13+ Alat Transportasi Darat serta Penjelasan & Contoh Gambarnya

Bagikan :
Transportasi darat adalah kendaraan yang berada di darat dan menggunakan jalan untuk mengangkut penumpang atau barang.
alat transportasi darat mobil
Daftar Isi

Semakin maju perkembangan zaman, semakin berkembang pula alat-alat transportasinya. Kendaraan alat transportasi yang berkembang kini pun semakin canggih. Alat transportasi dibedakan menjadi alat transportasi udara, laut, dan darat.

Alat transportasi yang banyak digunakan dan hidup berdampingan dengan kita adalah alat transportasi darat.

Transportasi darat merupakan sarana perhubungan yang paling banyak diminati oleh masyarakat sebab penggunaannya yang mudah dan fleksibel.

Lalu, apa yang dimaksud dengan alat transportasi darat? Pada artikel berikut akan dijelaskan mengenai lebih lanjut mengenai pengertian, perkembangan, jenis-jenis, contoh, dan disertai dengan gambar transportasi darat.

Alat Transportasi Darat

Transportasi darat adalah sebuah kendaraan yang berada di darat dan menggunakan jalan untuk mengangkut penumpang atau barang.

Kendaraan transportasi darat penggunaannya sangat dominan di Indonesia dibandingkan dengan transportasi laut dan udara.

Alat transportasi darat adalah jenis transportasi yang paling dekat dengan kita karena sehari-hari digunakan.

Banyak orang yang menggunakan sepeda, motor, dan mobil untuk mobilisasi sehari-hari. Ketiga benda tersebut termasuk ke dalam kendaraan alat transportasi darat.

Gambar alat transportasi darat dapat kalian lihat di bawah ini agar kalian dapat lebih paham mengenai jenis-jenis alat transportasi darat beserta dengan fungsinya.

Perkembangan Alat Transportasi Darat di Indonesia

Di Indonesia sendiri, sejarah transportasi darat banyak dipengaruhi oleh Belanda yang dulu masih menjajah Indonesia.

Pada saat itu, banyak yang masih mengandalkan kuda, gerobak, dan becak untuk mengangkut manusia dan barang.

Perkembangan transportasi darat ditandai dengan majunya kendaraan transportasi dan jalan saat ini. Kereta api yang kini membentang di pulau Jawa perkembangannya semakin maju. Penemuan roda juga menandai perkembangan transportasi darat hingga saat ini.

Contoh Transportasi Darat

Transportasi darat adalah sebuah kendaraan yang banyak digunakan serta memiliki banyak jenisnya.

Berikut ini adalah penjelasan mengenai macam-macam beserta dengan gambar alat transportasi darat.

1. Sepeda Motor

alat transportasi darat sepeda motor berwarna merah
From Unsplash

Sepeda motor merupakan alat transportasi darat yang populer dan banyak digunakan di Indonesia.

Banyak orang menggunakan motor untuk menjalankan mobilitasnya karena ukuran motor yang simpel dan perawatan mudah serta harga yang terjangkau.

Bahan bakar minyak dari motor adalah bensin dan mesin sebagai penggerak. Di Indonesia, untuk mengendarai motor Anda harus memiliki SIM C atau surat izin mengemudi. Selain itu, juga diperlukan beberapa kelengkapan dokumen, seperti STNK.

2. Alat Transportasi Darat Mobil

Alat transportasi darat mobil
From Unsplash

Mobil adalah alat transportasi darat yang banyak digunakan oleh manusia di seluruh dunia. Mobil mengandalkan mesin sebagai penggerak dan bensin sebagai bahan bakar. Namun, saat ini sudah banyak beredar mobil bertenaga listrik yang bisa di-charge.

Mobil dapat digunakan hingga 7 orang, tergantung pada jenisnya. Mobil adalah alat transportasi yang juga sering digunakan untuk mengangkut barang karena adanya bagasi mobil dengan kapasitas yang cukup lebar.

