Mengetahui Proses Analisis SWOT dalam Membangun Sebuah Bisnis

Bagikan :
Analisis SWOT

Analisis SWOT adalah suatu rangkaian metode yang dapat anda gunakan untuk menyelesaikan suatu permasalahan dalam bisnis. Dalam upaya menyelesaikan masalah, penggunaan rancangan strategi penyelesaian masalah yang tepat dapat membantu anda dalam menyelesaikan masalah tersebut dengan mudah.

Perancangan strategi pemecahan masalah dapat anda dapatkan dengan lebih mudah ketika anda telah menemukan cara yang tepat dalam proses analisis. Selain itu, cara lain merancang strategi yaitu dengan melakukan pemetaan terkait segala sesuatu yang terdapat dalam rencana atau permasalahan. Hal tersebut demikian karena pasti terdapat beberapa masalah ketika anda sedang mencoba untuk membuat sebuah strategi dan menganalisis suatu permasalahan.

Di sisi lain, tahukah anda apa itu analisis SWOT? Apa tujuan penggunaan analisis ini? Apa saja manfaat yang akan didapatkan dari analisis ini? Lalu, bagaimana cara menerapkan analisis ini dalam membangun bisnis? Anda tidak perlu khawatir apabila belum mengetahuinya karena kami akan membahas semuanya secara tuntas pada artikel ini. Simak selengkapnya ya!

Pengertian Analisis SWOT

Pengertian Analisis SWOT
© Freepik

SWOT adalah akronim atau singkatan dari empat elemen yaitu Strenght (Kekuatan), Weakness (Kelemahan), Opportunities (Kesempatan), dan Threats (Ancaman). Analisis SWOT adalah suatu teknik atau metode dalam merencanakan strategi untuk mengevaluasi lingkungan bisnis. Teknik ini lebih menekankan pada faktor internal dan eksternal yang turut berperan dalam menyusun strategi untuk menyelesaikan suatu permasalahaan dengan efektif.

Secara umum, motode tersebut sering digunakan pada setiap perusahaan atau organisasi dalam menyelesaikan masalah atau ketika pengerjaan proyek. Dalam suatu perusahaan atau organisasi, analisis SWOT dapat anda gunakan untuk menganalisa pertumbuhan perusahaan dan tolak ukur keberhasilan. Pada sebuah proyek, metode analisis ini dapat anda gunakan untuk memastikan kinerja proyek tersebut berdasarkan proyeksi awal.

Pada tahun 1960-an, Albert S. Humprey menggunakan analisis SWOT untuk pertama kalinya. Albert Humprey menggunakan analisis ini ketika dia menginisiasi sebuah proyek penelitian di Stanford Research Institute. Sejak saat itu, metode analisis ini populer dan banyak digunakan oleh masyarakat luas, baik untuk menyelesaikan masalah sehari-hari atau masalah di perusahaan.

Seperti yang telah anda ketahui bahwasanya SWOT adalah singkatan dari empat elemen atau komponen. Berikut ini penjelasan terkait masing-masing elemen, antara lain:

1. Strength

Elemen dari analisis SWOT yang pertama adalah strength yang berarti kekuatan. Kekuatan ini merujuk pada kelebihan atau hal-hal yang sudah berhasil tercapai oleh perusahaan atau proyek. Pencapaian tersebut dapat berupa sesuatu yang tak berwujud, seperti atribut brand, aset sumber daya manusia, dan lain sebagainya.

2. Weakness

Komponen yang selanjutnya yaitu weakness atau kelemahan. Hal ini merujuk pada segala hal yang menghambat bisnis atau proyek perusahaan. Misalnya suatu perusahaan menjual minyak bumi, maka weakness dari bisnis ini adalah keterbatasan penjualan produk karena terhalang jarak. 

3. Opportunities

Yang selanjutnya yaitu opportunities atau kesempatan. Kesempatan tersebut dapat berupa peluang yang muncul dari luar perusahaan atau proyek dan hal tersebut dapat anda gunakan untuk membedakan pada kemampuan bersaing. Peluang yang muncul dapat berasal dari perubahan pasar atau perkembangan teknologi.

4. Threats

Terakhir yaitu threats atau ancaman. Sesuai dengan artinya, komponen ini merujuk pada hal yang menimbulkan risiko bagi sebuah perusahaan. Misalnya terdapat perusahaan yang menjual bahan bakar diesel, maka ancaman untuk bisnis ini adalah munculnya pesaing bisnis yang menjual bahan bakar biosolar dan meng-klaim dapat mengurangi efek rumah kaca

Tujuan Analisis SWOT

Setelah anda mengetahui pengertian dan berbagai macam elemen dari analisis SWOT, saatnya anda mengetahui terkait tujuan dari penggunaan analisis ini. Di bawah ini adalah tujuan dari penggunaan metode analisis terkait, antara lain:

1. Mempermudah Pemetaan Faktor Penting

Penggunaan analisis ini dapat membantu anda dalam memudahkan pemetaan faktor-faktor penting dari suatu rencana atau strategi. Oleh karena itu, dengan analisis ini, anda akan mengetahui faktor internal dan faktor eksternal yang dimiliki oleh perusahaan.

2. Prediksi Timbulnya Masalah

Dengan adanya elemen threats atau ancaman, anda akan mengetahui terkait masalah yang mungkin saja timbul di masa depan. Dengan demikian, anda dapat menyusun strategi yang tepat untuk menyelesaikan masalah tersebut apabila sewakt-waktu muncul.

