Apa itu SDGs? – Tujuan, Manfaat dan Perannya

Bagikan :
Sustainable Development Goals atau SDGs adalah upaya pembangunan dengan 17 tujuan dalam bidang lingkungan, politik dan ekonomi. Dalam upaya pembangunan tersebut, industri minyak dan gas berperan dalam meningkatkan ekonomi masyarakat dengan membuka lapangan pekerjaan seta memberikan akses energi secara terjangkau.
SDGs
Daftar Isi

Rencana Sustainable Development Goals (SDGs) memiliki tujuan untuk menjaga peningkatan kesejahteraan ekonomi, menjaga keberlanjutan hidup masyarakat dan menjaga kualitas lingkungan hidup, dan terwujudnya pembangunan yang mampu menjaga kualitas kehidupan.

Lebih jelasnya lagi, simak artikel di bawah ini tentang SDGs dan bagaimana peran bidang minyak dan gas di dalamnya.

Apa Itu SDGs?

Sustainable Development Goals (SDGs) atau yang dikenal Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB), dilansir dari sdgs.bappenas.go.id, adalah rencana pembangunan yang bertujuan untuk peningkatan kesejahteraan ekonomi masyarakat secara berkesinambungan.

Selanjutnya, SDGs juga bertujuan untuk menjaga keberlanjutan hidup masyarakat dan pembangunan yang tetap menjaga kualitas lingkungan hidup. Demikian pula pada pembangunan menjamin keadilan bagi setiap masyarakat dan melaksanakan tata kelola yang dapat menjaga peningkatan kualitas hidup dari generasi saat ini ke generasi selanjutnya.

Sustainable Development Goals atau biasa disebut dengan SDGs disusun sebagai dasar untuk komitmen dan koorperatif global yang berkaitan dengan perubahan iklim, manajemen terhadap sumber daya alam, mempromosikan kedamaian dan inklusivitas, mengurangi kesenjangan, dan menjamin kemakmuran ekonomi. 

SDGs dibentuk saat konferensi yang dilakukan oleh PBB pada tahun 2012 dalam UN Conference on Sustainable Development. Pada tahun 2015, disusun 17 tujuan global yang meliputi lingkungan, politik, dan ekonomi yang dapat membawa dunia menuju transformasi dalam kurun waktu 2015-2030.

Baca Juga: Kenali ESG (Environmental, Social, and Governance), Solusi Keberlanjutan Perusahaan

Tujuan SDGs

Terdapat 17 tujuan yang dikemukakan sebagai tujuan SDGs adalah sebagai berikut:

1. No Poverty

Pertama, SDGs memiliki tujuan untuk memberantas kemiskinan dalam bentuk apapun. Tujuan ini dibuat karena kemiskinan masih menjadi permasalahan besar di banyak belahan dunia, sehingga untuk menuntaskan masalah ini perlu diatur tujuan penghapusan kemiskinan.

Adapun peran dari industri minyak dan gas bumi dalam pengentasan kemiskinan adalah melalui penciptaan lapangan kerja serta pembangunan infrastrukuur. Selain itu, adanya kontribusi terhadap pendapatan nasional.

2. Zero Hunger

Tujuan kedua SDGs adalah menghapus angka kelaparan dan kekurangan gizi. Hal ini berfokus untuk menjaga ketersediaan pangan yang dapat membantu dalam peningkatan gizi seimbang dan mendorong pertanian yang berkelanjutan.

Melalui tujuan ini, industri minyak dan gas bumi tidak mempunyai peran secara langsung. Namun, industri ini dapat membantu untuk menyediakan sumber daya ekonomi bagi negara produsen yang bisa digunakan untuk investasi di sektor pertanian.

3. Good Health and Well-Being

Selanjutnya, SDGs memiliki tujuan menjamin kehidupan yang sehat, secara bersamaan mendorong kesejahteraan bagi seluruh masyarakat. Selaras dengan tujuan ini, telah banyak dilakukan gerakan hidup sehat dan akses menuju fasilitas kesehatan yang mudah.

Demi mewujudkan tujuan kesehatan dan kesejahteraan yang baik, industri minyak dan gas bumi sering terlibat dalam pengembangan infrastruktur kesehatan.

4. Quality Education

Dibentuknya Sustainable Development Goals ini juga bertujuan untuk menjamin pendidikan yang berkualitas dan inklusif serta mendorong kesempatan belajar yang abadi bagi setiap masyarakat.