3. Alat Transportasi Darat Truk

alat transportasi darat truck
From Unsplash

Alat transportasi darat yang sering digunakan untuk mengangkut barang adalah truk. Truk sangat lazim digunakan untuk mengangkut dan memindahkan barang dari satu tempat ke tempat lain. Barang yang diangkut oleh truk juga bermacam-macam, yaitu kayu, batu, pasir, dan sebagainya.

Jenis truk juga beragam sesuai dengan ukuran dan fungsinya. Jenis-jenis truk, antara lain pick-up, truk fuso, truk trailer, truk tronton, truk engkel, dan sebagainya.

4. Alat Transportasi Darat Bus

alat transportasi darat bus
From Unsplash

Kapasitas penumpang bus sangat banyak sehingga sering digunakan untuk mengangkut satu rombongan orang dan barang sekaligus. Di bagian bawah bus terdapat bagasi untuk menyimpan barang bawaan yang berukuran besar.

Bus juga merupakan transportasi darat yang sering digunakan untuk bepergian. Banyak jenis-jenis bus yang ada di Indonesia, antara lain bus pariwisata, bus TransJakarta, bus antarkota antarprovinsi, dan sebagainya.

5. Kereta Api

Kereta api adalah transportasi darat yang berguna untuk mengangkut penumpang dan barang. Jenis kereta api pun terdapat kereta api untuk mengangkut penumpang dan barang. 

alat transportasi darat kereta
From Unsplash

Kereta api berjalan di atas rel khusus dan rodanya terbuat dar besi. Kereta api merupakan salah satu pilihan transportasi darat untuk melakukan perjalanan jauh selain transportasi laut dan udara.

Di Indonesia kini banyak sekali jenis-jenis kereta api yang berkembang, antara lain Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ), Commuter Line (KRL), kereta bandara, Mass Rapid Transit (MRT), Light Rail Transit (LRT), dan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) yang terbaru.

6. Trem

Sama seperti kereta api, trem adalah kereta yang memiliki rel khusus berada di dalam dan tengah kota.

Rel yang digunakan trem berbeda dengan rela yang digunakan kereta api. Letak rel dari trem ini berbaur menjadi satu dengan lalu lintas kota.

alat transportasi darat trem
From Pexels

Bobo trem biasanya lebih ringan dan pendek dibandingkan kereta biasa. Saat ini, trem menggunakan tenaga listrik yang biasanya dialiri pantograf dari listrik aliran atas. 

Di Indonesia, trem dulu digunakan di Batavia (sekarang Jakarta) pada tahun 1896, tetapi transportasi ini sekarang dihilangkan.

7. Sepeda

alat transportasi darat sepeda
From Unsplash

Sepeda adalah alat transportasi paling sederhana karena digerakkan dengan kaki manusia dan tidak membutuhkan mesin.

Kehadiran sepeda sudah dikenal sejak zaman dulu sebelum berkembangnya alat transportasi darat lainnya. 

Fungsi dari sepeda awalnya adalah sebagai angkutan pribadi dan barang dengan skala yang ringan. Namun, saat ini sepeda digunakan sebagai salah satu olahraga dan termasuk ke dalam gaya hidup.

8. Skuter

skuter anak-anak
From Pexels

Skuter adalah kendaraan yang memiliki roda dua dan memiliki lantai di bagian dasarnya yang berguna untuk diinjak oleh pengendara.

Skuter biasa disebut juga dengan scooter memiliki gagang kemudi atau stang sehingga mudah untuk dikendarai.

9. Becak

Contoh transportasi darat ini hanya dapat ditemui di beberapa daerah saja. Becak adalah transportasi di darat yang juga ramah lingkungan karena cara menggunakannya dengan cara dikayuh. Namun, saat ini terhadap perkembangan becak dengan mesin.

alat transportasi darat becak
From goodnewsfromindonesia.id

Bagian belakang becak adalah tempat duduk pengayuh becak. Sementara di bagian depan terdapat kursi untuk tempat duduk penumpang. Terdapat kanopi juga untuk penumpang agar tidak kepanasan dan kehujanan.

