Sonar Adalah: Definisi, 5 Fungsi, dan Cara Kerjanya

Bagikan:
Diantara beberapa sistem navigasi. Ada salah satu navigasi unik yang ada pada kapal dan dunia pelayaran. Sistem navigasi tersebut adalah sonar. Sonar menjadi tumpuan navigasi kapal untuk mendeteksi objek atau kapal lain yang berada dekat dengan kapal.
Sonar Adalah
Daftar Isi

Keberadaan dan penggunaan sonar tidak terlepas dari cara kerja yang ada pada sonar. Sonar berguna untuk mendeteksi adanya objek yang berada dekat dengan kapal dengan radius tertentu. Hal ini berguna bagi kapal untuk mengetahui apakah ada kapal lain atau benda lainnya yang bisa menjadi objek komunikasi atau tidak selama kapal berlayar pada perairan tersebut.

Sonar umumnya bekerja secara ekolokasi, yaitu dengan memantulkan sinyal atau suara pada objek atau wilayah tempat kapal tersebut berada. Kapal akan mengetahui adanya sebuah objek baik yang berada pada permukaan maupun bagian bawah permukaan laut. Sonar menjadi aset terpenting sebuah komunikasi dan navigasi kapal.

Dalam artikel ini, mari kita mengenali lebih lanjut tentang sonar. Baik definisi sonar secara umum, hingga fungsi sonar dan cara kerja sonar. Simak penjelasan berikut ini.

Pengertian Sonar Secara Umum

Sebelum kita pergi lebih jauh mengenai sonar, Apakah Anda tahu mengenai apa yang dimaksud dengan sonar? Apa itu sonar? Dan apa perannya dalam kapal dan navigasi kapal? Secara umum, sonar adalah sebuah singkatan untuk Sound Navigation and Ranging, atau dalam Bahasa Indonesia disebut dengan suara navigasi yang berjarak.

Sonar adalah salah satu bentuk inovasi dari kemajuan komunikasi kapal yang mengandalkan suara gema dan pantulan sinyal yang berdasarkan suara pada sebuah objek yang mengapung dan tenggelam. Teknologi sonar berkembang pada tahun 1950-an. Dan pada tahun itu, pengaplikasian sonar sangat umum pada kapal militer saja.

Secara spesifik, sonar adalah sebuah sistem navigasi yang berasal dari transduser berbentuk miring beserta unit rekaman suara yang berfokus untuk memberikan citra bawah laut atau mengukur kedalaman laut.

Sistem suara pada sonar adalah ultrasonik, sehingga memberikan suara dengan kekuatan yang sangat tinggi dengan radius yang cukup jauh. Frekuensi yang sering menjadi acuan adalah frekuensi 50 KHz dengan gelombang yang cukup panjang dan kecil serta tidak mampu dijangkau manusia.

Prinsip kerja sonar adalah membuat kapal memancarkan sinar kedalam air laut dan menimbulkan efek gema yang nantinya terpantul kembali pada sistem penerima yang kemudian menganalisa dan melakukan perhitungan jarak antara objek pemantul dengan kapal.

Saat ini, sonar menjadi andalan navigasi bagi kapal militer dan kapal penyelamat untuk mengukur kedalaman laut atau menemukan objek atau puing-puing dari kapal atau pesawat yang jatuh di laut. Umumnya sinyal sonar akan lebih cepat memantul apabila mengenai logam atau besi.

Fungsi Sonar Pada Kapal

Nah dari pengertian sonar kapal sebagai alat navigasi kapal serbaguna, khususnya untuk mengukur kedalaman laut dan mengetahui objek yang ada dalam lautan, ada beragam fungsi sonar yang sangat membantu kru kapal dalam melakukan identifikasi dalam lautan. Berikut adalah fungsi-fungsi sonar yang umum.

1. Alat Navigasi Kapal

Sebagai salah satu alat navigasi dalam kapal, fungsi sonar adalah membantu kapal menentukan kedalaman air yang ada pada sekitar kapal. Anda pasti membayangkan apakah kapal sanggup menentukan dasar lautan dengan sonar. Jawabannya adalah ya, kapal dapat menentukan dasar lautan dengan sonar tergantung jenis sonar yang ada pada kapal.

2. Memetakan Bawah Laut

Fungsi sonar pada kapal yang lain adalah mampu menentukan peta atau kontur tanah yang berada dibawah permukaan laut. Kapal akan mengetahui apakah ada karang atau gunung berapi bawah laut dengan menggunakan sonar. Suara yang terpantul melalui sonar akan tergambar pada alat penerima sinyal sehingga kru kapal akan mengetahui apakah tanah bawah laut rata atau tidak.

