Pengertian Istilah Subsidi, Jenis-jenis, dan Manfaatnya

Bagikan :
Subsidi

Istilah subsidi mungkin sudah cukup familiar dengan telinga anda karena istilah tersebut acap kali muncul dan dibicarakan di lingkungan masyarakat. Subsidi ini terdiri dari berbagai macam jenis. Selain itu, terdapat pula manfaat dari adanya subsidi ini.

Subsidi biasanya diberikan oleh pemerintah kepada rakyatnya dengan tujuan untuk membantu masyarakat dengan perekonomian menengah ke bawah dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Barang-barang yang telah tersebusidi dari pemerintah biasanya akan memiliki harga yang lebih murah sesuai dengan tujuan sebelumnya.

Apakah anda mengetahui apa itu subsidi? Apa saja jenis-jenis subsidi? Lalu, apa manfaat dari adanya subsidi? Simak selengkapnya karena semuanya akan dikupas tuntas di artikel ini.

Pengertian Subsidi

Subsidi
© Unsplash

Menurut KBBI, subsidi adalah bantuan yang dapat berupa uang dan sebagainya kepada yayasan, perkumpulan, dan lain-lain. Bantuan ini biasanya berasal dari pihak pemerintah. Apabila suatu barang telah tersubsidi, maka harga barang tersebut akan turun atau rendah.

Definisi lain menyebutkan bahwa subsidi adalah pembayaran yang dapat dilakukan secara langsung atau tidak langsung kepada individu atau perusahaan dalam bentuk pembayaran tunai dari pemerintah. Adanya bantuan ini bertujuan untuk mengimbangi kegagalan pasar dan eksternalitas dalam upaya mencapai efisiensi ekonomi.

Di sisi lain, bantuan yang berupa subsidi ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Hal tersebut merupakan bagian dari rencana pengeluaran pemerintah. Contoh bentuk subsidi adalah minyak bumi, pupuk, pangan, bunga, dan lain sebagainya.

Jenis-jenis Subsidi

Anda mungkin telah familiar dengan istilah subsidi. Bantuan ini biasanya berasal dari pemerintah. Namun, apakah anda mengetahui bahwa terdapat berbagai jenis-jenis bantuan? Anda tidak perlu khawatir apabila belum mengetahuinya karena hal tersebut akan kami bahas di bagian ini.

1. Secara Langsung

Salah satu jenis yang pertama yaitu bantuan yang diberikan secara langsung. Bantuan ini biasanya berupa uang yang secara langsung pemerintah berikan kepada individu atau kelompok untuk membantu dalam memenuhi kebutuhan hidup atau meningkatkan kemampuan yang telah mereka miliki.

Contoh dari jenis ini yaitu pemberian bantuan berupa uang dari pemerintah kepada pemilik usaha UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) sehingga mereka dapat mengembangkan bisnis yang mereka punya. Adapun contoh lain dari jenis ini yaitu paket sembako bansos (bantuan sosial), BLT (Bantuan Langsung Tunai), KIP (Kartu Indonesia Pintar), dan KIS (Kartu Indonesia Sehat).

2. Secara Tidak Langsung

Jenis yang selanjutnya yaitu pemberian bantuan secara tidak langsung. Bantuan ini biasanya tidak berbentuk uang secara fisik, tetapi berbentuk sebuah aturan atau kebijakan yang pemerintah tetapkan dengan tujuan membantu masyarakat.

Salah satu contoh subsidi dari jenis ini adalah dengan adanya penurunan biaya bahan pokok pangan atau bahan bakar minyak (BBM). Dikutip dari mypertamina.id, BBM yang tersubsidi dari pemerintah menggunakan APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara) adalah pertalite dan biosolar.

Bantuan tersebut berupa kebijakan yang secara tidak langsung dapat membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Selain itu, terdapat pula contoh lain yaitu bantuan terkait pembayaran pajak, seperti pajak bumi dan bangunan, pajak penghasilan, dan lain sebagainya.

Manfaat

Bantuan atau subsidi tersebut tentunya sangat memberikan dampak baik bagi masyarakat. Adapun manfaat yang dapat masyarakat rasakan dengan adanya bantuan ini, antara lain:

  • Dapat membantu dalam mengurangi kemiskinan karena harga bahan pokok turun
  • Dapat menjaga daya beli masyarakat karena harga barang-barang sudah terjangkau sehingga masyarakat akan dengan mudah melakuan transaksi jual-beli
  • Mampu meningkatkan produksi barang dan jasa yang dapat bersaing di kancah Internasional karena bahan pokok mulai turun sehingga pabrik dapat membeli bahan pokok untuk membuat produk dengan mudah
  • Membantu para pelaku usaha kecil atau UMKM dalam kelangsungan bisnisnya karena dapat membantu dalam menutupi kerugian yang sebelumya dialami

Dampak Negatif

Dari berbagai macam manfaat yang dapat timbul di atas, terdapat pula beberapa dampak negatif sebagai akibat dari adanya subsidi ini, antara lain:

  • Dapat menyebabkan ketersediaan sumber daya cepat habis karena harga barang turun sehingga banyak masyarakat yang menggunakan sumber daya tersebut secara tidak efisien
  • Dapat menimbulkan budaya konsumtif di kalangan masyarakat karena barang sudah terjangkau sehingga masyarakat dapat memiliki gaya hidup hedonisme yaitu membeli barang tanpa berpikir panjang
  • Dapat mengganggu pasar dan menimbulkan masalah biaya ekonomi yang cukup besar

Kesimpulan

Subsidi adalah bantuan dari pemerintah kepada seorang individu atau sekelompok orang yang dapat disalurkan secara langsung atau tidak langsung. Selain itu, terdapat juga berbagai manfaat yang dapat timbul dari adanya bantuan ini. Akan tetapi, terdapat pula dampak negatif dari adanya subsidi ini seperti yang telah kami uraikan di atas.

Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan anda mengenai subsidi, jenis-jenis, manfaat, dan dampak negatifnya. Sampai jumpa di artikel berikutnya!

Solar Industri menyediakan pembelian biosolar B30 non-subsidi dan bunker service resmi Pertamina.

Tags

Butuh Informasi Lebih Lanjut?

Apabila anda tertarik dengan penawaran kami, konsultasikan segera kebutuhan anda dengan menghubungi kontak kami untuk mendapatkan informasi lebih detail terkait produk perusahaan.