Pengertian Katalis, Jenis-Jenis, Fungsi, dan Cara Kerja

Bagikan :
Katalis mampu untuk mempercepat dan mengontrol laju dari sebuah reaksi kimia tanpa sebuah reaksi terlebih dahulu. Fungsi utama katalis adalah untuk mengubah jalur reaksi dan menurunkan energi aktivasi.
Katalis
Daftar Isi

Katalis mungkin adalah istilah yang cukup asing di telinga Anda, walaupun ternyata senyawa yang satu ini memiliki beragam fungsi. Utamanya, senyawa ini banyak berperan dalam mempercepat atau memodifikasi kecepatan reaksi kimia. Dalam artikel ini, kami akan mengulas pengertian katalis, cara kerja, fungsi, hingga jenis-jenisnya.

Pengertian Katalis

Katalis adalah zat atau senyawa yang digunakan untuk mempercepat atau mengontrol laju reaksi kimia tanpa berpartisipasi dalam reaksi. Senyawa ini berperan dalam mengubah jalur reaksi, menurunkan energi aktivasi, dan memungkinkan reaksi pada suhu dan tekanan yang lebih rendah daripada reaksi kimia yang tidak menggunakan katalis.

Senyawa ini dapat secara signifikan meningkatkan efisiensi proses reaksi. Zat atau senyawa ini digunakan dalam banyak aplikasi seperti produksi bahan kimia, produksi bahan bakar, pemurnian air, dan banyak lainnya. 

Dalam buku Kimia Dasar karya Estiningsih Tri Handyaan, katalis bersifat selektif. Jika suatu reaksi mempunyai salah satu produk yang hasil reaksinya bersifat katalis, maka disebut autokatalis. Reaksi khas dari senyawa itu sendiri adalah bahwa reaksinya lambat tetapi semakin cepat seiring dengan bertambahnya jumlah senyawa. 

Fungsi Katalis

Fungsi katalis yang paling umum adalah untuk mempercepat atau mengatur kecepatan reaksi kimia tanpa ikut bereaksi dalam reaksi. Dalam proses kimia, senyawa ini akan bekerja dengan menurunkan energi aktivasi yang diperlukan untuk memulai suatu reaksi, memungkinkan reaksi terjadi pada suhu dan tekanan yang lebih rendah daripada jika reaksi terjadi tanpa senyawa katalistik. 

Dengan senyawa ini, efisiensi proses reaksi mampu meningkat secara signifikan, sehingga produk yang dihasilkan memiliki kualitas lebih tinggi, dan mengurangi jumlah limbah yang dihasilkan.

Selain itu, jenis senyawa ini juga dapat digunakan untuk mengubah jalur reaksi, meningkatkan selektivitas produk yang dihasilkan, atau menghindari pembentukan produk sampingan yang tidak diinginkan. 

Oleh karena itu, dalam sektor industri senyawa ini digunakan untuk mempercepat proses kimia dalam pembuatan bahan kimia, obat-obatan, makanan, dan bahan bakar. Sedangkan pada sektor lingkungan, digunakan untuk membersihkan udara dan air dari polutan.

Tidak heran jika perannya sangat penting dalam meningkatkan efisiensi proses kimia, mengurangi dampak lingkungan dan mempercepat inovasi teknologi. 

Jenis-Jenis Katalis

jenis katalis
(Photo: Pinterest)

Katalis memiliki beberapa jenis yang berbeda, memilih jenis yang tepat akan membantu memodifikasi laju reaksi secara tepat. Berikut adalah jenis-jenisnya:

1. Katalis homogen

Jenis katalis yang satu ini larut dalam reaksi esterifikasi dalam fase yang sama dengan reaktan, misalnya asam sulfat.

2. Katalis heterogen

Sedangkan jenis ini berada dalam fase berbeda dari reaktan, seperti nikel dalam hidrogenasi minyak nabati.

3. Katalis enzim

Jenis ini merupakan termasuk rumpun jenis biologis yang bekerja pada organisme hidup, seperti amilase dalam memecah karbohidrat.

4. Katalis asam

Jenis zat yang bertindak sebagai donor proton, seperti asam sulfat dalam reaksi hidrolisis. 

5. Katalis logam

Sesuai namanya, jenis ini terdiri dari logam atau senyawa logam seperti platinum dalam konversi katalitik.

6. Katalis dasar

Jenis yang satu ini bertindak sebagai akseptor proton, contohnya adalah natrium hidroksida dalam reaksi saponifikasi.

7. Fotokatalis

Jenis yang terakhir ini cukup unik, di mana dalam prosesnya membutuhkan cahaya untuk mempercepat reaksi kimia. Jenis ini dapat Anda temukan pada titanium dioksida dalam reaksi fotokatalitik. 