10. Bajaj

bajaj berwarna biru
From Kompasiana.com

Bajaj juga merupakan alat transportasi yang hanya dapat ditemui di beberapa daerah saja. Bentuk dari bajaj adalah sepeda motor dengan roda tiga. Bagian depan khusus untuk tempat pengemudi sedangkan bagian belakang untuk penumpang.

Penyebutan Bajaj di tiap daerah berbeda-beda. Di Indonesia orang menyebutnya dengan bajaj atau bemo sedangkan di Thailand dikenal dengan Tuktuk.

11. Bemo

kendaraan bemo
From Keypoo.com

Bemo adalah kendaraan bermotor roda tiga yang berguna sebagai angkutan umum di Indonesia. Awal mulanya, bemo hadir untuk menggantikan becak dan delman. Namun, hal tersebut gagal karena bemo hanya ada pada kota-kota besar saja.

Bemo berfungsi sebagai angkutan umum layaknya taksi, tetapi belakangan ini rute bemo dibatasi dan hanya berjalan pada rute-rute tertentu saja. Bemo mulai disingkirkan pada tahun 1971 di Jakarta. 

12. Delman

delman ditarik seekor kuda
From finance.detik.com

Delman adalah salah satu kendaraan transportasi darat tradisional yang telah ada sejak zaman dulu.

Delman biasa juga disebut dengan kereta kuda karena bentuk dari kendaraan ini adalah gerobak yang ditarik dengan beberapa ekor kuda.

Beberapa ekor kuda tersebut dikendalikan oleh seorang kusir. Delman atau pedati dapat juga ditarik dengan keledai, lembu, atau kerbau.

Saat ini, delman sudah sangat jarang digunakan. Penggunaan delman saat ini banyak untuk sarana pariwisata.

13. Pedati

kendaraan tradisional pedati
From idntimes.com

Umumnya, pedati biasa disebut dengan gerobak. Pedati merupakan alat transportasi darat tradisional yang ditarik dengan hewan, seperti kuda, sapi, kerbau, dan sebagainya.

Pedati berguna untuk mengangkut barang atau hasil bumi pada malam hari agar hewan penariknya tidak terkena panas.

14. Helicak

alat transportasi darat helicak
From goodnewsfromindonesia.id

Helicak adalah angkutan kendaraan tradisional yang banyak ditemui di Jakarta pada tahun 1970-an.

Helicak adalah gabungan dari kata helikopter dan becak karena bentuknya mirip dengan helikopter dan becak.

Pengemudi helicak duduk di belakang, sementara penumpangnya duduk di bagian depan. Helicak tidak dikembangkan lebih lanjut sehingga helicak perlahan-lahan menghilang.

Itulah dia penjelasan mengenai transportasi darat dan jenis-jenisnya. Semakin maju perkembangan zaman, semakin berkembang pula alat-alat transportasinya. Begitu juga alat transportasi darat yang semakin berkembang.

Dalam mengoperasikan kendaraan atau alat transportasi darat yang sudah berkembang menjadi lebih modern ini, tentunya dibutuhkan bahan bakar, mulai dari diesel, bensin, solar, hingga gas.

Berbicara tentang bahan bakar solar, Solar Industri melayani pembelian produk BBM non-subsidi untuk seluruh sektor industri, meliputi kebutuhan Bio Solar B30jasa bunker service, dan pembuatan tangki solar dengan berbagai ukuran.

Dapatkan penawaran dan potongan harga khusus dari kami dengan cara menghubungi kontak WhatsApp kami sekarang juga!

Tags:

Artikel Terbaru

Butuh Informasi Lebih Lanjut?

Apabila anda tertarik dengan penawaran kami, konsultasikan segera kebutuhan anda dengan menghubungi kontak kami untuk mendapatkan informasi lebih detail terkait produk perusahaan.