Direct Marketing adalah: Jenis, Manfaat, Kelebihan, & Kekurangan

Bagikan :
Direct marketing adalah metode pemasaran produk secara langsung dengan cara menyajikan informasi tentang perusahaan, produk, atau layanan kepada konsumen target tanpa perantara iklan.
4 orang yang sedang berdiskusi didalam ruangan
Daftar Isi

Direct marketing adalah sebuah metode pemasaran yang dilakukan secara langsung untuk menjangkau konsumen melalui berbagai media dan tanpa perantara.

Tujuannya, untuk mengenalkan dan menyebarluaskan produk kepada konsumen. Hal ini bisa melalui media seperti telepon, surat, email, atau pun media sosial lainnya.

Perusahaan memilih metode pemasaran ini karena lebih efisien dan efektif dari pada metode marketing lainnya. Sebenarnya, metode dari pemasaran ini dapat Anda temukan dalam kehidupan sehari-hari.

Adapun contoh dalam kehidupan sehari-hari dari penerapan direct marketing adalah kegiatan pemasaran oleh sales dari suatu perusahaan dengan cara memberikan brosur yang menampilkan katalog produk secara langsung kepada konsumen.

Lebih lengkap, berikut pembahasan lebih lanjut tentang pengertian, jenis, manfaat, kelebihan, dan kekurangan direct marketing!

Apa itu Direct Marketing?

Ada 4 orang yang sedang berdiskusi mengenai strategi direct marketing
© Unsplash

Direct marketing adalah sebuah metode pemasaran produk secara langsung dengan cara menyajikan informasi tentang perusahaan, produk, atau layanan kepada konsumen target tanpa perantara iklan.

Artinya, metode pemasaran ini lebih memanfaatkan jalur komunikasi secara langsung tanpa adanya perantara.

Strategi ini diharapkan mampu menjangkau konsumen berdasarkan preferensi tertentu, misalnya usia dan demografi.

Sesuai dengan pengertiannya,proses pemasaran ini lebih mengandalkan komunikasi dan distribusi secara langsung kepada konsumen daripada melalui media perantara.

Penyampaian secara langsung dapat menciptakan hubungan jangka panjang antara konsumen dengan produk perusahaan.

Terlebih lagi, Anda juga bisa secara langsung menerima respon dari pelanggan atas penyampaian informasi atau pesan.

Tujuan dari direct marketing adalah untuk mencapai dan melakukan interaksi secara langsung dengan target konsumen melalui pesan secara langsung kepada mereka.

Tentu, ini bisa menghindari keterbatasan media tradisional serta lebih fokus untuk menjangkau segmen pasar yang lebih spesifik.

Jenis-jenis Direct Marketing

Terdapat berbagai macam pemasaran langsung. Pada bagian ini, kami akan menjelaskan terkait jenis-jenis dari pemasaran langsung, antara lain:

1. Telemarketing

Telemarketing adalah salah satu jenis pemasaran langsung yang menggunakan media telepon. Dalam hal ini, konsumen harus dapat dihubungi melalui telepon.

Pemasaran langsung jenis ini dapat mendatangkan konsumen dalam jumlah yang lebih besar dan efektif.

Sebelum melakukan pemasaran jensi ini, anda perlu mengetahui pelanggan yang cocok dengan produk yang akan Anda tawarkan. Oleh karena itu, Anda dapat memaksimalkan jenis marketing ini.

2. SMM (Social Media Marketing)

Saat ini, sudah pasti tidak asing lagi dengan media sosial karena menjadi platform yang sangat bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari, salah satunya sebagai media pemasaran.

Melalui media sosial, Anda bisa lebih mudah untuk menjangkau konsumen sesuai yang sudah ditargetkan sebelumnya. Tentu, ini akan membantu meningkatkan proyeksi penjualan produk perusahaan.

Contoh pemasaran langsung di media sosial adalah ketika seseorang mengunjungi website tentang fashion dan melihat iklan Instagram yang berisikan beberapa produk seperti baju, celana, dan lainnya.

Aktivitas tersebut biasanya disebut sebagai contoh pengiriman direct marketing melalui media sosial dan email.

3. Direct Mail

Selanjutnya, ada direct mail yang menjadi jenis pemasaran dengan cara mengirimkan surat elektronik atau surel secara pribadi kepada pelanggan atau calon pelanggan.

