Mengenal Bahan Bakar Hidrogen sebagai Eco-Energy Potensial Masa Depan

Bagikan :
Bahan bakar hidrogen adalah bahan bakar yang memiliki potensi sebagai pembangkit listrik menggunakan suatu unit hydrogen fuel cell. Manfaat bahan bakar hidrogen paling besar adalah sebagai ecoenergy yang ramah lingkungan. Bahan bakar ini tidak memiliki emisi, ketahanan energi yang baik, tingkat efisiensi yang besar, dan skalabel.
bahan bakar hidrogen
Daftar Isi

Berbagai upaya yang dilakukan pemerintah untuk menciptakan generasi yang ramah lingkungan semakin nyata. Penerapan berbagai cara seperti pengembangan bioenergi, biodiesel, hingga bahan bakar hidrogen menjadi inovasi berharga demi terjaminnya kehidupan di masa mendatang.

Berikut adalah pembahasan mengenai bahan bakar hidrogen mulai dari pengertian, manfaatnya dan proses penerapannya demi keberlangsungan hidup manusia. Simak ya!

Apa Itu Bahan Bakar Hidrogen

BBH atau Bahan Bakar Hidrogen adalah bahan bakar tanpa emisi yang mempunyai potensi sebagai pembangkit listrik dengan oksigen dengan menggunakan suatu unit hydrogen fuel cell. Perannya sebagai bahan bakar alternatif secara tidak langsung mendukung pencegahan pemanasan global.

Sesuai dengan namanya, fuel cell tersebut memiliki kandungan hidrogen sebagai substitusi penggunaan minyak bumi. Hidrogen adalah unsur melimpah yang terdapat di bumi dengan persentase kurang lebih 75% dari totall unsur di alam semesta. Senyawa hidrogen dapat terbentuk dari air melalui proses elektrolisis. Karakteristik gas hidrogen antara lain sangat mudah terbakar pada konsentrasi tertentu di udara bebas. 

Unsur hidrogen tersebut merupakan suatu unsur kimia yang keberadaanya dalam tabel periodik memiliki simbol H dan nomor atomnya 1. Pada kondisi normal, ia merupakan senyawa tidak berwarna, tidak berbau, bervalensi tunggal dan memiliki massa atom sebesar 1,00794.

Manfaat Bahan Bakar Hidrogen

manfaat bahan bakar hidrogen
Manfaat Bahan Bakar Hidrogen © Unsplash.com

Setelah mengetahui definisinya, berikut adalah manfaat hydrogen fuel cell terbagi menjadi empat, antara lain:

1. Bahan Bakar Tanpa Emisi

Manfaat bahan bakar hidrogen yang pertama tidak menghasilkan emisi berbahaya, karena memang tidak memiliki karakteristik yang mengancam nyawa. Penggunaan senyawa ini tidak perlu memikirkan biaya terkait penanganan dan penyimpan zat beracun. 

Sebagai bahan bakar, ia menghasilkan produk sampingan berupa panas dan air (H₂O). Beberapa perusahaan menggunakannya sebagai agenda perencanaan berkelanjutan. 

2. Ketahanan Energi

Manfaat bahan bakar hidrogen yang kedua adalah penggunaan bahan bakar hidrogen adalah suatu bentuk ketahanan energi sebuah negara. Manfaatnya sebagai energi terbarukan karena memang sifatnya yang renewable dan berkesinambungan. Berbeda halnya dengan energi fosil yang tidak mampu diperbarui serta kuantitasnya yang semakin lama semakin menipis.

3. Bahan Bakar Efisiensi Tinggi

Efisiensi energi sel bisa mencapai 40%  hingga 60%. Berbeda dengan bahan bakar fosil yang hanya 25%. Hidrogen membentuk 75% massa kosmis dari semua molekul kosmis. BBH memiliki emisi berupa air sehingga menjadikan ia efisien dan tidak menghasilkan efek rumah kaca. Dengan begitu, pemanasan global bisa teratasi dengan baik

4. Bahan Bakar Skalibilitas Tinggi

Sumber daya ini diharapkan mampu memenuhi kebutuhan daya sesuai dengan permintaan. Manfaatnya yang lebih dekat dengan objek atau pengguna menjadikannya ketersediaan yang berpeluang memenuhi kebutuhan. Namun, manfaat penting yaitu skalabilitas dan penghematan biaya saat pembelian dan penggunaan hydrogen fuel cell.  

