Ketahui Kegunaan Biosolar B35 Hingga Perbedaannya dengan B30

Bagikan :
Biosolar B35 merupakan campuran dari 35% bahan bakar nabati (BBN) berbahan dan fatty acid methyl ester (FAME) sebesar 65% yang fokusnya adalah mengurangi jumlah impor dan meningkatkan devisa negara.
Biosolar B35
Daftar Isi

Biosolar b35 merupakan salah satu terobosan baru dalam bidang penghasil energi yang ramai dibicarakan pada awal 2023 ini. 

Digadang-gadang menjadi solusi tepat dalam mengurangi impor minyak dan meningkatkan devisa negara, jenis b35 mendapat banyak perhatian dari masyarakat.

Dalam artikel ini kita akan mengulas pengertian biosolar b35, mengapa jenis ini muncul, kegunaan, hingga kelebihannya.

Apa Itu Biosolar B35

B35 menjadi topik hangat yang dibicarakan terutama pada bulan Januari 2023. Pasalnya informasi menyatakan bahwa pemerintah resmi mencanangkan penggunaan biodiesel B35 mulai 1 Februari 2023 

Umumnya, B35 merupakan campuran dari bahan bakar nabati (BBN) berbahan dasar minyak sawit dan fatty acid methyl ester (FAME). B35 adalah campuran 35 persen minyak sawit dan 65 persen solar. 

Tujuan dari program peluncuran ini adalah untuk meningkatkan pasokan supply energi secara berkelanjutan. Selain itu, keberadaannya juga sebagai upaya untuk menekan impor solar di tengah situasi global yang terancam krisis. Sehingga ketergantungan akan solar dapat dikurangi.

Baca Juga: Mengenal Reaksi Esterifikasi, Proses & Uji Kualitas Biodiesel

Perbedaan Biosolar B35 dan B30

Sebelum mencapai terciptanya bahan bakar yang satu ini, pengembangan campuran antara solar dan minyak nabati telah dimulai sejak beberapa tahun yang lalu. Jenis terakhir sebelum b35 adalah jenis b30.

Tentu jika diperhatikan dari segi angka, perbedaan yang paling menonjol adalah jumlah campuran bahan nabati yang ada di dalamnya. maka b35 lebih unggul 5 persen dalam kandungan nabati.

Perbedaan Biosolar B35 dan B30 selanjutnya terletak pada tanggal peresmian. B30 dirilis lebih dulu pada januari tahun 2020 lalu. Kemudian setelah pengaplikasian B30 pada industri dan rumah tangga, perbaikan dan pengembangan dilakukan untuk menghasilkan jenis B35 yang dirilis 3 tahun kemudian.

Dalam implementasi biodiesel B30 yang diharapkan mencapai 9,3 juta kilo liter maka estimasi devisa yang bisa dipotong adalah sejumlah 66,54 triliun rupiah. Sedangkan B35 diharapkan mencapai penyaluran lebih dari 13,15 juta KL, serta mampu menghemat devisa sekitar 161 triliun. Tentu jumlah ini jauh lebih besar dari jenis terdahulunya. Selain itu program implementasi B35 juga digadang-gadang bisa memanfaatkan tenaga kerja sebanyak 1.653.974 orang dan mewujudkan pengurangan emisi Gas Rumah Kaca sekitar 34,9 juta ton CO2e.

Baca Juga : CPO Adalah Minyak Nabati Unggulan untuk Biodiesel, Kenali Lebih Dalam

Kegunaan Biosolar B35

Kegunaan Bio Solar
(Photo: Pinterest)

Kegunaan biosolar b35 dapat ditemukan di hampir seluruh penggunaannya dalam berbagai kendaraan diesel. Berikut adalah beberapa kegunaan biosolar b35 yang telah kami rangkum:

1. Detox Mesin Kendaraan

Tahukah Anda bahwa salah satu karakteristik B35 adalah memiliki unsur FAME serta bersifat detergency yang artinya mampu membersihkan mesin kendaraan diesel Anda lebih baik daripada jika menggunakan BBM.

Tentu kelebihan biosolar B35 ini bisa Anda manfaatkan untuk pemeliharaan kendaraan dan memperpanjang usia pemakaiannya dengan bahan bakar yang tepat.

2. Opsi Peduli Lingkungan

Kegunaan biosolar b35 yang utama adalah menjadi opsi serta alternatif peduli lingkungan dengan mengurangi emisi karbon pada lingkungan.

Tidak perlu khawatir karena belum mampu membeli kendaraan ramah lingkungan. Karena Anda juga mampu memulai langkah melindungi lingkungan dengan penggunaan b35.

Baca Juga : Mengenal Berbagai Macam dan Manfaat Biofuel

Kelebihan Biosolar B35

Sebelum diluncurkan, biosolar ini telah melalui beberapa tahap pengujian yang tidak dilaksanakan dalam waktu singkat.

Berdasarkan kegiatan penelitian dan uji kelayakan yang dilangsungkan sejak Juli 2022 hingga akhir Desember 2022, hasil menunjukkan bahwa secara umum B35 memberikan gambaran performa yang baik. 

Selain itu, keputusan penerapan B35 pada tahun 2023 juga telah mempertimbangkan kesiapan baik dari Badan Usaha Bahan Bakar Nabati (BU BBN) dan juga BU BBM, baik dari aspek jumlah pasokan, distribusi biosolar, hingga infrastruktur penunjang. Sehingga tidak perlu khawatir lagi dengan keamanan dan kredibilitas dari jenis campuran nabati dan solar yang satu ini. 

Menggunakan biodiesel memiliki banyak keuntungan yang tidak dapat dilewatkan. Kelebihan biosolar b35 yang pertama adalah bahan bakar ini berasal dari sumber daya terbarukan. Bahan ini dapat dibudidayakan dan dapat mengurangi ketergantungan terhadap minyak.

Kelebihan biosolar B35 lainnya adalah dapat mengurangi emisi knalpot, termasuk emisi jelaga dan knalpot. Sebuah studi oleh Badan Perlindungan Lingkungan (EPA), menunjukkan bahwa biodiesel memancarkan karbon dioksida 11 persen lebih sedikit dari partikel dan 10 persen lebih sedikit dari solar.

Sebuah studi yang dilakukan Departemen Energi dan Pertanian AS (AS) menemukan bahwa bahan bakar jenis ini mampu mengurangi emisi karbon bersih sebesar 78%. Dimana hal ini menjadi permasalahan kita selama.

Tags:

Artikel Terbaru

Butuh Informasi Lebih Lanjut?

Apabila anda tertarik dengan penawaran kami, konsultasikan segera kebutuhan anda dengan menghubungi kontak kami untuk mendapatkan informasi lebih detail terkait produk perusahaan.