Haluan Kapal: Pengertian, Fungsi, dan 7 Jenisnya

Bagikan :
Haluan kapal adalah bagian dari kapal yang berfungsi untuk menahan dan memecah ombak.
Bagian dari haluan kapal
Daftar Isi

Dalam kerangka kapal, setiap bagian berfungsi untuk meningkatkan ketahanan kapal dari segala situasi di perairan. Umumnya semua kerangka pada kapal, terutama bagian depan adalah bagian yang cukup rentan untuk dihantam ombak atau tekanan air yang tinggi saat badai.

Hal inilah yang membuat setiap kerangka kapal memiliki kerangka yang didesain untuk menahan dan mengurangi tekanan ombak bahkan untuk memecah es yang tebal di perairan arktik dan antartika. Hal inilah yang membuat kapal memiliki bagian bernama haluan.

Sebagai bagian depan sebuah kapal, haluan sangat penting saat melaju di laut karena bagian ini sangat tahan air. Haluan dapat dirancang berbagai cara tergantung pada jenis kapal untuk mengurangi hambatan dan melakukan berbagai fungsi.

Dalam artikel ini, akan dijelaskan terkait pengertian dan definisi dari haluan kapal, jenis-jenis haluan kapal berdasarkan bentuknya, hingga fungsi dari haluan kapal dalam operasional kapal selama di perairan lepas.

Pengertian Haluan Kapal

Haluan kapal, atau dalam bahasa inggris disebut bow, adalah bagian pada badan depan kapal yang berbentuk sedikt menonjol daripada badan depan kapal pada umumnya yang difungsikan untuk melindungi kapal dari tabrakan dan menahan ombak dan tekanan air yang menghantam kapal.

Haluan kapal secara umum mirip dengan hidung raksasa yang membelah ombak, dan berperan penting dalam navigasi dan akselerasi kapal di lautan. Haluan kapal dirancang sedetail mungkin memenuhi jenis kapal dan fungsinya.

Haluan kapal adalah bagian depan dari badan kapal yang dirancang untuk menahan dan memecah ombak dan tekanan arus air laut. Haluan kapal juga dapat menjadi sonar pelacak yang mampu mempertajam sistem navigasi kapal di lautan.

Baca Juga: Pengertian Deck Kapal

Fungsi Haluan Kapal

Ada beberapa fungsi pada haluan kapal yang sangat berguna bagi kapal. Berikut adalah fungsi dari haluan kapal yang utama.

1. Membelah Ombak dengan Efisien

Haluan kapal didesain secara aerodinamis untuk meminimalisir hambatan air, meningkatkan kecepatan kapal, dan menghemat konsumsi bahan bakar. Bentuknya yang ramping dan memanjang membantu kapal menembus ombak dengan mudah, memastikan kelancaran dan stabilitas perjalanan.

2. Menavigasi Arah dengan Presisi 

Haluan kapal berfungsi sebagai kemudi utama, memungkinkan nahkoda untuk mengendalikan arah kapal dengan presisi. Desain haluan yang tepat, seperti kemudi busur atau baling-baling haluan, memberikan kontrol yang optimal saat bermanuver, berbelok, dan bersandar di dermaga.

3. Melindungi Kapal dari Benturan

Haluan kapal yang kokoh terbuat dari material kuat seperti baja, mampu menahan benturan keras dari ombak, es, atau benda lain yang mungkin ditemui di laut. Desainnya yang kokoh meminimalisir risiko kerusakan pada bagian depan kapal, memastikan keselamatan awak kapal dan muatan.

4. Menyediakan Ruang Fungsional

Haluan kapal tak hanya berfungsi sebagai penjelajah lautan, tetapi juga menyediakan ruang untuk berbagai keperluan. Jangkar kapal biasanya terletak di haluan, memungkinkan kapal untuk berlabuh dengan aman.

Selain itu, haluan kapal dapat dimanfaatkan sebagai ruang penyimpanan, area observasi, atau bahkan tempat pemasangan meriam pada kapal perang. Umumnya ruang penyimpanan ini berlaku bagi kapal dengan jenis haluan yang landai.

Jenis Haluan Kapal Secara Garis Besar

Jenis haluan kapal yang digunakan secara garis besar dibagi menjadi dua menurut jenis kecepatan pada kapal. Berikut jenis haluan kapal secara garis besar.

1. Kapal Berkecepatan Tinggi

Umumnya menggunakan haluan yang berbentuk lancip dan meruncing. Tujuannya adalah untuk memecah ombak dan tekanan yang tinggi di lautan. Hal ini dikarenakan kapal dengan kecepatan yang tinggi berpotensi menghantam ombak lebih keras.

Contohnya seperti kapal perang dan kapal pemecah es yang biasa beroperasi di perairan es seperti arktik, samudera atlantik bagian utara, perairan baltik, hingga perairan antartika.

2. Kapal Berkecepatan Sedang

Untuk kapal berkecepatan sedang, biasanya akan menggunakan jenis haluan kapal yang landai dan tidak runcing. Tujuannya adalah untuk memperlambat tekanan yang menghantam bagian depan kapal.