Melalui metode ini, pelanggan akan merasa mendapatkan perhatian khusus dari perusahaan karena bersifat lebih personal.

Email sebagai media marketing biasanya dibuat semenarik mungkin, baik dari segi desain, konten, huruf, dan lainnya.

Contoh dari pemasaran melalui email adalah iklan berisi katalog produk, maillers, kartu pos produk, dan lain sebagainya.

4. Online Marketing

Berikutnya, contoh direct marketing adalah online marketing yang berarti cara pemasaran menggunakan platform online.

Metode pemasaran ini bisa menggunakan platform seperti website, Google Ads, marketplace, dan sebagainya.

Jika Anda baru merintis bisnis, bekerja sama dengan influencer dapat menjadi salah satu cara dalam memasarkan produk. Kerja sama tersebut dapat berupa affiliate.

Selain itu, metode dropshipper atau reseller juga dapat diterapkan dalam memasarkan produk. 

Di sisi lain, terdapat cara lain yang dapat anda lakukan yaitu dengan memasarkan produk anda dengan Google Ads, YouTube Ads, Facebook Ads, dan lain sebagainya.

5. Leaflet Marketing

Salah satu jenis direct marketing selanjutnya adalah leaflet marketing. Pemasaran ini menggunakan media selembaran yang berupa leaflet dan dibagian kepada pelanggan secara langsung.

Pembagian leaflet ini biasanya dilakukan di tengah keramaian agar dapat menjangkau lebih banyak konsumen. 

Leaflet sendiri merupakan selembaran kertas cetak yang biasanya dilipat menjadi 2-3 halaman serta berisi informasi atau pesan yang ingin disampaikan kepada masyarakat secara luas.

6. SMS (Short Message Service) Blasting

Tidak hanya sebagai media pengirim pesan saja, Short Message Service (SMS) blasting juga bisa dimanfaatkan untuk memasarkan produk.

SMS blasting adalah kegiatan mengirim pesan kepada konsumen atau calon konsumen dalam jumlah besar dengan satu kali klik.

Bentuk promosi ini berisi pesan singkat berupa penawaran diskon produk dalam jangka waktu yang pendek. Biasanya, seperti buy 1 get 1, pay 1 for 2, dan lainnya.

7. Direct Selling

Terakhir, ada direct selling yang merupakan kegiatan memasarkan produk secara langsung kepada pelanggan. Biasanya, jenis pemasaran ini digunakan oleh perusahaan yang berbasis corporate.

Sebab, pemasaran produk dilakukan dengan tatap muka secara langsung dengan pelanggan. Hal ini membantu perusahaan untuk memahami bagaimana preferensi pelanggan terhadap produk yang ditawarkan.

Contoh dari metode jenis ini yaitu dengan memasarkan produk ke rumah-rumah calon konsumen secara langsung. Dengan metode ini, perusahaan dapat membangun hubungan yang lebih personal dengan calon konsumen.

Manfaat Direct Marketing

Seperti halnya metode pemasaran lainnya, tentu direct marketing juga mempunyai manfaat bagi mereka yang menggunakannya.

Manfaat direct marketing adalah sebagai berikut:

1. Menghemat Anggaran

Pertama, manfaat yang akan Anda dapatkan adalah membantu untuk menghemat anggaran. Hal ini karena perusahaan tidak akan bergantung pada pemasaran secara online atau offline.

Sebab, perusahaan akan fokus dalam menargetkan konsumen yang sesuai dengan produk dengan strategi segmentasi pasar yang tepat.

2. Jangkauan Pelanggan Lebih Luas

Pemasaran ini bisa membantu bisnis menjangkau pelanggan yang lebih luas. Hal ini dikarenakan tidak semua pelanggan dapat menemukan produk Anda melalui media online.

Dengan demikian, direct marketing dapat membantu Anda dalam menjangkau pelanggan atau calon pelanggan.

3. Membentuk Loyalitas Pelanggan

Selanjutnya, manfaat direct marketing adalah bisa membentuk loyalitas pelanggan. Sebab, pemasaran ini dilakukan secara langsung dan tanpa perantara pihak ketiga, sehingga dapat membuat hubungan lebih personal.

Terlebih lagi, pesan yang dikirim sudah disesuaikan dan relevan bagi target konsumennya. Hal ini membantu perusahaan meningkatkan kepercayaan dan kepuasan pelanggan.

