komputer demi memberi kita informasi geografis citra satelit mirip dengan peta. Salah satu komponen SIG paling penting adalah pemetaan. 

Menggunakan Toposheets, gambar satelit, GPS, serta alat lainnya, kami membuat beberapa peta dan mengumpulkan berbagai jenis informasi. Seperti peta Google, Sistem Informasi Geografis berisi semua informasi yang ada di dalamnya.

Pengertian Sistem Informasi geografis 

SIG berbasis komputer yang merupakan SIG digunakan demi mengumpulkan, menyimpan, menganalisis, mengambil, serta menampilkan data geografis. Informasi geografis berjalan dengan menggunakan SIG dari data geografis.

Seringkali pengemudi mobil menggunakan GPS untuk navigasi. GPS mobil akan memandu Anda dari tempat Anda berada atau lokasi saat terkini ke tempat yang ingin Anda tuju atau lokasi tujuan. Di dalam GPS mobil, ada GIS bekerja dengan mengenali posisi geografis Anda saat ini. Ini juga dapat menghitung serta menghasilkan daftar arah belokan demi belokan sehingga Anda dapat mengikuti arah tersebut demi mencapai tujuan Anda.

Sebagai contoh lain, otak Anda juga memiliki Sistem Informasi Geografis Jika saya menanyakan arah dari kantor atau tempat kerja ke rumah saya, dengan asumsi bahwa Anda mengetahui arahnya atau mungkin Anda dapat menggunakan Google Maps. Anda mungkin dapat mengingat kembali nama jalan dan belokannya seperti arah kiri atau kanan. Anda juga dapat menggambar sebuah petakan atau menulis arahan peta petunjuk arah belokan demi belokan dengan landmark.

Untuk mempermudah, Anda juga dapat mengilustrasikan contoh di atas di lingkungan Anda yaitu, memandu pendatang baru ke sekeliling daerah dekat dari rumah Anda.

Baca Juga: Apa Itu AMDAL? Tujuan, Manfaat, Prosedur dan Dokumennnya

Komponen Sistem Informasi Geografis 

1. Software 

Tujuan utama perangkat lunak Sistem Informasi Geografis adalah untuk mengumpulkan, memproses, serta menyajikan data geografis. Alat GIS memudahkan untuk mengakses, memodifikasi, menggunakan, dan menampilkan data GIS.

2. Data 

Data adalah bagian terpenting dari Sistem Informasi Geografis. Terdapat penggunaan sistem manajemen basis data dalam Sistem Informasi Geografis demi mengintegrasikan data spasial dengan sumber data lainnya. Penggabungan data spasial dan tabular atau atribut dengan tujuan demi membuat data Sistem Informasi Geografis. Spasial dalam sistem ini dapat berupa vektor dan raster.

3. Method 

Prosedur yang lebih mementingkan sisi manajemen Sistem Informasi Geografis. Garis pelaporan, stasiun pemeriksaan, dan mekanisme lain memiliki tujuan demi memastikan SIG kaliber tinggi. 

SIG yang efektif menggunakan model dan prosedur operasi yang khas, beroperasi dengan rancangan baik, dan dengan menyesuaikan kepada aturan bisnis masing-masing organisasi. Penggunaan metode demi memasukkan, mengevaluasi, serta menanyakan data adalah yang menentukan kualitas dan validitas produk akhir.

4. Hardware 

Sistem komputer yang menjalankan perangkat lunak SIG memiliki istilah sebagai perangkat keras.

Ini menjalankan program dan terhubung ke unit penyimpanan disk drive, yang beroperasi untuk menyimpan data.

5. People 

Pengguna SIG mampu menangani semua pekerjaan dalam perangkat lunak Sistem Informasi Geografis. Pengguna dapat mematuhi spesifikasi dan desain teknis. Tanpa orang yang menjalankan sistem serta membuat strategi demmi menggunakannya untuk memecahkan masalah di dunia nyata, penggunaannya tentu akan terbatas. Dalam hal ini, Analis dan insinyur SIG adalah orang yang menggunakan SIG.

Tahapan Kerja Sistem Informasi Geografis 

1. Tahap Masukan Data

Pengumpulan data dapat menggunakan berbagai metode dan sumber serta mengirim ke dalam SIG. Metode dimana paling populer adalah pencitraan digital, yang menggantikan citra fotogrametri tradisional dengan representasi area lebih baik dan pengumpulan data yang lebih baik. 

Saat mengilustrasikan tempat seperti hutan dengan cara lain menantang, pemindai laser dan SAR (Tingkat Penyerapan Spesifik) memungkinkan. Kamera yang mendukung sistem informasi geospasial memberikan hasil digital yang cepat, otomatis, serta langsung, sebagian besar pada potensi sumber daya.

2. Tahap Pengolahan Data 

Buat ringkasan spasial dengan menghitung elevasi rata-rata setiap DAS, misalnya. Pengetahuan yang lebih besar tentang keadaan di wilayah penelitian tercapai dengan menggunakan data ringkasan.

Penggunaan format non-topologi atau “shapefile” dengan tujuan untuk menyimpan koordinat geometris serta data atribut fitur geografis. Salah satu format data spasial yang dapat Anda kerjakan dan perbarui di ArcGIS adalah file bentuk.

Saat tiga atau lebih file dengan ekstensi file yang berbeda terdapat di ruang kerja proyek yang sama, format file bentuk menentukan geometri dan karakteristik fitur merujuk secara geografis.

3. Tahap Pengeluaran Data

Integrasi Sistem Informasi Geografis ini selesai ketika data spasial telah diterapkan di ArcGIS Server (WebGIS). Tugas ini berbeda dari tugas dimana terlibat dalam pembuatan Sistem Informasi Geografis. Membangun data spasial dengan tujuan upaya digitalisasi, padahal ini hanya kegiatan melakukan pengembangan web.