Contoh kapal dengan jenis haluan seperti ini adalah kapal-kapal komersil seperti kapal pesiar, kapal kargo, dan kapal tanker. Selain itu, haluan jenis ini sering digunakan pada kapal untuk memperlambat laju kapal sehingga mengurangi potensi barang-barang yang dibawa terjatuh atau kapal oleng.

Jenis Haluan Kapal Berdasarkan Bentuknya

Bagian dari haluan kapal
Bagian Haluan Kapal (Sumber: Pexels.com)

Meskipun terbagi menjadi dua jenis secara garis besar, yaitu bentuk meruncing dan landai, haluan kapal memiliki berbagai macam jenis berdasarkan bentuknya. Berikut adalah jenis-jenis haluan kapal berdasarkan bentuknya.

1. Haluan Miring

Ciri-ciri Bentuk haluan miring ke depan, biasanya ditemukan pada kapal pesiar dan kapal cepat. Kelebihannya adalah desain ini meminimalisir hambatan air, meningkatkan kecepatan dan efisiensi bahan bakar. Hanya saja kekurangan jenis ini Kurang stabil di laut lepas dan rentan terhadap benturan.

2. Haluan Tegak

Bentuk haluan kapal pada jenis ini tegak lurus dengan garis air, umum ditemukan pada kapal kargo dan kapal tanker. Jenis ini memiliki desain yang menawarkan stabilitas tinggi dan ruang kargo yang lebih luas. Hanya saja kurang efisien di kecepatan tinggi dan rentan terhadap ombak besar.

3. Haluan Siku

Ciri-ciri haluan siku dapat dilihat pada bentuk haluan yang seperti siku, biasanya ditemukan pada kapal penarik dan kapal tunda.haluan siku menawarkan kemampuan manuver yang tinggi dan daya tarik kapal yang kuat. Namun kurang efisien di kecepatan tinggi dan rentan terhadap hambatan air.

4. Haluan Memancing

Memiliki bentuk haluan seperti pancingan, biasa ditemukan pada kapal penangkap ikan dan kapal penelitian. Kelebihan haluan memancing adalah memungkinkan akses mudah ke laut untuk menangkap ikan atau melakukan penelitian. Sehingga cocok untuk kapal penangkap ikan. Kekurangannya kurang stabil di laut lepas dan rentan terhadap benturan.

5. Haluan Sendok

Bentuk haluan umumnya seperti sendok, umum ditemukan pada kapal feri dan kapal penumpang. Desain ini memiliki kelebihan dalam menawarkan akses mudah bagi penumpang untuk naik dan turun kapal. Tetapi desain ini memiliki kekurangan pada efisiensi di kecepatan tinggi dan rentan terhadap ombak besar.

6. Haluan Lurus

Haluan lurus umumnya lurus dengan garis air, biasanya ditemukan pada kapal perang, kapal pemecah es, dan kapal patroli. Kelebihan dari desain ini menawarkan stabilitas tinggi dan daya potong air yang baik untuk kecepatan tinggi. Namun kurang efisien di kecepatan rendah dan rentan terhadap hambatan air.

7. Haluan Menonjol Bagian Bawah

Memiliki bentuk haluan dengan bagian bawah yang menonjol, biasa ditemukan pada kapal pemecah es dan bertujuan untuk menabrak dan memecah karang es yang berukuran tebal. Sehingga desain ini memungkinkan kapal untuk memecah es tebal dan berlayar di perairan dingin. Hanya saja desain ini kurang efisien di perairan terbuka dan rentan terhadap ombak besar.

Demikian penjelasan terkait pengertian haluan kapal beserta fungsi dan tujuh jenisnya menurut bentuk dan fungsinya. Haluan kapal sangat penting bagi sebuah kapal dalam berlayar. Oleh karena itu, sebuah kapal akan menggunakan haluan kapal sebagai bagian yang multifungsi.

Haluan kapal adalah simbol ketahanan pada kapal untuk menjelajahi lautan. Keberadaannya yang kokoh di lautan luas menjadi pengingat akan potensi kekuatan kapal dalam kehidupan manusia sehari-hari di perairan manapun. Contohnya dapat ditemukan pada kapal tanker yang tetap kokoh dalam membawa solar.

Sebagai penyedia tangki solar, solar industri menjual berbagai macam jenis tangki solar dalam berbagai macam jenis dan ukuran. Tangki solar yang kami sewakan mulai dari 5000L, 8000L, 10000L. Selain itu akan membuat lebih efisien untuk menyimpan kebutuhan soal anda karna berada diatas tanah.

Segera hubungi tim kami untuk mendapatkan informasi lebih lanjut

Tags:

Artikel Terbaru

Butuh Informasi Lebih Lanjut?

Apabila anda tertarik dengan penawaran kami, konsultasikan segera kebutuhan anda dengan menghubungi kontak kami untuk mendapatkan informasi lebih detail terkait produk perusahaan.