Kapal Kontainer: Definisi, Keunggulan, dan Fungsinya

Bagikan :
Kapal kontainer adalah salah satu jenis kapal yang berfungsi untuk mengangkut barang bersifat padat dalam bentuk kontainer.
sebuah kapal yang berhenti didermaga
Daftar Isi

Dalam dunia pelayaran, kapal adalah kendaraan laut yang berukuran besar yang dapat menampung banyak muatan, baik penumpang atau barang. Kapal terdiri dari berbagai macam jenis. Salah satunya adalah kapal pengangkut kontainer yang khusus mengangkut barang dalam kontainer.

Kapal Kontainer adalah kapal yang digunakan untuk mengangkut barang dalam bentuk kontainer untuk jarak yang jauh. Sehingga melayani penyeberangan antarbenua. Kapal ini juga memiliki desain yang unik dibanding kapal jenis lainnya.

Jenis kontainer sangat penting bagi perhubungan dan pelayaran dikarenakan kapal ini mampu memuat banyak muatan dengan biaya yang murah. Dan merupakan kapal barang yang melayani rute jarak panjangpaling efektif dan fleksibel.

Dalam perkembangannya kapal ini juga mampu mengangkut barang-barang industri seperti bahan-bahan material dan komoditas tambang yang terletak di daerah kepulauan. Di Indonesia, kapal ini juga dimodifikasi sebagai moda transportasi untuk membantu proses hilirisasi Indonesia di lautan.

Dalam artikel ini, penulis akan menjelaskan terkait definisi dari kapal ini secara umum dan spesifik, serta perkembangan awal kapal kontainer beserta kegunaannya seiring perkembangan zaman. 

Pengertian Kapal Kontainer

Dalam pengertian secara umum, kapal jenis ini merupakan kapal yang mengangkut muatan baik manusia dan barang dalam perdagangan internasional. Kapal kontainer adalah moda transportasi laut yang bertujuan untuk mengangkut barang antar benua atau daratan yang terpisah oleh perairan.

Kapal ini memiliki ukuran yang bervariasi, mulai dari yang kecil dan sederhana hingga yang besar dan modern.  Ukuran kapal kontainer pada umumnya mencapai 500 hingga 20.000 TEU dan dapat memuat kontainer berukuran 20 hingga 40 kaki. Setiap kapal memiliki batasan untuk memuat kontainer.

Jumlah kapal pengangkut kontainer saat ini mencapai hampir 6000 unit menurut perkiraan data pelayaran dunia, yang mencapai 11 persen dari jumlah kapal secara keseluruhan yang beroperasi di dunia. Seluruh kapal jenis ini di dunia jika menjadi satu memiliki kapasitas angkut sebesar 21 juta TEU dan beroperasi dengan sistem general cargo ship.

Memainkan peran penting dalam menghubungkan komunitas dan memperlancar mobilitas barang, Kapal kontainer memungkinkan barang bergerak mudah antar pulau, membuka peluang baru untuk perdagangan internasional.

Kapal jenis ini juga membantu mengatasi hambatan geografis dan meningkatkan aksesibilitas ke daerah terpencil.

Kapal pengangku kontainer umumnya beroperasi atas nama perusahaan swasta atau pemerintah. Kapal ini memiliki jadwal keberangkatan dan kedatangan yang teratur, dan barang dapat menunggu waktu muat yang cukup lama.

Kapal jenis ini adalah pilihan transportasi yang terjangkau dan nyaman bagi banyak perusahaan, dan merupakan bagian penting dari infrastruktur transportasi di banyak negara.

Bagian Pada Kapal Kontainer

Kapal ini memiliki banyak bagian yang serbaguna dan dapat berfungsi untuk keperluan angkut kontainer maupun keperluan awak kapal. Berikut adalah bagian-bagian pada kapal pengangkut kontainer yang sering ditemui.

1. Akomodasi

Akomodasi adalah beberapa tempat yang berfungsi sebagai tempat tinggal maupun berbagai fasilitas kru lainnya. Contoh akomodasi adalah kamar awak, kabin kru, kantor, dapur, ruang publik, dan sebagainya yang berfungsi sebagai tempat penumpang.

2. Dek Kapal

Selanjutnya, dek kapal biasa disebut sebagai penutup lambung kapal atau mudahnya dapat disebut sebagai lantai. Dek ini bisa bertingkat, mulai dinamai dengan dek 1, dek 2, dek 3, dan sebagainya. Tergantung berapa tingkatan dek dalam kapalnya.

3. Lambung Kapal

Bagian berikutnya, lambung kapal merupakan bagian memanjang yang langsung bersinggungan dengan air. Lambung kapal memiliki peran penting untuk mencegah masuknya air ke dalam partisi yang bisa dilalui penumpang.

4. Keel

Apa itu keel? Keel adalah bagian-bagian kapal laut berikutnya yang berupa pemberi kekuatan untuk seluruh struktur. Keel menjalankan peranan penting untuk menopang keseluruhan partisi.

5. Freeboard

Freeboard adalah bagian dari partisi lambung yang juga turut berperan langsung dengan gesekan air laut.

6. Ruang Mesin

Ruang mesin tentunya merupakan sebuah ruangan dimana seluruh motor penggerak kapalnya berada. Partisi ini biasanya hanya bisa dimasuki oleh profesional.

