Gearbox Kapal: Definisi, Komponen, Jenis, & Cara Kerjanya

Bagikan:
Gearbox kapal adalah salah satu komponen yang berfungsi untuk menggerakan serta mengubah kecepatan kapal saat berlayar.
Gearbox kapal
Daftar Isi

Pernahkah Anda mendengar istilah gearbox pada kendaraan? Mungkin istilah ini masih cukup asing ya bagi kita, kecuali bagi mereka yang bekerja di industri transportasi pasti sudah sering mendengarnya.

Kendati demikian, Anda sebagai pengguna kendaraan juga harus bisa memahami istilah tersebut, terutama di industri perkapalan. Istilah gearbox diartikan sebagai sistem transmisi mesin.

Sementara itu, gearbox kapal mempunyai peranan penting untuk mengatur kecepatan gerak dan torsi pada perputaran mesin kapal. Dengan kata lain, gearbox menjadi salah satu peralatan penting dalam industri kapal.

Bagaimana tidak, fungsi gearbox kapal adalah untuk mengubah kecepatan putaran mesin menjadi kecepatan lebih rendah dan besar pada torsi propeller kapal.

Masih penasaran dengan arti lengkapnya dari gearbox kapal? Tenang saja, kami akan memberikan informasi detail yang mudah Anda pahami!

Yuk, simak pembahasannya di bawah ini, ya!

Pengertian Gearbox Kapal

Secara sederhana, gearbox adalah kotak yang berisi sistem pemindah tenaga atau transmisi gear. Fungsi utama gearbox adalah guna memindahkan daya atau tenaga mesin menuju bagian mesin lainnya.

Dengan begitu, unit tersebut bisa menggerakkan kendaraan sebagaimana mestinya, baik berputar maupun bergeser.

Sama halnya jika digunakan pada kapal, yang mana gearbox menjadi salah satu komponen dengan peranan sangat penting dan vital. Ya, gearbox kapal adalah komponen untuk memindahkan maupun mengubah tenaga motor yang berputar menjadi gerakan feeding oleh pemutar spindel mesin.

Tidak hanya itu saja, gearbox di dalam kapal ini juga dapat membantu untuk mengatur kecepatan gerak dan torsi. Bahkan, komponen ini bisa juga digunakan untuk mengatur perputaran balik kapal.

Dengan kata lain, fungsi utama gearbox kapal adalah membantu untuk memajukan maupun memundurkan kapal saat sedang berlayar.

Komponen Gearbox Kapal

Komponen Gearbox pada Kapal
Komponen Gearbox pada Kapal

Demi menjalankan fungsinya dengan baik dan sebagaimana mestinya, gearbox pada kapal sudah dilengkapi dengan berbagai komponen penting di dalamnya.

Setiap komponen, mempunyai fungsi dan peranannya masing-masing untuk menjalankan gearbox di dalam kapal. Tentu, ini juga dapat mempengaruhi kinerja mesin kapal.

Lantas, apa saja komponen gearbox kapal? Berikut penjelasannya.

1. Frame Gearbox

Komponen pertama adalah frame gearbox yang menjadi rumah utama dari gearbox pada kapal. Sebagai rumah, bagian frame ini berbentuk kotak penutup yang mengelilingi gearbox untuk melindungi komponen lainnya.

Kemudian, material atau bahan yang digunakan dalam proses pembuatan bagian frame gearbox adalah yang tidak mudah terbakar.

2. Paking Gearbox

Kedua, ada paking gearbox yang mana menjadi komponen untuk menahan oli di dalam gearbox agar tidak mengalami kebocoran.

3. Input Shaft Cover

Selanjutnya, putaran dari motor penggerak mesin akan diteruskan melalui komponen input shaft cover. Dalam hal ini, input shaft cover akan menerima output dari unit kopling.

Setelah itu, gaya dari clutch kopling akan diteruskan menuju bagian Main Shaft atau poros utama, sehingga putaran bisa langsung diteruskan ke gear.

4. Sun Gear

Komponen sun gear atau gigi matahari memiliki fungsi untuk meneruskan putaran mesin ke bagian planetary gear section. 

Selain itu, sun gear berhubungan langsung dengan gear pada unit gigi planetary yang mana akan diteruskan menuju putaran, momen, dan transmisi.

5. Transmission Gear

Komponen di dalam gearbox pada kapal dilengkapi dengan roda gigi transmisi atau transmission gear. Fungsi dari komponen ini adalah untuk mengubah input dari motor penggerak menjadi output berupa gaya torsi.

6. Bearing

Berikutnya, ada bearing yang berfungsi untuk menjaga kerenggangan pada shaft atau poros. Tujuannya, agar semua komponen di dalam transmisi tidak kaget pada saat mesin bekerja, sehingga tenaga yang dikeluarkan bisa lebih halus.

7. Worm Wheel

Bagian worm wheel mempunyai fungsi untuk meneruskan putaran mesin dari input shaft sebelumnya menuju ke dalam output shaft.

8. Worm Shaft

Sementara itu, komponen worm shaft berfungsi untuk meneruskan putaran mesin dari bagian worm well menuju ke dalam output shaft pada gearbox.

9. Oil Seal

Selanjutnya, bagian oil seal mempunyai fungsi sebagai pelindung gas dan fluida di dalam mesin kapal. Dengan kata lain, bagian ini menjadi penahan agar oli tidak bocor dari poros.

10. Oil Pump

Komponen terakhir adalah oil pump yang mana berfungsi untuk memindahkan oli dari transmission case menuju ke sistem transmisi.

Tujuannya adalah untuk melumasi semua komponen yang ada di dalam sistem transmisi secara keseluruhan, sehingga mesin bisa berjalan dengan baik.

