Mengenal Berat Jenis Minyak Beserta Informasi Lainnya

Bagikan :
Berat jenis adalah rasio bobot suatu zat terhadap bobot zat baku yang volumenya sama pada suhu yang sama dan tertulis dalam desimal. Cara mengukur berat jenis bisa dengan piknometer, Mohr-Westphal, dan hidromedes.
bobot jenis
Daftar Isi

Pada proses uji kualitas minyak goreng atau CPO, salah satu parameternya adalah berat jenis. Namun parameter tersebut juga berguna untuk uji kualitas pada beberapa produk lainnya. Mengapa demikian? Pengujian ini memang penting untuk sebuah produk sebelum produk tersebut berada di tangan konsumen.

Pada pembahasan kali ini kalian akan memahami satu persatu mengenai seluk beluk berat jenis? Manfaat pengujiannya? Serta bagaimana prosedur pengujiannya? Simak terus ya!

Pengertian Berat Jenis

Berat jenis adalah ukuran kerapatan relatif terhadap kerapatan suatu bahan referensi. Bahan rujukan atau referensi bisa berupa apa saja, tetapi rujukan yang paling umum adalah air murni. Jika suatu material memiliki nilai kurang dari 1, maka akan mengapung di atas air.

Berat jenis adalah rasio bobot suatu zat terhadap bobot zat baku yang volumenya sama pada suhu yang sama dan bentuknya dalam desimal. Prinsip penggunaan parameter ini adalah menggunakan alat yang bernama piknometer. Piknometer memiliki prinsip kerja seperti hukum archimedes yaitu membandingkan nilai massa piknometer pada saat kosong dan pada saat berisi air dan kaca. 

Tujuan uji perlakuan ini yaitu untuk menghitung nilai viskositas dari sediaan, karena parameter ini merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi viskositas minyak

Rumus Berat Jenis

Perhitungannya secara sederhana menggunakan piknometer. Satuan berat jenis adalah g/mL. Berikut adalah rumusnya yang wajib Anda ketahui sebagai berikut:

bobot berat jenis
Rumus Berat Jenis © Dokumen Pribadi

Perbedaan Massa Jenis dan Berat Jenis

Baik massa jenis (Density) maupun berat jenis (Specific Gravity) menggambarkan keadaan suatu massa zat dan berfungsi sebagai pembanding berbagai macam zat. Namun, tetap saja mereka bukanlah suatu yang sama. 

Berat jenis adalah tingkat kerapatan terhadap kerapatan suatu standar atau referensi (biasanya air). Sedangkan massa jenis merupakan perbandingan massa dengan volume (kerapatan).

Baca juga: Memahami Rumus Massa Jenis, Alat Ukur & Penerapannya

Manfaat Uji Evaluasi

Penjagaan mutu atau kualitas produk adalah tanggung jawab seorang QC (Quality Control). Ini adalah salah satu metode analisa kuantitatif minyak yang berperan vital. Mengapa demikian? 

Bagus tidaknya sampel minyak salah satunya adalah viskositas atau kekentalannya. Hasil yang bagus dan sesuai dengan nilai normal akan berdampak baik pula pada viskositas dalam mengetahui kemurnian minyak tersebut.

Prosedur Pengukuran

Prosedur ini bobot ada beragam tergantung metode yang ada. Cara menentukannya ada beberapa cara antara lain menggunakan piknometer, Mohr-Westphal, hidrometer dan sebagainya. Alat yang sesuai dengan hukum archimedes adalah piknometer. 

Alat ini cocok untuk mengukur zat semifluida. Prosedur ini paling sering untuk pengujian minyak atau sampel sederhana adalah cara piknometer. Berikut adalah cara menentukan paramater ini menggunakan sampel minyak yang perlu Anda ketahui.

  1. Piknometer dibersihkan dan ditimbang untuk diketahui berat kosongnya. 
  2. Piknometer kemudian diisi dengan minyak bersuhu . Pengisian dilakukan sampai minyak dalam botol meluap dan tidak ada gelembung udara di dalamnya. 
  3. Setelah ditutup, botol direndam dalam bak air yang bersuhu 25°C selama 30 menit. 
  4. Botol kemudian diangkat dari bak dan dikeringkan dengan kertas pengisap. 
  5. Kemudian ditimbang berat botol dan isinya. 
  6. Selanjutnya, untuk mengetahui berat jenis sampel minyak, seperti halnya air, digunakan pula piknometer. 

Kesalahan Umum Penggunaan Piknometer

Kesalahan umum menggunakan piknometer antara lain pertama adalah pengambilan piknometer setelah penimbangan tidak menggunakan sarung tangan atau tissue. Mengapa harus ada pelindung? Karena telapak kita sedikit banyak mengandung air atau kotoran yang akan berdampak pada kenaikan massa piknometer. Padahal pengukuran ini harus akurat, salah penimbangan sedikit saja maka hasilnya tidak sesuai.

Yang kedua adalah saat penutupan tutup piknometer, lakukan secara hati-hati ketika hendal menutup lubang piknometer, menutupnya secara ceroboh akan membentuk gelembung udara di dalam piknometer. Jika ada gelembung maka, akan lakukan pengujian ulang.

Kesimpulan

  1. Berat jenis adalah rasio bobot suatu zat terhadap bobot zat baku yang volumenya sama pada suhu yang sama dan bentuknya dalam desimal.
  2. Parameter ini bisa diuji dengan beberapa metode pengujian. Namun, yang paling sering adalah menggunakan piknometer.
  3. Prosedur perlakuan pengukuran tersebut menggunakan piknometer ada beberapa langkah. Ikuti satu persatu secara berurutan agar mendapatkan nilai yang akurat.
  4. Beberapa kesalahan umum perlu diperhatikan saat penggunaan piknometer, seperti adanya gelembung udara dan pemegangan alat tidak menggunakan perantara.

Nah, itulah pembahasan mengenai berat jenis yang perlu Anda ketahui. Sampai jumpa di artikel berikutnya!

Solar industri menyediakan berbagai kebutuhan untuk pembelian biosolar B30, marine fuel oil, dan pembuatan tangki solar dengan berbagai ukuran. Cek harga dan penawaran pada halaman produk berikut.

Tags:

Berita Terpopuler

Butuh Informasi Lebih Lanjut?

Apabila anda tertarik dengan penawaran kami, konsultasikan segera kebutuhan anda dengan menghubungi kontak kami untuk mendapatkan informasi lebih detail terkait produk perusahaan.