Perusahaan minyak dan gas bumi juga memiliki peran yang cukup penting demi mewujudkan pendidikan berkualitas. Hal ini bisa dilakukan dengan cara investasi dalam program-program pendidikan.

5. Gender Equality

Berikutnya, tujuan Sustainable Development Goals adalah melaksanakan kesetaraan gender dan melakukan pemberdayaan wanita. Artinya, peran perempuan dan laki-laki dalam pembangunan harus setara.

Melalui tujuan ini, perusahaan minyak dan gas bumi memang tidak memiliki hubungan secara langsung.

Meski begitu, perusahaan tersebut bisa membantu mewujudkan kesetaraan gender melalui kesempatan kerja yang diberikan secara setara kepada perempuan dan laki-laki.

6. Clean Water and Sanitation

Selain itu, SDGs juga bertujuan untuk menjamin ketersediaan dan pengelolaan air minum dan sanitasi yang berkelanjutan bagi setiap seluruh masyarakat.

Kendati hal ini, permasalahan ketersediaan air dan sanitasi ini cukup penting mengingat dunia saat ini mengalami perubahan iklim yang menyebabkan beberapa belahan dunia mengalami krisis air minum dan masalah sanitasi.

Melalui tujuan ini, industri minyak dan gas bumi harus bisa mengadopsi praktik pengelolaan lingkungan yang sesuai standar tertentu. Tujuannya untuk meminimalisir pencemaran air dan melindungi sumber air bersih.

7. Affordable and Clean Energy

Tujuan ketujuh SDGs adalah menjamin akses energi yang terjangkau, dapat diandalkan, dan berkelanjutan. Kebutuhan energi saat ini meningkat seiring dengan penambahan penduduk di dunia, namun masyarakat masih belum mendapatkan akses ke energi yang terjangkau.

Maka dari itu, untuk mewujudkan tujuan ini, telah banyak dikembangkan energi terbarukan yang bersih dan terjangkau.

Perlu diketahui, jika minyak dan gas bumi merupakan sumber energi utama dunia. Maka dari itu, industrinya berperan untuk menyediakan energi terjangkau dan bersih kepada masyarakat.

8. Decent Work and Economic Growth

Pada tujuan kedelapan SDGs adalah mendorong pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dan inklusif, pekerjaan penuh dan produktif serta layak bagi seluruh pekerja.

Demi mendorong pertumbuhan ekonomi, industri minyak dan gas bumi juga mempunyai kontribusi yang cukup besar. Hal ini karena industri semacam ini membantu mencipatakan lapangan kerja cukup besar.

9. Industry, Innovation, and Infrastructure

Pada tujuan kesembilan ini adalah melakukan pembangunan yang tangguh, mendorong inklusivitas, industrialisasi yang berkelanjutan, dan mendorong inovasi.

Industri minyak dan gas bumi berperan penting untuk mengembangkan infrastruktur yang berkualitas, terutama bidang transportasi dan energi.

Melalui investasi tersebut, dapat membantu untuk meningkatkan konektivitas dan pertumbuhan ekonomi.

10. Reduced Inequality

Berikutnya, tujuan Sustainable Development Goals adalah mengurangi kesenjangan sosial di seluruh belahan dunia. Artinya, negara harus menciptakan kondisi di mana perbedaan antara kelompok masyarakat bisa diminimalisir atau dihilangkan.

Untuk mewujudkan tujuan ini, perusahaan minyak dan gas bumi mempunyai peran berupa investasi secara merata dalam hal pendidikan dan kesehatan.

Tujuannya, supaya masyarakat bisa menikmati tanpa adanya perbedaan antara kelompok lainnya.

11. Sustainable Cities and Communities

Tujuan kesebelas SDGs adalah membangun kota dan hunian bagi masyarakat yang inklusif, aman, tangguh, dan berkelanjutan.

Industri minyak dan gas bumi turut berkontribusi pada tujuan ini dengan cara membantu membangun infrastruktur yang diperlukan kota berkelanjutan.

Salah satunya dengan menyediakan sumber energi yang penting untuk operasional kota berkelanjutan.

12. Responsible Consumption and Production

Tujuan SDGs adalah menjamin konsumsi yang berkelanjutan dan pola produksi di seluruh dunia.

Perusahaan minyak dan gas bumi pun memiliki peran yang cukup signifikan, yakni membantu mengurangi emisi saat proses produksi.

Selain itu, perusahaan tersebut juga bertugas untuk berkolaborasi dengan pemerintah dan swasta untuk mengembangkan konsumsi dan produksi yang bertanggung jawab. Tujuannya adalah untuk mempercepat perubahan menuju ekonomi yang lebih berkelanjutan.