Baca Juga: Mengenal Sumber Daya Alam Mineral di Indonesia

Keunggulan Sistem Informasi Geografis 

1. Memudahkan proses komunikasi

Penggunaan peta dan visualisasi dalam SIG sangat membantu demi memahami situasi serta mengungkapkan cerita. 

Mereka adalah bahasa baru yang memfasilitasi komunikasi dimana lebih baik antara berbagai kelompok, divisi, disiplin ilmu, sektor profesional, bisnis, dan masyarakat umum.

2. Pengarsipan informasi geografis yang lebih baik

Tugas utama banyak organisasi adalah menyimpan catatan akurat tentang status dan evolusi geografi. Zonasi, jumlah penduduk, kepemilikan tanah, dan batas administrasi adalah beberapa contoh geografi budaya. 

Contoh geografi fisik termasuk akuntansi geografis, tindakan lingkungan, inventarisasi biologi dan hutan, aliran sungai, dan berbagai macam akuntansi lainnya. Dengan dukungan transaksi yang komprehensif dan alat pelaporan, SIG menawarkan kerangka kerja yang solid untuk mengelola sistem semacam ini.

3. Efisiensi yang lebih besar menghasilkan penghematan biaya

Ini terhubung untuk menyelesaikan tujuan. Dalam hal ini misalnya, penghematan tenaga kerja melalui mengotomatisasi atau merampingkan alur kerja. 

Sears, yang mengadopsi Sistem Informasi Geografis dalam operasi pengiriman mereka serta melihat keuntungan dimana signifikan, membuat kasus yang menarik untuk keduanya.Ini juga sangat membantu dalam menurunkan biaya operasional misi.

4. Penilaian yang lebih baik

Ini biasanya berkaitan dengan memilih lokasi dengan lebih bijak. Pemilihan lokasi real estat, pemilihan rute atau koridor, zonasi, perencanaan, konservasi, eksploitasi sumber daya adalah beberapa contoh umum. 

Seiring berkembang nya zaman, orang-orang mulai memahami betapa pentingnya pemilihan lokasi bagi keberhasilan suatu perusahaan.

Fungsi Sistem Informasi Geografis 

Sistem Informasi Geografis adalah alat dimana penerapannya dengan tujuan visualisasi data dalam pengaturan spasial, pemecahan masalah, dan pengambilan keputusan. Pemeriksaan data geospasial memiliki beberapa tujuan.

Pembelajaran tersebut mengacu pada lokasi fitur dan hubungannya dengan fitur lain, dimana fitur tertentu hadir paling sering dan/atau paling jarang, kepadatan fitur dalam suatu area tertentu, apa yang terjadi di dalam Area of Interest (AOI), apa yang terjadi di dekat fitur atau fenomena tertentu, serta bagaimana area tertentu berubah dari waktu ke waktu. 

Selain itu, fungsi SIG adalah menemukan sesuatu di peta. Anda dapat menampilkan pemetaan lokasi fitur dunia nyata dalam ruang dan hubungan spasialnya.

Salah satu contoh pada peta lokasi tambang pasir. Kita dapat melihat pola visual pada data dengan menentukan bahwa aktivitas penambangan pasir terjadi di suatu wilayah dengan tipe geologi tertentu.

Dalam aspek geoteknik, Sistem Informasi Geografis dapat digunakan demi menyediakan data dimana memadai berdasarkan sifat tanah serta  ukuran pondasi serta daya dukung beban maksimum.

SIG juga memainkan peran utama dalam fungsi GPS. Dengan bantuan Sistem Informasi Geografis, kita dapat memperoleh lokasi dimana tepat dari suatu situs berdasarkan aspek longitudinal serta latitudinal dimana  membuatnya lebih mudah demi penerapan navigasi nya. 

Baca Juga: Apa Itu Energi Tak Terbarukan? Ini Dia Definisi Beserta Contohnya!

Analisis Sistem Informasi Geografis 

1. Analisis Klasifikasi 

Data spasial dikelompokkan melalui proses analisis klasifikasi (spasial). Misalnya, melakukan analisis bergantung pada analisis data, pola penggunaan lahan untuk kuburan, pertanian, perkebunan, atau hutan.

2. Analisis Overlay 

Teknik mempelajari dan mengintegrasikan (overlay) dua atau lebih kumpulan data spasial yang berbeda dengan analisis overlay. Misalnya, Anda dapat melaukan analisis terhadap lokasio rawan erosi dengan menggabungkan data ketinggian.

3. Analisis Networking 

Jaringan garis dan titik yang saling berhubungan menjadi landasan penelitian ini. Saluran listrik, pipa minyak atau gas, sistem jaringan telepon, serta air minum atau pipa saluran pembuangan adalah tempat umum yang menerapkan analisis jaringan.

4. Analisis Buffering 

Analisis ini menghasilkan dukungan melingkar atau poligonal dengan item pusat. Anda dapat menentukan luas objek serta jumlah parameter yang itu miliki dengan melakukan analisis buffering.

5. Analisis Tiga Dimensi 

Melakukan presentasi dalam tiga dimensi dalam penelitian ini akan membuat lebih mudah dalam kerja nya. Menggunakan aplikasinya, Anda dapat mempelajari daerah rawan bencana.

Solar Industri menawarkan pembelian dan sewa tangki solar industri dengan berbagai kapasitas. Cek selengkapnya pada halaman produk kami.

Tags:

Artikel Terbaru

Butuh Informasi Lebih Lanjut?

Apabila anda tertarik dengan penawaran kami, konsultasikan segera kebutuhan anda dengan menghubungi kontak kami untuk mendapatkan informasi lebih detail terkait produk perusahaan.