Jurusan Teknik Pertambangan, Mata Kuliah, Prospek Kerja, dan Gaji

Bagikan :
Jurusan Teknik Pertambangan mulai banyak dilirik oleh beberapa orang. Selain prospek kerja yang menjanjikan, berkarir dalam teknik pertambangan juga memberikan gaji yang cukup besar. Tak sedikit universitas di Indonesia yang menyediakan jurusan ini, mulai dari ITB hingga Syiah Kuala.
teknik pertambangan
Daftar Isi
jurusan Teknik pertambangan
(Photo: Unsplash.com)

Jurusan Teknik Pertambangan semakin diminati oleh banyak orang karena memiliki prospek karir yang menjanjikan. Selain itu, mata kuliah yang diajarkan juga sangat berguna untuk menghadapi tantangan di bidang pertambangan.

Namun, selain prospek karir, faktor gaji juga menjadi hal yang penting dipertimbangkan saat memilih jurusan. Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih lanjut mengenai mata kuliah, prospek kerja, dan gaji lulusan dari jurusan Teknik Pertambangan.

Apa itu Teknik Pertambangan


Program Studi atau Jurusan Teknik Pertambangan adalah salah satu disiplin ilmu teknik yang fokus pada eksplorasi dan eksploitasi bahan galian dan sumber daya mineral seperti emas, perak, besi, alumunium, batu bara, dan lain-lain. Mahasiswa yang mengambil program studi ini akan mempelajari berbagai teknik dan strategi yang digunakan dalam industri pertambangan, mulai dari proses eksplorasi hingga pemasaran hasil tambang.

Umumnya mahasiswa akan belajar tentang kegiatan penyelidikan umum (prospeksi) yang bertujuan untuk menemukan cadangan mineral, eksplorasi penambangan untuk mengambil mineral, pengolahan bahan tambang (eksploitasi), pengangkutan, sampai dengan pemasaran hasil tambang. Mahasiswa juga akan mempelajari regulasi dan standar lingkungan yang berlaku dalam industri pertambangan, sehingga mereka akan dilengkapi dengan pengetahuan yang luas dan memadai untuk mengelola tambang dengan bertanggung jawab dan berkelanjutan.

Jurusan Teknik Pertambangan merupakan salah satu program studi yang mulai memiliki banyak peminat. Lulusan jurusan ini memiliki peluang karir yang luas dan bisa mendapatkan gaji yang cukup tinggi. Hal ini tidak terlepas dari kebutuhan industri yang terus meningkat untuk menghasilkan bahan tambang yang dibutuhkan untuk berbagai keperluan. Dengan begitu, para lulusan program studi ini memiliki peluang untuk bekerja di berbagai industri pertambangan seperti minyak, gas, emas, perak, dan mineral lainnya, serta kesempatan untuk memberikan kontribusi dalam pengembangan industri pertambangan secara global.

Mata Kuliah Teknik Pertambangan

Berikut ini adalah beberapa mata kuliah teknik pertambangan yang umumnya diajarkan kepada mahasiswa. Simak penjelasannya!

1. Kalkulus

Mata kuliah teknik pertambangan yang satu ini membahas tentang konsep dan aplikasi dari kalkulus diferensial dan integral dalam bidang pertambangan. Mahasiswa akan mempelajari tentang limit, turunan, integral, dan aplikasinya dalam bidang pertambangan.

2. Fisika Dasar

Membahas tentang konsep dasar fisika, seperti mekanika, termal, listrik, magnet, dan optik. Mahasiswa akan mempelajari tentang prinsip-prinsip fisika yang terkait dengan industri pertambangan.

3. Pengantar Teknologi Sumberdaya Bumi

Mata kuliah yang memberikan pengenalan tentang sumber daya bumi dan teknologi yang digunakan untuk mengeksplorasi dan memanfaatkannya. Mahasiswa akan mempelajari tentang berbagai jenis sumber daya bumi, seperti mineral, batu bara, minyak bumi, dan gas alam.

4. Geologi Dasar

Mempelajari dan membahas tentang prinsip-prinsip geologi dan konsep-konsep dasar dalam geologi. Mahasiswa akan mempelajari tentang struktur dan komposisi bumi, serta cara mengidentifikasi sumber daya mineral.

5. Matematika Teknik

Umumnya mempelajari tentang konsep dasar matematika, seperti aljabar linear, matriks, statistik, dan optimasi. Mahasiswa akan mempelajari tentang cara menggunakan matematika untuk memecahkan masalah teknik pertambangan.