7. Saluran

Saluran merupakan sebuah tempat dimana gas buangan dilepaskan ke atmosfer. Jika Anda melihat asap dari lautan maka bisa jadi itu gas buangan.

8. Jembatan Navigasi dan Prakiraan Navigasi

Jembatan navigasi merupakan otak dari keseluruhan proses pelayaran agar bisa berlangsung dengan lancar. Prakiraan dan navigasi merupakan bagian terpenting yang memakan tempat sebanyak 7% pada area dek depan.

Fungsi Kapal Kontainer dalam Pelayaran

Kapal pengangkut kontainer telah menjadi tulang punggung perdagangan internasional selama beberapa dekade terakhir. Kapal-kapal raksasa ini mengangkut berjuta-juta kontainer yang berisi berbagai macam barang setiap tahunnya, menghubungkan pelabuhan di seluruh dunia dan mendorong roda ekonomi global.

Fungsi utama kapal ini dalam perdagangan internasional adalah untuk mengangkut barang secara efisien dan ekonomis. Kapal ini mampu mengangkut besar muatan yang sangat besar dengan biaya yang relatif rendah daripada dengan moda transportasi lain seperti pesawat udara. 

Hal ini menjadikan kapal ini sebagai pilihan yang ideal untuk mengangkut barang dalam jumlah besar dalam jarak jauh.

Kapal ini telah merevolusi cara perdagangan internasional dalam dunia pelayaran. Sebelum munculnya kapal jenis kontainer, barang-barang umumnya dengan kapal kargo yang memuat ukuran dan berat yang lebih kecil, yang membutuhkan waktu lama dan biaya yang lebih tinggi. 

Kapal jenis ini telah memperpendek waktu pengiriman dan menurunkan biaya, sehingga memungkinkan perusahaan untuk menjangkau pasar baru dan meningkatkan perdagangan global.

Penggunaan kapal pengangkut kontainer telah membawa banyak manfaat bagi perdagangan internasional. Jenis kapal pengangkut kontainer telah:

  • Meningkatkan efisiensi: Kapal ini mampu mengangkut lebih banyak barang dalam satu perjalanan dengan biaya yang lebih rendah, sehingga meningkatkan efisiensi perdagangan internasional.
  • Menurunkan biaya: Biaya pengiriman barang dengan kapal jenis ini telah turun secara signifikan selama beberapa dekade terakhir, yang menguntungkan konsumen dan bisnis.
  • Meningkatkan perdagangan: Kapal ini telah memungkinkan perusahaan untuk menjangkau pasar baru dan meningkatkan perdagangan global.
  • Mempercepat globalisasi: Kapal kontainer telah memainkan peran penting dalam globalisasi ekonomi, dengan memungkinkan perusahaan untuk memproduksi barang di negara-negara dengan biaya rendah dan mengangkutnya ke seluruh dunia dengan mudah.

Meskipun demikian, kapal jenis ini juga memiliki beberapa kekurangan. Kapal ini membutuhkan infrastruktur pelabuhan yang canggih untuk bongkar muat muatan, dan dapat menyebabkan polusi dan kemacetan di pelabuhan.

Namun, secara keseluruhan, kapal kontainer adalah alat yang sangat penting untuk perdagangan internasional. Kapal pengangkut kontainer telah merevolusi cara perdagangan dan telah membawa banyak manfaat bagi ekonomi global.

Di masa depan, peran kapal kontainer dalam perdagangan internasional kemungkinan akan terus bertambah penting. Dengan pertumbuhan ekonomi global dan meningkatnya permintaan barang, ada perkiraan bahwa kapal kontainer akan terus meningkat jumlahnya dan kapasitasnya. 

Kapal kontainer juga akan terus berkembang dengan teknologi baru yang meningkatkan efisiensi dan mengurangi dampak lingkungan.

Kesimpulan

Demikian penjelasan artikel ini tentang kapal jenis ini dalam dunia pelayaran. Kapal ini adalah jenis kapal yang sangat efisien dalam mengantar barang padat dalam bentuk kontainer. Kapal ini dapat mengangkut segala jenis barang yang bisa masuk kedalam kontainer.

Kapal ini telah menjadi inovasi revolusioner dalam dunia perdagangan global. Kapal-kapal raksasa ini telah mengubah cara memuat barang, meningkatkan efisiensi, menurunkan biaya, dan mempercepat globalisasi. Kapal jenis ini telah menjadi tulang punggung perdagangan internasional, menghubungkan pelabuhan di seluruh dunia dan mendorong roda ekonomi global.

Kapal ini merupakan salah satu tonggak dan penggerak perdagangan internasional berkat kemampuannya mengirimkan puluhan hingga ratusan kontainer ke benua lainnya dengan jarak tempuh yang jauh dan medan yang sulit.

Tentu saja kapal jenis ini, perlu bahan bakar yang sesuai dengan indutri perkapalan di Indonesia  yaitu Bio Solar (B30). Sebagai supplier resmi Pertamina, bahan bakar yang kami sediakan mengunakan komposisi dengan campuran 30% biodiesel dan 70% solar. 

Jika Anda sedang mencari bahan bakar untuk kapal, segara hubungi kami lebih lanjut. 

Tags:

Artikel Terbaru

Butuh Informasi Lebih Lanjut?

Apabila anda tertarik dengan penawaran kami, konsultasikan segera kebutuhan anda dengan menghubungi kontak kami untuk mendapatkan informasi lebih detail terkait produk perusahaan.