Water Tube Boiler: Definisi, Cara Kerja, & Kelebihannya

Bagikan :
Water Tube Boiler adalah Proses pembakaran diluar pipa yang bertujuan untuk mengubah air menjadi uap energi.
Proses pembakaran yang mengubah air menjadi energi uap.
Daftar Isi

Sekarang ini, proses produksi di berbagai industri sudah bergantung pada cara kerja boiler  untuk menghasilkan panas serta menggerakkan mesin.

Boiler merupakan salah satu jenis bejana tertutup yang berfungsi untuk mengubah air menjadi uap energi. Bejana ini dibagi menjadi beberapa jenis, di antaranya yaitu fire tube boiler dan water tube boiler.

Namun, sekarang ini boiler yang digunakan oleh pembangkit listrik adalah water tube boiler. Tentu, penggunaan ini bukan tanpa alasan, karena jenis bejana satu ini mempunyai keunggulan dibandingkan jenis lainnya.

Sayangnya, belum banyak yang mengetahui dan memahami tentang water tube boiler beserta cara kerja dan kelebihan jika menggunakannya.

Maka dari itu, berikut kami berikan penjelasan lengkapnya untuk Anda. Yuk, simak pembahasannya di bawah ini, ya!

Apa itu Water Tube Boiler?

Water tube boiler adalah salah satu jenis boiler yang menggunakan pipa-pipa yang mengandung air sebagai media pemanasnya.

Secara sederhana, water tube boiler adalah jenis boiler pipa air yang pembakarannya dilakukan di luar pipa. 

Jenis boiler ini lebih cocok untuk aplikasi dengan tekanan uap yang tinggi serta membutuhkan kapasitas yang besar, seperti pembangkit listrik tenaga uap dan industri kimia.

Struktur utama dari boiler ini terdiri dari serangkaian pipa-pipa yang membawa air dan dikelilingi oleh gas panas serta dihasilkan oleh pembakaran bahan bakar dalam tungku.

Boiler ini digunakan biasanya memerlukan tekanan uap yang tinggi, yakni sekitar 3.000 psi atau lebih tinggi. 

Selain itu, water tube ini juga bisa digunakan untuk menghasilkan uap jenuh atau sangat panas (superheated). 

Karakteristik dari jenis ini juga hampir sama dengan fire tube boiler, namun perbedaannya water tube bisa menghasilkan kapasitas dan tekanan steam yang tinggi.

Kapasitas steam pada jenis boiler berkisar antara 4.500-12.000 kg/ jam dengan tekanan yang sangat tinggi. Namun, jenis boiler ini kurang bagus jika menggunakan kualitas air yang dihasilkan dari plant pengolahan air. 

Cara Kerja Water Tube Boiler

Contoh cara kerja water tube boiler
Contoh cara kerja water tube boiler. Sumber: freepik.com

Cara kerja water tube boiler dimulai dari proses pengapian yang terjadi di luar pipa. Kemudian, panas yang dihasilkan akan memanaskan pipa yang berisi air.

Namun, sebelumnya air dikondisikan terlebih dahulu melalui economizer. Jika sudah, uap yang dihasilkan dikumpulkan terlebih dahulu ke dalam steam-drum.

Pastikan menunggu hingga tekanan dan temperaturnya sesuai dengan aturan. Selanjutnya, masuk ke tahap secondary superheater dan primary superheater, baru nantinya steam dilepaskan ke pipa utama.

Kemudian, di dalam pipa air, air yang mengalir harus dikondisikan terhadap mineral atau kandungan lainnya yang sudah larut di dalam air tersebut.

Proses atau cara kerja water tube boiler ini secara keseluruhan diatur oleh sistem kontrol yang memantau suhu dan tekanan. Sistem kontrol memastikan bahwa boiler beroperasi dalam kondisi yang aman dan efisien. 

Kelebihan Water Tube Boiler

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, jika jenis boiler ini banyak digunakan oleh industri besar. Hal ini tidak lepas dari kelebihan yang ada pada boiler-nya.

Nah, berikut ini terdapat beberapa kelebihan water tube boiler:

1. Efisiensi ruang

Jenis boiler satu ini bisa menghemat ruang karena hanya mengkonsumsi sedikit area di dalam pabrik. Artinya, alatnya tidak terlalu besar, sehingga cocok ditempatkan di ruang yang sedikit sempit.