Baca juga: Mengenal Energi Terbarukan dan Tak Terbarukan Beserta Contohnya

Proses Produksi Bahan Bakar Hidrogen

Nah, untuk mendapatkan bahan bakar dari unsur hidrogen menjadi akan melewati beberapa tahapan. Berikut ini merupakan beberapa cara membuat bahan bakar hidrogen : 

1. Steam Reforming

Steam reforming menghasilkan syngas dengan mereaksikan hidrokarbon dengan air. Bahan bakunya berupa gas alam yang bertujuan untuk memproduksi hidrogen. Metode untuk menghasilkan syngas dengan mereaksikan hidrokarbon dengan air.

Menurut jurnal Rekayasa Mesin (2019), Steam reforming merupakan proses pembentukan gas hidrogen melalui proses evaporasi minyak bati dan air pada pemanasan tertentu dengan bantuan katalis. Reaksi kimia yang terjadi berupa gas hidrogen. Metode ini merupakan pengembangan teknologi fuel cell dengan bahan dasar minyak nabati. 

2. Gasifikasi

Bahan bakar hidrogen bisa terbentuk dari proses gasifikasi. Pada proses konversi perubahan menjadi gas, hidrogen bisa terambil dengan menggunakan separator. Separator di sini berfungsi untuk mengambil unsur yang diinginkan seperti hidrogen dengan mudah. 

3. Elektrolisis 

Proses ini memerlukan alat yang bernama elektronizer. Elektrolisis ini menggunakan konsep utama yaitu pemisahan molekul hidrogen serta oksigen dari air dengan reaksi yang ditimbulkan aliran listrik. 

4. Reaksi Biologis

Bakteri dan mikroalga mampu memproduksi hidrogen secara biologis dengan bantuan sinar matahari dan materi organik. Teknologi ini masih awam karena masih dalam tahap penelitian dan pengembangan. 

Baca Juga: Berkenalan dengan Bahan Bakar Fosil: Pengertian Hingga Keuntungan

Pemanfaatan Bahan Bakar Hidrogen

Mobil Bahan Bakar Hidrogen
Mobil Bahan Bakar Hidrogen (Foto: unsplash)

Kendaraan hidrogen adalah produk nyata dari pemanfaatan bahan bakar hidrogen. Sebenarnya lingkup penggunaannya tidak terbatas pada mobil saja melainkan pada pesawat udara hingga kendaraan lain seperti sepeda motor. Prinsip kerjanya adalah menggunakan alat bernama fuel cell yang membutuhkan gas hidrogen dan oksigen untuk menghasilkan listrik.

Listrik tersebut dihasilkan dari sel lalu disalurkan pada mesin listrik untuk memutar roda mobil. Apakah mobil hidrogen adalah mobil listrik? Bisa dibilang sama, namun hal yang membedakannya adalah bagaimana mobil tersebut mendapatkan energi listriknya. 

Jika mobil listrik harus mengisi ulang baterai supaya ia dapat berjalan, sedangkan mobil hidrogen harus mengisi ulang tabung gasnya dengan hidrogen agar mobil bisa berjalan seperti semestinya. 

Demikian artikel mengenai bahan bakar hidrogen yang dapat menjadi referensi Anda untuk pemilihan bahan bakar masa depan. Solar Industri menyediakan produk layanan Jasa bunker service resmi Pertamina. Kunjungi halaman produk kami dan dapatkan harga khusus untuk setiap pemesanannnya.

Tags:

Berita Terpopuler

Butuh Informasi Lebih Lanjut?

Apabila anda tertarik dengan penawaran kami, konsultasikan segera kebutuhan anda dengan menghubungi kontak kami untuk mendapatkan informasi lebih detail terkait produk perusahaan.