10+ Cara Mengatasi Polusi Udara, Yuk Lakukan Pencegahan!

Bagikan :
Ada berbagai cara mengatasi polusi udara yang dapat dilakukan, seperti menggunakan bahan bakar ramah lingkungan & mengurangi konsumsi daging.
cara mengatasi polusi udara di perkotaan yang terkena asap pabrik dan polusi kendaraan
Daftar Isi

Sudah menjadi rahasia umum bahwa ibu kota negara Indonesia yaitu Jakarta memiliki tingkat kualitas udara yang buruk. Namun, tak hanya Jakarta, kota-kota besar lainnya pun tidak jauh berbeda. Oleh karena itu, Anda perlu tahu apa saja cara mengatasi polusi udara yang dapat dilakukan.

Melansir dari situs aqi.in, konsentrasi udara di Jakarta adalah 3,3 kali di atas batas yang direkomendasikan oleh nilai pedoman kualitas udara WHO. Presentase terbesut menunjukan tingkat buruknya kualitas udara yang diakibatkan oleh polusi.

Polusi udara adalah masalah global yang signifikan yang memengaruhi masyarakat di seluruh dunia. Polusi terjadi ketika substansi berbahaya seperti partikel kecil, gas beracun, dan zat kimia lainnya tercampur dengan udara yang kita hirup. 

Sumber-sumber polusi udara meliputi kendaraan bermotor, industri, pembakaran bahan bakar fosil, pertanian, dan berbagai kegiatan manusia lainnya. Untuk mengatasi polusi udara, diperlukan tindakan yang kuat dari individu, masyarakat, dan pemerintah.

Pada artikel berikut, kita akan membahas tentang bagaimana cara mengatasi polusi udara yang dapat dilakukan. Yuk, simak selengkapnya!

11 Cara Mengatasi Polusi Udara yang Dapat Dilakukan

Untuk menanggulangi polusi udara yang semakin hari semakin memburuk, dibutuhkan cara untuk mengatasinya. Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membantu mengurangi polusi udara adalah sebagai berikut.

1. Mengurangi Penggunaan Kendaraan Bermotor

Melansir dari situs gaikindo, jumlah penggunaan kendraan bermotor sampai Februari 2023 mencapai kurang lebih 153 unit. Jumlah tersebut sangatlah tinggi bisa kita lihat dari tingkat kepadatan lalu lintas saat ini. Terlebih pada kota-kota besar di mana kemacetan merjalela dan sulit ditanggulangi sampai saat ini.

Penggunaan kendaraan bermotor ini merupakan salah satu penyumbang polusi udara terbesar saat ini. Mengingat bahwa kendaaraan bermotor menghasilkan oksida nitrogen yang merupakan polutan berbahaya untuk kesehatan. Oleh karena itu, salah satu cara mengatasi polusi udara perkotaan adalah dengan menggunakan transportai umum.

Penggunaan transportasi umum selain dapat mengurangi polusi udara juga dapat menghemat biaya dan waktu yang terbuang sia-sia karena kemacetan. Selain menggunakan transportasi umum, Anda juga bisa menggunakan alat transportasi ramah lingkungan lainnya seperti sepeda, sepeda listrik, dan scooter.

2. Menghemat Energi

Penelitian menunjukkan bahwa bahan bakar fosil yang digunakan untuk memproduksi energi menimbulkan polutan yang berbahaya bagi kesehatan. Beberapa polutan yang ditimbulkan antara lain Karbon dioksida, nitrogen oksida, dan sulfur oksida.

Untuk menanggulangi hal tersebut, Anda bisa memulai dengan melakukan penghematan energi dengan menggunakan energi listrik seperlunya. Seperti contoh, mematikan lampu saat tidak digunakan, memakai air yang seperlunya saja, dan menggunakan AC sesuai dengan kebutuhan.

Selain itu, Anda juga bisa beralih ke sumber energi bersih seperti energi surya dan angin dapat membantu mengurangi polusi udara yang disebabkan oleh pembangkit listrik berbahan bakar fosil

3. Menggunakan Produk yang Berkelanjutan

Menurut International Journal of Science, disebutkan bahwa negara-negara yang memproduksi barang cenderung murah memiliki persentase tingkat kematian dini sebesar 22% karena disebabkan oleh polusi udara.

Hal ini karena beberapa negara yang memproduksi barang dengan harga cenderung murah tidak memiliki standar ambang udara, sehingga secara tidak langsung berkontribusi pada bertambahnya polusi udara dunia. Dari sini, dapat kita simpulkan bahwa pola konsumsi terhadap suatu barang juga memengaruhi tingkat polusi udara secara global.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan bahan bakar untuk kendaraan yang ramah lingkungan sebagai salah satu cara mengatasi polusi udara akibat kendaraan bermotor, seperti contohnya Biosolar B30. Bahan bakar ini merupakan energi baru terbarukan yang dapat membantu mengurangi emisi gas rumah kaca.

Baca Juga: Mengenal BBM (Bahan Bakar Minyak) dan 10 Jenisnya

4. Menggunakan Produk Daur Ulang

Setiap tahapan proses produksi mulai dari pre-produksi, proses produksi itu sendiri, dan setelah produksi menghasilkan polutan. Polutan-polutan yang mencemari udara seperti emisi, bahan kimia gas, dan polutan juga berbahaya bagi kesehatan.