6. Eksplorasi Tambang

Jurusan ini merupakan salah satu jurusan yang mempelajari terkait teknik dan metode untuk mengeksplorasi dan mengevaluasi sumber daya mineral. Mahasiswa akan mempelajari tentang teknologi geofisika, penginderaan jauh, dan teknik pemetaan dalam eksplorasi tambang.

7. Manajemen Pertambangan

Secara umum, hal yang dipelajari adalah seperti manajemen sumber daya manusia, keuangan, dan operasional dalam industri pertambangan. Mahasiswa akan mempelajari tentang strategi manajemen dan kebijakan yang diterapkan dalam industri pertambangan.

8. Hukum Pertambangan dan Ketenagakerjaan

Mata kuliah ini membahas tentang peraturan dan hukum yang terkait dengan industri pertambangan, termasuk perlindungan hukum bagi pekerja pertambangan dan perlindungan lingkungan. Mahasiswa akan mempelajari tentang peraturan dan hukum yang berlaku di Indonesia dan di tingkat internasional terkait industri pertambangan.

Baca Juga: Pengertian Batu Bara, Proses Pembentukan, Fungsi, dan Jenisnya

Prospek Kerja Teknik Pertambangan

Setelah lulus dari jurusan ini, kamu bisa memilih berbagai pilihan karir yang menarik. Kamu bisa bergabung dengan perusahaan pertambangan, baik itu perusahaan swasta maupun perusahaan milik pemerintah seperti BUMN, atau bahkan menjadi seorang akademisi. Selain itu, kamu juga bisa bekerja di instansi pemerintah seperti Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral.

Jangan khawatir, tidak semua lulusan Pertambangan harus turun langsung ke area tambang yang berisiko tinggi. Kamu juga bisa memilih untuk menjadi surveyor pertambangan, analis, atau bahkan konsultan. Pilihan karir yang beragam ini memberikan kamu kesempatan untuk berkarir di bidang yang kamu minati, serta memberikan keamanan dan kenyamanan kerja yang lebih tinggi.

Lulusan Teknik Pertambangan memiliki prospek karir yang luas dan menjanjikan. Beberapa pekerjaan yang dapat dijalani oleh lulusan ini seperti engineer, konsultan pertambangan, manajer operasi tambang, hingga ahli geologi.

Gaji Teknik Pertambangan

gaji teknik pertambangan
(Photo: Unsplash.com)

Jika Anda bertanya tentang berapa gaji teknik pertambangan, berikut ini adalah kisaran gaji teknik pertambangan yang dapat menjadi gambaran untuk Anda yang berminat terjun ke dunia pertambangan.

1. Konsultan Pertambangan

Sebagai konsultan pertambangan, lulusan Teknik Pertambangan dapat membantu klien dalam mengevaluasi cadangan mineral, mengembangkan studi kelayakan, dan merancang proses penambangan dan pengolahan mineral.

Sebagai seorang konsultan pertambangan, rata-rata kamu bisa menghasilkan gaji sebesar 5 juta rupiah per bulan.

2. Ahli Tambang dan Geologi

Lulusan Teknik Pertambangan juga dapat bekerja sebagai ahli geologi, yang bertanggung jawab untuk mengevaluasi geologi di area tambang, mengembangkan model geologi, dan melakukan eksplorasi.

Jika kamu bekerja sebagai ahli Tambang dan geologi, rata-rata kamu bisa mendapatkan gaji sebesar 8 juta rupiah per bulan.

3. Ahli Pengeboran Bumi

Profesi ahli pengeboran bumi adalah orang yang bertanggung jawab dalam melakukan pengeboran untuk mencari sumber daya alam seperti minyak dan gas bumi. Tugas mereka meliputi merencanakan lokasi pengeboran, mengawasi keamanan dan kesehatan di lokasi pengeboran, dan memastikan bahwa pengeboran berjalan dengan lancar.

Kisaran gaji ahli pengeboran bumi bervariasi, tergantung pada pengalaman dan kualifikasi seseorang serta perusahaan yang mempekerjakan. Secara umum, gaji ahli pengeboran bumi di Indonesia rata-rata berkisar antara 6 juta hingga 20 juta rupiah per bulan. Namun, untuk profesi ini dibutuhkan kualifikasi yang tinggi, sehingga persaingannya cukup ketat.