Baca Juga: Oil Water Separator (OWS)

Jenis Gearbox Kapal

Jika sebelumnya sudah dijelaskan mengenai apa saja komponen gearbox pada kapal, maka saatnya untuk dibahas perihal apa saja jenis yang biasa digunakan.

Anda tidak perlu penasaran dan khawatir, karena kami akan memberikan penjelasan jenis gearbox kapal di bawah ini.

1. Marine Reduction Gearbox

Pertama, jenis yang sering digunakan untuk kapal laut adalah Marine Reduction Gearbox. Umumnya, jenis ini biasa digunakan oleh kapal dengan mesin diesel.

Cara kerja Marine Reduction Gearbox adalah dengan mengubah kecepatan putaran mesin menjadi kecepatan rendah dan besar pada torsi propeller di dalam kapal.

Jenis gearbox ini juga sudah dibekali dengan sebuah sistem pendingin yang mana fungsinya adalah untuk menjaga suhu agar tidak terlalu panas.

2. Reversing Gearbox

Jenis kedua adalah Reversing Gearbox yang mana seringkali digunakan untuk kapal yang membutuhkan pergerakan maju dan mundur, seperti kapal feri.

Sebab, gearbox ini bisa membantu untuk mengubah arah putaran mesin, sehingga kapal bisa bergerak maju dan mundur.

3. Controllable Pitch Propeller Gearbox

Selanjutnya, ada jenis Controllable Pitch Propeller Gearbox yang mana sering digunakan oleh kapal besar karena membutuhkan kecepatan dan torsi yang variatif.

Jenis gearbox ini juga mampu mengatur sudut blade propeller, sehingga bisa menghasilkan kecepatan dan torsi yang diinginkan.

4. Reduction Gearbox with Clutch

Jenis gearbox berikutnya adalah Reduction Gearbox with Clutch dan lebih sering digunakan oleh kapal dengan mesin diesel dan membutuhkan pergerakan maju maupun mundur.

Ya, gearbox jenis ini sudah dilengkapi kopling yang memungkinkan kapal bisa bergerak maju dan mundur lebih mudah.

5. Planetary Gearbox

Terakhir, ada jenis Planetary Gearbox yang biasa digunakan untuk sistem rem dan kendali mesin kapal laut. Melalui sistem rem ini, Planetary Gearbox berfungsi untuk memperkuat daya henti dan memperlambat laju kapal.

Sementara itu, untuk sistem kendali mesin, jenis gearbox ini berfungsi untuk mengatur putaran mesin yang dihasilkan dari turbin atau generator listrik.

Cara Kerja Gearbox Kapal

Sudah cukup tahu dan paham tentang gearbox pada kapal kan, ya? Tentu, sudah dong! Namun, masih ada satu aspek penting lagi yang harus Anda ketahui, loh.

Apa itu? Ya, ini mengenai sistem kerja gearbox kapal agar Anda paham mengenai alur kerjanya, sehingga tidak salah persepsi atau lain sebagainya.

Perlu Anda ketahui terlebih dahulu, jika gearbox pada kapal akan bekerja sesuai dengan alur tertentu. Propeller sebagai sistem penggerak kapal akan berkaitan dengan perputaran poros yang dihasilkan oleh main engine dan hanya berputar satu arah saja.

Meskipun arah perputaran tersebut hanya satu arah, namun bukan berarti tidak bisa dirubah. Dalam hal inilah, dibutuhkan peralatan atau komponen yang bisa mentransmisi arah perputaran dan alat ini biasa disebut dengan gearbox pada kapal.

Artinya, gearbox tersebut dapat membantu untuk mengubah arah pada kapal. Selain itu, komponen gearbox ini juga bisa digunakan untuk merubah kecepatan pada kapal.

Gearbox nantinya dipasang sebagai penghubung antara poros engkol main engine dengan poros propeller-nya. 

Kemudian, sistem transmisi pada kapal akan mengeluarkan daya dari mesin utama yang berfungsi untuk menggerakkan kapal sesuai kebutuhan.

Agar daya dari mesin bisa dipindahkan, maka sistem transmisi pada kapal berupa komponen gearbox akan berfungsi dengan baik dan sebagaimana mestinya.

Demikianlah pembahasan mengenai apa itu gearbox kapal beserta dengan komponen, jenis, dan cara kerjanya.

Apabila ditarik kesimpulan, gearbox kapal adalah komponen yang mempunyai peranan cukup vital dan penting bagi kapal. 

Bagaimana tidak, komponen ini mempunyai beragam fungsi yang mana salah satunya adalah bisa digunakan untuk memutar arah kapal serta memajukan dan memundurkan kapal.

Kendati demikian, kapal tidak akan berfungsi dengan baik apabila tidak diberikan bahan bakar. Hal ini dikarenakan bahan bakar adalah aspek penting dalam sebuah kendaraan, terutama kapal.

Sebab, bahan bakar memiliki fungsi untuk menggerakkan mesin kapal agar bisa berlayar. Maka dari itu, agar kapal bisa berlayar, gunakan bahan bakar Bio Solar (B30) yang diklaim lebih ramah lingkungan karena terbuat dari campuran 30% biodiesel dan 70% solar.

Tertarik menggunakannya? Tenang, tidak perlu khawatir karena Solar Industri menyediakan produk Bio Solar (B30) dengan harga yang sangat terjangkau.Tunggu apalagi? Yuk, hubungi kami sekarang dan konsultasikan semua kebutuhan industri Anda!

Tags:

Artikel Terbaru

Butuh Informasi Lebih Lanjut?

Apabila anda tertarik dengan penawaran kami, konsultasikan segera kebutuhan anda dengan menghubungi kontak kami untuk mendapatkan informasi lebih detail terkait produk perusahaan.