4. Meningkatkan Penjualan

Terakhir, pemasaran yang Anda lakukan dengan menentukan target spesifik, dapat membantu meningkatkan penjualan.

Hal ini dikarenakan, proses pemasaran ini bisa membentuk komunikasi dengan pelanggan dan menjalin hubungan lebih baik.

Tentu, hubungan ini semakin membantu untuk menghasilkan peluang penjualan baru bagi perusahaan dan meningkatkan keuntungan.

Kelebihan Direct Marketing

Perlu Anda pahami, bahwa direct marketing mempunyai beberapa kelebihan jika dijalankan oleh perusahaan.

Adapun kelebihan direct marketing adalah sebagai berikut:

1. Meningkatkan brand awarness

Melalui proses pemasaran secara langsung ke pelanggan, tentu dapat membantu untuk terus diingat oleh pelanggan.

Hal ini tentunya bisa membantu memperkuat hubungan pelanggan dan mendorong mereka berbagi kepada orang lain.

Maka dari itu, kelebihan direct marketing ini bisa membantu perusahaan untuk mencapai tujuan pemasaran secara efektif dan efisien serta membangun hubungan lebih baik dengan pelanggan.

2. Melakukan targeting lebih spesifik

Sebelum melakukan pemasaran, setiap perusahaan tentu akan menentukan target pelanggan yang lebih spesifik, baik dari segi usia, demografi, jenis kelamin, dan lain sebagainya.

Sama halnya dengan metode direct marketing yang akan melakukan targeting terhadap konsumen yang lebih spesifik. Tentu, ini dapat meningkatkan penjualan produk dan bisa dikatakan lebih efektif dari pada pemasaran secara tradisional.

3. Biaya lebih rendah

Perlu Anda ketahui, bahwa melakukan promosi atau pemasaran produk membutuhkan biaya yang cukup besar, seperti halnya periklanan.

Kendati demikian, kelebihan direct marketing adalah biaya yang dikeluarkan lebih rendah. Apalagi, bagi perusahaan yang sudah mempunyai database pelanggan yang efektif.

Kekurangan Direct Marketing

Selain kelebihan, pemasaran ini juga mempunyai kekurangan yang berdampak cukup buruk terhadap calon konsumen.

Adapun kekurangan direct marketing adalah sebagai berikut:

1. Mengganggu konsumen

Kekurangan menggunakan pemasaran ini adalah bisa mengganggu calon konsumen atau pelanggan.

Sebab, mengirimkan pesan melalui beberapa media, seperti email dan media sosial, bisa membuat konsumen merasa tidak nyaman.

Apalagi, tidak semua konsumen membutuhkan atau menginginkan informasi tersebut. Maka dari itu, bisa saja akan menurunkan tingkat penjualan perusahaan.

2. Tingkat respons rendah

Menurut NI Business Info, adapun tingkat respons direct marketing hanya berkisar antara 1-3% saja. Hal ini akan berdampak buruk bagi perusahaan karena jika proses targetnya tidak tepat, maka hanya akan membuang banyak anggaran dengan hasil kurang maksimal.

3. Regulasi privasi bagi negara tertentu

Terdapat beberapa negara yang menerapkan regulasi privasi yang memungkinkan direct marketing sulit untuk menjangkau konsumen.

Sebab, sekarang ini sudah semakin rentan terhadap kebocoran data privasi akibat semakin berkembangnya dunia digitalisasi. Maka dari itu, banyak negara yang menerapkan regulasi tertentu.

Nah itulah pembahasan mengenai salah satu metode pemasaran yang dianggap cukup efektif dalam membantu meningkatkan penjualan produk bisnis.

Pada intinya, direct marketing adalah salah satu jenis pemasaran produk secara langsung kepada konsumen dan tanpa melalui perantara pihak ketiga.

Proses pemasaran ini bisa membantu Anda untuk mewujudkan tujuan perusahaan dengan menargetkan calon konsumen secara spesifik.

Solar Industri menyediakan pembelian Bahan Bakar Biosolar B30 dan Jasa Bunker Service non-subsidi resmi Pertamina. Cek selengkapnya pada laman resmi kami!

Tags:

Artikel Terbaru

Butuh Informasi Lebih Lanjut?

Apabila anda tertarik dengan penawaran kami, konsultasikan segera kebutuhan anda dengan menghubungi kontak kami untuk mendapatkan informasi lebih detail terkait produk perusahaan.