3. Mengetahui Posisi Perusahaan

Selain menganalisis terkait kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman bisnis suatu perusahaan, metode analsis ini juga dapat membuat anda mengetahui kompetitor yang turut bersaing di pasar. Hal tersebut dapat anda gunakan untuk membuat strategi sehingga perusahaan anda dapat menjadi lebih unggul di pasar daripada perusahaan kompetitor.

4. Kesempatan untuk Berkembang

Yang selanjutnya yaitu dapat memberikan kesempatan pada perusahaan untuk berkembang. Hal tersebut karena penggunaan analisis SWOT yang tepat dan maksimal dapat mempermudah suatu perusahaan dalam memaksimalkan pengembangan perusahaan tersebut. Perencanaan yang matang dengan 4 elemen SWOT dapat membuat suatu perusahaan semakin dekat dengan kemajuan.

5. Pengambilan Keputusan

Yang terakhir adalah pengambilan keputusan. Sesuai dengan fungsinya, SWOT dapat anda gunakan untuk merencanakan strategi dalam menyelesaikan masalah sehingga dapat mempermudah anda dalam mengambil keputusan selama menjalani bisnis suatu perusahaan.

Manfaat Analisis SWOT

Pada bagian ini, kami akan menjelaskan kepada anda terkait manfaat dari penggunaan analisis ini. Terdapat berbagai macam manfaat yang akan anda dapatkan dengan menerapkan metode ini ketika merencanakan bisnis. Berikut ini adalah manfaat yang akan anda dapatkan dengan menggunakan analisis SWOT, antara lain:

  • Mengetahui cara memanfaatkan kekuatan (strength) sehingga dapat menghasilkan peluang atau opportunities.
  • Mengetahui cara mengatasi kelemahan (weakness) yang berisiko dapat mendatangkan kerugian sehingga berpotensi menjatuhkan perusahaan.
  • Mengetahui cara memanfaatkan peluang (opportunities) yang muncul dengan tepat
  • Mengetahui cara memanfaatkan kekuatan (strength) dengan tepat sehingga mampu menghadapi dan mengatasi permasalahan atau ancaman (therats) yang sudah ada atau yang munkin timbul kelak.

Manfaat analisis ini tidak hanya terbatas pada yang telah kami sebutkan di atas, tetapi juga memiliki manfaat lainnya, seperti dapat mempermudah perkembangan bisnis UKM (Usaha Kecil Menengah) yang ingin mendapatkan modal dari pemerintah dengan cara mengajukan proposal. Dengan metode analisis ini, para calon pengusaha UKM dapat mengetahui dan memahami dengan jelas terkait faktor internal dan eksternal yang kelak mungkin timbul.

Cara Menerapkan Analisis SWOT

Pada bagian sebelumnya, anda telah mengetahui manfaat dari penerapan analisis ini. Nah,  pada bagian ini, kami akan menjelaskan kepada anda terkait bagaimana cara menerapkan teknik ini. Simak berikut ini ya!

1. Membuat Visualisasi Diagram

Hal yang pertama dapat anda lakukan yaitu membuat visualisasi diagram SWOT dengan bentuk kotak dan terbagi ke dalam empat bagian. Bagian-bagian tersebut memiliki label atau nama sesuai dengan keempat elemen SWOT tadi.

2. Menyiapkan Tujuan

Sebelum lanjut ke tahap berikutnya, anda harus menyiapkan tujuan terlebih dahulu. Anda dapat menggunakan strategi yang sebelumnya telah anda susun untuk membuat tujuan.

3. Melakukan Brainstorming

Anda dapat mengumpulkan tim atau perwakilan dari setiap tim ketika hendak melakukan brainstorming. Pada sesi ini, anda akan mengetahui daftar dari setiap elemen yang harus dianalisis.

4. Menyusun Pertanyaan Penting 

Setelah melakukan brainstorming, anda dapat mulai menyusun pertanyaan-pertanyaan penting terkait kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman pada bisnis anda. Dengan hal tersebut, anda dapat menentukan empat elemen analisis SWOT berdasarkan rencana yang telah anda rencanakan sebelumnya.

5. Menyusun Strategi

Langkah yang terakhir yaitu menyusun strategi. Setelah mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman, anda dapat menganalisis hal tersebut dan mulai menyusun rencana strategi. Strategi tersebut dapat anda gunakan untuk memanfaatkan kekuatan dan peluang, menghilangkan kelemahan, dan mengatasi ancaman.

Kesimpulan

Analisis SWOT adalah teknik merencanakan strategi untuk mengevaluasi lingkungan bisnis, baik faktor internal ataupun faktor eksternal. Adanya teknik ini juga dapat membantu anda dalam menyelesaikan masalah perusahaan atau proyek. Terdapat empat elemen dari analisis ini yaitu kekuatan (strength), kelemahan (weakness), peluang (opportunities), dan ancaman (threats).

Adapun tujuan dari analisis ini serta manfaat yang akan anda peroleh dengan menerapkan teknik ini. Terdapat pula cara menerapkan analisis ini untuk suatu bisnis. Demikianlah artikel terkait analisis SWOT. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Solar Industri menawarkan pembelian bahan bakar Biosolar B30 dan Jasa Bunker Service resmi non-subsidi Pertamina. Silakan kunjungi laman resmi kami untuk mendapatkan penawaran menarik!

Tags

Butuh Informasi Lebih Lanjut?

Apabila anda tertarik dengan penawaran kami, konsultasikan segera kebutuhan anda dengan menghubungi kontak kami untuk mendapatkan informasi lebih detail terkait produk perusahaan.