3. Melacak Ikan

Apakah anda mengetahui kapal penangkap ikan? Kapal ikan adalah kapal yang menggunakan fungsi sonar untuk melacak sumber ikan yang melimpah di lautan. Kapal ikan umumnya akan menggunakan sonar dan memantulkan suara dalam air. Apabila suara yang tepantul ramai, maka hal tersebut menandakan bahwa ada banyak ikan dalam perairan tersebut.

Sonar Kapal Ikan
Sonar pada kapal penangkap ikan (Sumber Gambar: Flickr)

4. Cegah Kecelakaan

Salah satu fungsi sonar adalah mencegah dan meminimalisir adanya kecelakaan pada lautan. Sonar mampu mendeteksi adanya objek lain yang berada pada jalur kapal. Apabila hasil proyeksi sonar tersebut mengindikasikan bahwa objek yang berada dekat dengan kapal adalah kapal lain, maka kapal tersebut akan mengirimkan sinyal supaya kapal lain segera menghindar.

5. Mendeteksi Black Box Kapal Tenggelam dan Pesawat Jatuh

Salah satu fungsi sonar adalah berguna bagi kapal penyelamat dalam menemukan pesawat yang jatuh dan kapal yang tenggelam. Bukan untuk menemukan bangkai kapal dan pesawat saja, tapi untuk menemukan black box.

Penemuan black box akan membuat tim penyelamat mengetahui apa yang terjadi sebelum kapal atau pesawat itu tenggelam.

Baca juga: EPIRB adalah: Pengertian, Jenis, Fungsi, dan Cara Kerja

Cara Kerja Sonar Kapal dalam Pelayaran

Nah dari kelima fungsi sonar tersebut, Anda dapat membayangkan cara kerja sonar kapal pada pelayaran. Sebenarnya, konsep cara kerja sonar kapal bergantung pada konsep ekolokasi atau suara yang menggaung pada kapal dan objek yang memantulkan suara. Sehingga untuk memantulkan suara tersebut, perlu jenis suara ultrasonik dan getaran yang kecil.

Berikut Anda akan mengetahui cara kerja sonar lebih detail dan kompleks yang sangat berguna bagi kapal.

1. Mengirimkan Gelombang Suara

Cara kerja yang pertama adalah dengan menghasilkan suara berfrekuensi tinggi, sonar akan terkirim melalui transduser bagian bawah kapal. Hal ini karena sonar sangat terkoneksi dengan air. Semakin tenang air tersebut maka akan semakin mudah untuk menggapai dasar lautan.

2. Menerima Pantulan Suara

Setelah suara dikirimkan ke lautan, maka suara akan memantul kembali ke transduser kapal. Sehingga transduser kapal akan mengidentifikasi dan memproyeksikan gambaran dari apa yang terpantul oleh sonar pada radar. Semakin tenang perairan dan rata dasar lautan, semakin jelas gambaran yang terpampang pada radar nantinya.

3. Mengukur Waktu Tempuh

Dalam sonar, transduser akan mengukur waktu tempuh suara menuju dasar laut. Sehingga objek yang terpampang dalam radar akan menunjukkan lama waktu sonar untuk sampai ke dasar laut dan terpantul ke transduser kembali. Cara kerja inilah yang sering dipakai untuk mengukur kedalam laut.

4. Analisa dan Interpretasi

Cara kerja sonar yang satu ini berasal dari transduser kapal, sehingga setelah sonar kembali atau terpantul menuju kapal, transduser akan menganalisa dan berusaha memperkirakan bentuk, ukuran, dan jarak objek yang memantul suara sebelum akhirnya transduser mampu memproyeksikan sonar tersebut kepada radar.

Penutup

Demikian penjelasan artikel ini tentang sonar beserta pengertiannya, lima fungsinya dan cara kerja sonar bagi kapal dalam pelayaran. Sonar adalah alat yang memberikan gambaran lebih jelas terkait kontur bawah laut dan objek yang ada pada sekitar dan dibawah kapal.

Komunikasi dan navigasi kapal akan lebih canggih dan efektif dengan adanya sonar yang mampu memantulkan suara dari transduser secara ultrasonik.

Solar Industri menyediakan jasa bunker service untuk kapal baik pada dermaga maupun di lautan. Kami juga mampu menyediakan jasa pengisian bahan bakar untuk kapal dan perahu. Kunjungi website kami untuk melakukan pemesanan dan informasi lebih lanjut sekarang juga.

Tags:

Artikel Terbaru

Butuh Informasi Lebih Lanjut?

Apabila anda tertarik dengan penawaran kami, konsultasikan segera kebutuhan anda dengan menghubungi kontak kami untuk mendapatkan informasi lebih detail terkait produk perusahaan.