4. Teknik Pertambangan di BUMN

Lulusan jurusan ini bisa bekerja sebagai pegawai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) selain menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Banyak perusahaan milik negara yang membuka lowongan untuk profesi ini, seperti Pertamina, PT ANTAM, PT INCO, Perusahaan Listrik Negara (PLN), dan lain-lain.

Rata-rata, gaji yang bisa kamu dapatkan dengan berkarir di BUMN sebagai lulusan Teknik Pertambangan adalah sekitar 5 juta rupiah hingga 8 juta rupiah per bulan. Meskipun tidak sebesar di perusahaan swasta, bekerja di BUMN menjanjikan stabilitas dan berbagai manfaat seperti tunjangan kesehatan dan pensiun yang menguntungkan.

5. Teknik Pertambangan Pada Perusahaan Swasta

Lulusan jurusan ini juga bisa memilih karir di perusahaan swasta yang bergerak di bidang pertambangan di Indonesia, seperti PT Kaltim Prima Coal, PT Tambang Batubara Bukit Asam, PT Aneka Tambang, dan PT Freeport Indonesia.

Gaji yang ditawarkan rata-rata mulai dari 5 juta rupiah hingga 7 juta rupiah per bulan, tergantung pada pengalaman kerja dan perusahaan. Selain itu, bekerja di perusahaan swasta juga memberikan kesempatan untuk mengembangkan keterampilan dan mendapatkan pengalaman kerja yang berharga di dunia pertambangan.

Teknik Pertambangan Akreditasi A di Indonesia

Berikut adalah beberapa Universitas teknik pertambangan terbaik di Indonesia dengan akreditasi A oleh BAN-PT yang dapat Anda lirik jika berminat untuk masuk ke jurusan ini.

1. Institut Teknologi Bandung (ITB)

Jurusan Teknik Pertambangan ITB berada di bawah Fakultas Teknik Perminyakan dan Pertambangan (FTTM) dan telah memperoleh akreditasi Unggul dari BAN PT dengan nomor SK 4178/SK/BAN.PT/Akred-Itnl/SVII/2020 yang berlaku hingga 2023.

2. Universitas Hasanuddin (UNHAS)

Jurusan Teknik Pertambangan di Universitas Hasanuddin (Unhas) berada di bawah Fakultas Teknik (FT) dan saat ini telah terakreditasi A oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan nomor SK 10451/SK/BAN-PT/SURV-BDG/S/VIII/2021. Akreditasi ini berlaku hingga tahun 2025 dan menunjukkan kualitas pendidikan yang baik serta diakui secara nasional.

3. Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta (UPNVY)

Jurusan Teknik Pertambangan di UPN Veteran Yogyakarta merupakan bagian dari Fakultas Teknologi Mineral. Saat ini, jurusan tersebut telah memperoleh akreditasi Unggul dari BAN-PT dengan nomor SK 41616/SK/BAN-PT/Akred-PMT/S/III/2022, yang berlaku hingga tahun 2027.

4. Universitas Negeri Padang

Pada Universitas Negeri Padang (UNP), jurusan ini merupakan salah satu jurusan yang berada di bawah Fakultas Teknik (FT). Saat ini, jurusan Teknik Pertambangan UNP telah terakreditasi Baik Sekali oleh BAN-PT dengan nomor SK 0123/SK/LAM Teknik/AS/XII/2022 dan berlaku hingga 2027.

5. Universitas Syiah Kuala

Pada Universitas Syiah Kuala, jurusan teknik pertambangan berada di bawah Fakultas Teknik. Saat ini, jurusan tersebut telah terakreditasi dengan predikat Baik Sekali oleh BAN-PT, dengan nomor SK 0017/SK/LAM Teknik/AS/VIII/2022, dan berlaku hingga tahun 2027.

Demikian artikel berisi informasi terkait jurusan teknik pertambangan yang dapat kami berikan untuk memperdalam pengetahuan Anda terkait bahan pembangkit listrik yang satu ini. Solar Industri menawarkan pembelian bio solar (B-30) non subsidi termurah. Cek informasi lengkapnya pada halaman produk kami.

Tags:

Artikel Terbaru

Butuh Informasi Lebih Lanjut?

Apabila anda tertarik dengan penawaran kami, konsultasikan segera kebutuhan anda dengan menghubungi kontak kami untuk mendapatkan informasi lebih detail terkait produk perusahaan.