Dengan demikian, diperlukan cara mengurangi polusi udara tersebut dengan menggunakan produk daur ulang. Pemanfaatan barang-barang daur ulang dengan cara yang baik selain dapat mengurangi polusi juga bisa dijual kembali untuk menambah pendapatan.

5. Melakukan Penanaman Pohon

Peneliti dari University of Southampton menyebutkan bahwa pohon bisa menyerap 850 sampai 2000 ton partikel berbahaya yang berada di udara perkotaan per tahunnya. Oleh karena itu, upaya penanaman pohon secara berkala dapat menjadi salah satu cara mengurangi polusi udara.

Pohon berperan dalam pembersihan udara dari polutan berbahaya dan menghasilkan oksigen untuk proses pernafasan. Selain itu, pohon juga berguna untuk menurunkan kadar monoksida, benzena, sulfur, notrigen dioksida, dan lain sebagainya.

6. Membeli Produk Lokal dan Organik

Cara mengatasi polusi udara selanjutnya adalah membeli produk organik daripada konvensional. Pasalnya, industri konvensional merupakan produsen amonia dan nitro oksida.

Industri tersebut dapat menghasilkan metana dan gas rumah kaca dengan konsentrasi tinggi. Jika kedua polutan ini menyatu, maka akan menghasilkan partikel halus yang dapat membahayakan kesehatan dengan merusak sistem pernafasan.

Selain itu, alangkah lebih baik jika Anda menggunakan produk lokal. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir emisi dari kendaraan dan energi yang digunakan saat proses produksi dan pengiriman produk.

7. Membiasakan Diri Berjalan Kaki

Cara mengurangi polusi udara di perkotaan lainnya adalah dengan berjalan. Kebanyakan kota memiliki lingkungan yang ramah pejalan kaki dengan fasilitas untuk pejalan kaki yang memadai.

Selain mengurangi polusi udara, berjalan juga dapat bermanfaat bagi kesehatan. Beberapa manfaatnya antara lain mengontrol gula darah, memelihara kesehatan sendiri, dan menjaga kesehatan jantung.

8. Mengurangi Makan Daging

Langkah berikutnya yang dapat Anda lakukan sebagai cara mengatasi polusi udara adalah mengurangi konsumsi daging. Melansir dari situs context.id, konsumsi daging bisa menyebabkan gas rumah kaca seperti karbondioksida, metana, dan dinitrogen dioksida terlepas dan berdampak terhadap global warming. Emisi gas rumah kaca dihasilkan dari berbagai proses produksi daging mulai dari peternakan hingga konsumsi.

9. Mengurangi Penggunaan Kantong Plastik

Plastik merupakan salah satu jenis material yang sulit terurai. Dibutuhkan waktu yang relatif lama mulai 10 hingga 1000 tahun di tanah. Material ini sulit terurai karena memiliki bahan dasar minyak.

Oleh karena itu, salah satu cara mengatasi polusi udara adalah menggunakan material berbahan dasar kain seperti totebag, sehingga Anda bisa mengurangi penggunaan kantong plastik dan berkontribusi terhadap kelestarian lingkungan.

10. Membangun Taman

Cara mengatasi polusi udara berikutnya yang dapat dilakukan adalah dengan membuat taman kecil-kecilan di teras rumah. Sekilas langah ini memang terlihat tidak berpengaruh, tetapi sebenarnya dari langkah kecil inilah tercipta impact yang besar. Dengan membangun taman sendiri, Anda bisa berkontribusi dalam mengurangi polusi produksi sayur dan buah.

11. Peningkatan Kesadaran Masyarakat

Saat ini, masih banyak masyarakat yang kurang peduli terhadap lingkungan. Oleh karena itu, pendidikan mengenai pentingnya kepedulian akan lingkungan perlu untuk dibangun dan ditingkatkan. Edukasi dan kampanye kesadaran dapat menggerakkan orang untuk berperan aktif dalam mengatasi masalah ini.

Baca Juga: Alat Transportasi Darat serta Penjelasan & Contoh Gambarnya

Itulah beberapa cara mengatasi polusi udara yang dapat Anda lakukan. Polusi udara adalah masalah serius yang memerlukan tindakan segera dan berkelanjutan. Dengan berbagai cara yang telah disebutkan di atas, kita dapat membantu mengurangi polusi udara dan menjaga udara bersih bagi generasi mendatang. 

Nah, salah satu cara mengatasi polusi udara yang telah disebutkan sebelumnya adalah menggunakan bahan bakar ramah lingkungan, seperti Biosolar B30. Jika Anda membutuhkan Biosolar B30 untuk keperluan industri, Solar Industri dapat menjadi solusinya!

Solar Industri merupakan supplier resmi Pertamina yang menyediakan Bio Solar B30 non-subsidi untuk keperluan perusahaan Anda. Yuk, kunjungi website kami untuk informasi selengkapnya!

Tags:

Artikel Terbaru

Butuh Informasi Lebih Lanjut?

Apabila anda tertarik dengan penawaran kami, konsultasikan segera kebutuhan anda dengan menghubungi kontak kami untuk mendapatkan informasi lebih detail terkait produk perusahaan.