2. Mampu menghasilkan uap dengan tekanan tinggi

Water tube boiler dirancang khusus untuk menghasilkan uap dengan tekanan tinggi, sehingga cocok untuk industri besar, seperti pembangkit listrik tenaga uap.

3. Efisiensi lebih tinggi

Desain pipa memungkinkan untuk mengirimkan panas lebih efisien dari gas pembakaran ke air. Hal ini membuat tingkat efisiensinya lebih tinggi, bahkan bisa mencapai hingga 90% lebih.

4. Perawatan mudah

Dari pada jenis boiler lainnya, water tube boiler diklaim lebih mudah dalam proses perawatannya. Tentu, ini tidak perlu mengeluarkan biaya yang lebih besar.

5. Desain fleksibel

Jenis ini dirancang dengan berbagai ukuran dan konfigurasi sesuai kebutuhan. Hal ini berarti desainnya lebih fleksibel dan bisa ditempatkan di berbagai tempat dalam industri.

Perbedaan Fire Tube Boiler dan Water Tube Boiler

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, jika boiler mempunyai beberapa jenis, di antaranya Fire Tube Boiler dan Water Tube Boiler. 

Kedua jenis tersebut pun memiliki perbedaan dalam proses pembakaran maupun material yang digunakan.

1. Proses pembakaran

Jika fair tube gas buang panasnya terdapat di dalam tabung dan air mengelilinginya. Sementara itu, water tube airnya berada di dalam tabung dan gas panas mengelilinya.

2. Tekanan

Kemudian, fire tube memiliki tekanan rendah, yakni sekitar 25 bar. Sedangkan, water tube memiliki tekanan yang tinggi sebesar 165 bar.

3. Laju pembangkitan

Pada bagian ini, laju pembangkitan uap pada fire tube tergolong lebih rendah sebesar 9 ton per jam. Untuk pembangkitan uap water tube lebih tinggi, yakni sekitar 450 ton per jam.

4. Efisiensi

Tingkat efisiensinya pun lebih tinggi water tube, yaitu sebesar 90% dengan economizer. Sedangkan, fire tube lebih rendah karena hanya 75% saja.

5. Biaya

Dalam hal biaya operasional, fire tube jauh lebih rendah dibandingkan water tube. Sama halnya dengan biaya perawatannya lebih rendah fire tube.

6. Industri

Terakhir, kegunaan dalam industri pun juga berbeda karena fire tube lebih cocok digunakan untuk pembangkit listrik yang lebih kecil. Sementara itu, water tube lebih cocok untuk pembangkit listrik besar.

Nah, itulah pembahasan lengkap mengenai apa itu water tube boiler, cara kerja, dan kelebihan maupun kekurangannya.

Pada dasarnya, water tube boiler adalah jenis boiler pipa air yang pembakarannya dilakukan di luar pipa. Selain itu, pahami pula water tube boiler material yang terdiri dari baja karbon, baja tahan karat, baja tahan api, dan logam nirkarat.

Water tube boiler material sendiri berfungsi untuk membantu menahan tekanan, suhu tinggi, serta tahan terhadap korosi atau keausan.

Selain pada pembahasan di atas, perlu Anda pahami bahwa setiap industri tentu membutuhkan bahan bakar, salah satunya perkapalan.

Namun, pengisian bahan bakar kapal mempunyai prosedur tersendiri, sehingga tidak bisa sembarangan dilakukan. 

Kendati demikian, Anda bisa memanfaatkan bunker service dari PT Anugerah Energi karena telah dipercaya untuk membantu proses pengiriman minyak dari truk tangki menuju kapal.

Dengan begitu, Anda sudah tidak perlu khawatir lagi dengan kebutuhan bahan bakar kapal sebelum berlayar.

Jika tertarik, silakan untuk hubungi kami dan konsultasikan kebutuhan Anda secara gratis bersama kami.

Tags:

Artikel Terbaru

Butuh Informasi Lebih Lanjut?

Apabila anda tertarik dengan penawaran kami, konsultasikan segera kebutuhan anda dengan menghubungi kontak kami untuk mendapatkan informasi lebih detail terkait produk perusahaan.