13. Climate Action

Selanjutnya, tujuan Sustainable Development Goals ke tiga belas adalah mengambil langkah serius untuk mengatasi perubahan iklim dan dampaknya.

Perubahan iklim yang dialami oleh banyak belahan dunia ini mempengaruhi kehidupan masyarakat dan perubahan terhadap lingkungan, sehingga perlu melakukan langkah serius dalam mengatasi hal ini.

Sebenarnya, industri minyak dan gas bumi berdampak besar terhadap perubahan iklim melalui emisi gas rumah kaca.

Meski begitu, industri dapat membantu meminimalisir emisi gas rumah kaca dengan cara investasi pada teknologi yang ramah lingkungan, seperti pemulihan karbon dan energi terbarukan.

14. Life Below Water

Di tujuan ini dengan melakukan konservasi dan keberlanjutan menggunakan sumber daya yang berasal dari samudera dan laut untuk sustainable development.

Perusahaan minyak dan bumi harus bisa untuk melestarikan laut dengan cara mematuhi peraturan lingkungan yang ketat, sehingga bisa mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan laut.

15. Life On Land

Di tujuan ini melakukan proteksi, memulihkan, dan mendorong penggunaan yang berkelanjutan dari ekosistem darat, manajemen hutan yang berkelanjutan, memerangi penggurunan, dan menghentikan dan membalikkan degradasi lahan, serta menghentikan kehilangan keanekaragaman hayati.

Industri minyak dan gas bumi harus berkontribusi untuk menjaga serta melindungi keanekaragaman hayati maupun sumber daya alam lainnya.

Kondisi tersebut bisa dilakukan dengan cara pengolahan pada industri harus mengadopsi praktik-praktik pengolahan yang berkelanjutan.

16. Peace, Justice, and Strong Institution

Tujuan keenam belas ini adalah mendorong sustainable development bagi masyarakat yang inklusif dan damai, menyediakan akses keadilan untuk seluruh masyarakat yang efektif, akuntabel, dan institusi inklusif bagi semuanya.

Sebagai sebuah perusahaan, industri minyak dan gas bumi harus bisa mematuhi hukum serta peraturan yang berlaku di setiap negara.

Hal tersebut dilakukan demi menerapkan tata kelola bisnis yang baik, termasuk transparansi, akuntabilitas, dan integritas.

17. Partnerships for The Goals

Terakhir, tujuan dari SDGs adalah memperkuat arti dari implementasi dan revitalisasi kerja sama global untuk sustainable development.

Dalam hal ini, perusahaan minyak dan gas bumi berpotensi besar berkontribusi pada pembangunan berkelanjutan. Di sini dilakukan melalui investasi proyek infrastruktur, energi terbarukan, serta teknologi ramah lingkungan.

Relevansi SDGs untuk Bisnis?

Bisnis dan industri memiliki peran penting dalam mencapai SDGs. Sejalan dengan ini, perkembangan industri secara langsung maupun tidak langsung mendukung objek sosial yang terdapat di SDGs.

Hal tersebut meliputi penciptaan lapangan kerja, pengentasan kemiskinan, keterlibatan sosial, kesetaraan gender, akses yang lebih banyak ke pendidikan, fasilitas kesehatan yang lebih baik, dan peningkatan tenaga kerja yang lebih baik.

Maka dari itu, SDGs menghadirkan kesempatan bagi perusahaan terkemuka bagaimana mereka dapat membantu memajukan pembangunan berkelanjutan, baik dengan meminimalkan efek negatif maupun memaksimalkan kontribusi positif terhadap kesejahteraan masyarakat di dunia.

Di antara fokus dalam implementasi SDGs untuk bisnis, SDGs memberikan manfaat-manfaat berikut, yaitu:

  • Identifikasi kesempatan bisnis masa depan.
  • Meningkatkan daya tarik sebagai seorang employer.
  • Penguatan hubungan dengan stakeholders dan mengikuti perkembangan kebijakan.
  • Meningkatkan nilai keberlanjutan perusahaan.
  • Stabilisasi pasar dan masyarakat.

Baca Juga: OPEC: Definisi, Sejarah, Tujuan, Anggota dan Peran Indonesia

Compass SDG

Kompas SDGs yang dipublikasikan oleh Global Compact memberikan 5 langkah mudah untuk perusahaan bagaimana mereka bisa meluruskan strategi dan mengatur kontribusi mereka dalam realisasi SDGs.