Cara Kerja Katalis

Secara umum, dapat disimpulkan bahwa cara kerja katalis adalah mempercepat reaksi kimia dengan menurunkan energi aktivasi yang diperlukan untuk memulai reaksi. Energi aktivasi adalah energi yang dibutuhkan atau bahan awal untuk menghasilkan produk.

Senyawa ini bekerja dengan membentuk kompleks antara katalis dan reaktan, yang mempercepat laju reaksi dengan menurunkan energi aktivasi yang diperlukan untuk membentuk produk. Kompleks itulah yang kemudian terurai lagi menjadi katalis dan produk.

Walaupun begitu cara kerja katalis dapat berbeda, tergantung pada jenis-jenis yang telah disebutkan sebelumnya. Jenis homogen yang larut dalam fase produk cara kerjanya akan berbeda dengan jenis heterogen yang fasanya berbeda dengan fase reaktan.

Jenis heterogen bekerja dengan menempel pada permukaan reaktan dan membentuk kompleks reaktan-katalis yang mempercepat reaksi kimia. Sementara, jenis homogen larut dalam fase reaksi dan membentuk kompleks dengan reaktan dalam larutan.

Sesuai dengan karakteristiknya, senyawa ini juga dapat diklasifikasikan berdasarkan jenis reaksi yang dihasilkannya. Misalnya, jenis asam yang mampu meningkatkan konsentrasi ion hidrogen dan menarik elektron, sedangkan jenis basa meningkatkan konsentrasi ion hidroksida dan menolak elektron. Jenis logam bekerja dengan menyediakan tempat reaksi di permukaan sedangkan jenis enzim bekerja dengan mengkatalisasi reaksi biokimia pada organisme hidup.  

Contoh Katalis

  • Zat katalistik logam pada reaksi pembakaran bahan bakar di mesin mobil
  • Senyawa katalistik asam sulfat pada proses produksi etil asetat
  • Senyawa katalistik nikel pada proses hidrogenasi minyak nabati menjadi margarin
  • Senyawa katalistik besi pada proses Haber-Bosch untuk produksi amonia
  • Senyawa katalistik platinum pada proses produksi asam sulfat
  • Senyawa katalistik zeolit pada proses pengolahan minyak bumi menjadi bahan bakar
  • Senyawa pada enzim pada proses metabolisme dalam tubuh manusia
  • Zar katalistik pada proses pembuatan pupuk, seperti katalis urease pada produksi urea
  • Zat katalistik perak pada proses produksi PVC
  • Senyawa pada rhodium pada proses produksi asam adipat

Manfaat Katalis dalam Kehidupan Sehari-hari

1. Menghemat waktu dan energi dalam reaksi kimia

Manfaat yang pertama adalah membantu mempercepat reaksi kimia sehingga mempercepat produksi dan menghemat waktu serta energi yang diperlukan dalam reaksi tersebut.

2. Meningkatkan efisiensi reaksi 

Senyawa ini dapat meningkatkan efisiensi reaksi dengan membantu mengubah reaktan menjadi produk yang diinginkan dengan lebih mudah dan lebih cepat.

3. Mengurangi limbah dan emisi

Manfaat yang ketiga adalah membantu mengurangi limbah dan emisi yang dihasilkan dalam reaksi kimia, karena senyawa ini membantu mengubah reaktan menjadi produk yang diinginkan dengan lebih baik, sehingga limbah dan emisi dapat dikurangi.

4. Meningkatkan kualitas produk

Selanjutnya, senyawa ini juga mampu menghasilkan produk yang lebih berkualitas dengan mempercepat reaksi dan memastikan reaksi terjadi dengan benar.

5. Meningkatkan ekonomi dan keberlanjutan

Terakhir, penggunaan zat ini dalam industri dapat membantu meningkatkan efisiensi produksi, mengurangi limbah dan emisi, serta menghasilkan produk yang lebih berkualitas, sehingga membantu meningkatkan ekonomi dan keberlanjutan.

Itulah beberapa informasi penting untuk menambah wawasan Anda terkait proses katalis secara lebih jelas dan lengkap. Solar Industri menyediakan beberapa kebutuhan bahan bakar non-subsidi untuk industri. Cek laman detail kami selengkapnya di sini.

Tags:

Artikel Terbaru

Butuh Informasi Lebih Lanjut?

Apabila anda tertarik dengan penawaran kami, konsultasikan segera kebutuhan anda dengan menghubungi kontak kami untuk mendapatkan informasi lebih detail terkait produk perusahaan.