Dilansir dari as-scheiner.blog, langkah-langkah dalam kompas SDGs ini yaitu:

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah perusahaan harus membiasakan diri dengan SDGs.
  2. Kemudian langkah kedua adalah perusahaan menentukan prioritas berdasarkan penilaian dampak saat ini dan potensi mereka di seluruh nilai rantai mereka pada SDGs.
  3. Lalu perusahaan melakukan penyelarasan tujuan mereka dengan SDGs untuk menunjukkan komitmen mereka terhadap pembangunan berkelanjutan.
  4. Mengintegrasikan keberlanjutan ke dalam tata kelola perusahaan dan bisnis inti serta menetapkan target pembangunan berkelanjutan untuk semua fungsi di perusahaan.
  5. Perusahaan membangun SDGs dalam komunikasi mereka dengan stakeholders dan mengevaluasi kinerja mereka dengan mengacu pada pembangunan berkelanjutan.

Baca juga: Apa itu CSR? – Definisi, Fungsi, Tipe, Dampak, & Contohnya

Manfaat Sustainable Development Goals (SDGs) bagi Sektor Minyak dan Gas Bumi

Sektor minyak dan gas bumi memiliki peran penting dalam keberhasilan SDGs, baik positif maupun negatif. Perusahaan minyak dan gas bumi dalam kapasitasnya masing-masing dan berkolaborasi dengan pemerintah, komunitas, masyarakat sipil, dan mitra lainnya, dapat memberikan kontribusi yang signifikan terhadap keberhasilan SDGs.

Secara historis, sektor minyak dan gas telah berkontribusi dalam SDGs, seperti perubahan iklim, degradasi lingkungan, perpindahan penduduk, kesenjangan ekonomi dan sosial, konflik bersenjata, dan peningkatan risiko kesehatan.

Dengan meningkatkan kontribusi positifnya dan dengan melakukan mitigasi dampak negatif, industri minyak dan gas bumi telah berpotensial untuk berkontribusi pada 17 tujuan SDGs.

Tanggung jawab industri minyak dan gas bumi dapat menumbuhkan ekonomi seiring perkembangan sosial dengan memberikan akses ke energi yang terjangkau, kesempatan bekerja, pengembangan kemampuan, peningkatan pendapatan fiskal, dan peningkatan infrastruktur.

Kesimpulan

Sustainable Development Goals (SDGs) adalah rencana pembangunan yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat secara berkesinambungan dan menjaga keberlanjutan hidup masyarakat.

Selain itu, tujuan Suistainable Development Goals adalah untuk menjaga kualitas lingkungan hidup dan menjamin keadilan bagi setiap masyarakat, serta melaksanakan tata kelola yang dapat menjaga peningkatan kualitas hidup dari generasi saat ini ke generasi selanjutnya.

Secara umum, Suistainable Development Goals mempunyai 17 tujuan yang mana sektor minyak dan gas bumi memiliki peran di masing-masing tujuan.

Manfaat penerapan SDGs di sektor minyak dan gas bumi, di antaranya seperti perubahan iklim, degradasi lingkungan, perpindahan penduduk, kesenjangan ekonomi dan sosial, konflik bersenjata, dan peningkatan risiko kesehatan.

Dengan meningkatkan kontribusi positifnya dan melakukan mitigasi dampak negatif, industri minyak dan gas bumi telah berpotensi untuk berkontribusi pada 17 tujuan SDGs.

Tanggung jawab industri minyak dan gas bumi dapat membantu menumbuhkan ekonomi seiring perkembangan sosial.

Hal tersebut bisa dilakukan dengan memberikan akses ke energi yang terjangkau, kesempatan bekerja, pengembangan kemampuan, peningkatan pendapatan fiskal, dan peningkatan infrastruktur.

Dengan demikian,  SDGs ini sangat perlu diterapkan di setiap sektor kehidupan, termasuk di dalamnya sektor minyak dan gas bumi, untuk mencapai komitmen global di tahun 2030.

Solar Industri menyediakan pembelian Bio Solar B30 dan Marine Fuel Oil untuk kebutuhan industri dan perkapalan. Jika Anda tertarik dengan produk kami, silakan kunjungi laman resmi kami.

Tags:

Artikel Terbaru

Butuh Informasi Lebih Lanjut?

Apabila anda tertarik dengan penawaran kami, konsultasikan segera kebutuhan anda dengan menghubungi kontak kami untuk mendapatkan informasi lebih detail terkait produk perusahaan.