Kapal Keruk adalah: Pengertian, Jenis, Manfaat, & Cara Kerja

Bagikan :
Kapal keruk adalah salah satu kapal yang memiliki peralatan khusus dan berfungsi suntuk melakukan pengerukan.
kapal keruk ditepi laut
Daftar Isi

Perlu Anda ketahui, jika kapal mempunyai berbagai jenis yang bisa digunakan sesuai dengan fungsinya masing-masing. Mulai dari kapal penumpang, pengangkut barang berat, hingga kapal keruk.

Jika kapal penumpang dan pengangkut barang, mungkin Anda sudah tidak asing dengan jenis kapal ini. Namun, tahukah Anda tentang kapal keruk dan fungsinya?

Bagi sebagian orang awam, mungkin masih terdengar asing dengan istilah kapal keruk tersebut. Padahal, jenis kapal ini mempunyai fungsi yang cukup penting bagi industri lepas pantai hingga alur pelayaran.

Sebab, kapal keruk adalah salah satu jenis kapal yang mempunyai desain dan peralatan khusus untuk kebutuhan operasionalnya.

Nah, untuk mengetahui lebih jelas tentang apa itu kapal keruk? kami akan memberikan informasi lengkapnya untuk Anda di bawah ini!

Pengertian Kapal Keruk

Kapal keruk adalah jenis kapal yang dirancang memiliki peralatan khusus untuk melakukan pengerukan. Proses pengerukan dilakukan di laut dangkal, danau, sungai, dan lain sebagainya.

Pengerukan sendiri merupakan proses untuk menghilangkan akumulasi sedimen dari dasar atau tepian perairan, seperti di danau dan sungai. 

Maka dari itu, fungsi kapal keruk adalah menciptakan ruang hampa untuk menyedot dan memompa keluar sedimen dan puing-puing yang tidak diinginkan melalui peralatan khusus yang telah didesain sebelumnya.

Sedimen sendiri merupakan proses terjadinya secara alami yang mana lumpur, pasir, dan puing-puing lainnya menumpuk di dasar sungai. Penumpukan ini bisa mengurangi kedalaman saluran air dan menghambat lalu lintas kapal.

Pada intinya, fungsi kapal keruk adalah untuk melakukan pengerukan sedimen yang telah menumpuk di dasar sungai dan danau supaya kedalaman saluran air tidak berkurang.

Kemudian, dalam bahasa Inggris, kapal ini disebut dengan istilah dredger yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan di pelabuhan, offshore, alur pelayaran, hingga industri lepas pantai supaya bisa bekerja seperti alat levelling di darat, misalnya excavator dan bulldozer.

Jenis Kapal Keruk

Terdapat ekskavator yang sedang mengambil kotoran dan menaikan pada kapal keruk.
Contoh Kapal Keruk (Sumber: Unsplash.com)

Terdapat beberapa jenis kapal yang hingga saat ini bisa digunakan untuk keperluan pengerukan di sungai, danau, dan lain sebagainya.

Jenis kapal keruk adalah sebagai berikut:

1. Suction Dredger

Pertama, ada suction dredger atau biasa disebut dengan kapal keruk penghisap. Cara kerja kapal ini yaitu dengan menghisap material menggunakan pipa panjang seperti vacuum cleaner.  

Suction dredger dibagi menjadi dua jenis, yakni pertama ada trailing suction hopper dredger yang berfungsi untuk menyeret pipa penghisap ketika proses pengisian material ke penampung kapal.

Kemudian, apabila penampung sudah penuh, maka kapal akan melakukan pelayaran menuju lokasi pembuangan untuk mengeluarkan material melalui pintu bagian bawah.

Jenis kedua yaitu cutter suction dredger yang berguna mengeruk material keras seperti batu dengan cara menghisap melalui kepala pemotongnya. Proses selanjutnya, material akan dikeluarkan melalui pipa.

2. Backhoe Dredger

Selanjutnya, ada backhoe dredger yang identik dengan sebuah ackhobe seperti halnya excavator serta biasa digunakan untuk kebutuhan di darat dan diletakkan di atas tongkang.

Diletakkan di atas tongkang, backhoe dredger bisa digunakan untuk mengeruk pasir di darat serta biasa disebut dengan kapal keruk pasir.

Backhoe dredger mempunyai tiga buah spudcan, yakni tiang untuk menggantikan jangkar supaya kapal tidak bergerak, dan high-tech hanya membutuhkan satu orang untuk mengoperasikannya.

3. Bucket Dredger

Bucket dredger adalah jenis kapal yang dilengkapi dengan beberapa alat, seperti timba yang berfungsi untuk mengangkat sedimen dari dasar air.

Kapal ini sudah ada dan digunakan puluhan tahun lalu dan sekarang masih digunakan untuk keperluan penambangan biji timah. Hal inilah yang membuat bucket dredger disebut sebagai kapal keruk timah. 

Kapal ini masih digunakan di Bangka Belitung dan Kepulauan Riau yang dioperasikan oleh PT Timah Tbk. serta diklaim cukup handal untuk mengeruk karang dan membuat alur pelayaran.

4. Water Injection Dredger

Terakhir, ada water injection dredger yang bekerja dengan cara menembakkan air ke dalam jet kecil bertekanan rendah ke sedimen di dasar air. 

Tujuannya adalah untuk mengikat sedimen dan melayang di air yang kemudian didorong oleh arus untuk keluar dari lokasi pengerukan. Water injection dredger biasa digunakan untuk keperluan maintenance dredging di pelabuhan.

Manfaat Kapal Keruk

Jika melihat manfaat, maka tergantung pada fungsi dan tujuan proses pengerukan sungai atau danau. Sebab, ini berkaitan dengan penggunaan kapal itu sendiri.

Proses pengerukan dapat memberikan manfaat untuk proses pengiriman oleh kapal pengangkut barang atau kapal penumpang. Sebab, pengerukan yang dilakukan membuat kedalaman laut lebih baik, sehingga tidak menghalangi jalur yang dilewati oleh kapal lainnya.

Selain itu, kapal keruk tanah juga bermanfaat bagi lingkungan karena membantu mengurangi eutrofikasi. Eutrofikasi adalah kelebihan nutrisi dalam badan air yang disebabkan oleh limpasan air dari daratan.

Eutrofikasi bisa menyebabkan pertumbuhan tanaman berlebih, sehingga mengakibatkan kekurangan oksigen dan membuat satwa di perairan mati.

Kemudian, manfaat kapal keruk adalah untuk membantu memulihkan garis pantai ke kondisi semula dengan membalikkan dampak erosi tanah.

Bahkan, penggunaan kapal ini juga bisa mengurangi risiko banjir karena proses pengerukan akan menghilangkan kelebihan sedimen di sepanjang dasar dan sisi saluran air. Dengan begitu, air hujan bisa mengalir lebih baik.

Cara Kerja Kapal Keruk

Proses pengerukan yang bertujuan untuk menghilangkan pasir dan lumpur di dasar air melalui beberapa tahapan dalam bekerjanya. Biasanya, kapal ini menggunakan pompa submersible yang menyedot puing-puing serta mengangkat sedimen dari dasar air. 

Kemudian, operator kapal akan menurunkan kepala pemotong yang berputar untuk melonggarkan sedimen serta puing-puing di dalam perairan.

Setelah material telah dikeruk, maka kapal akan memindahkan material ke lokasi yang sudah ditentukan. Proses ini melibatkan penggunaan pompa atau pipa untuk memindahkan material ke kapal pengangkut atau yang lainnya.

Selanjutnya, material tersebut akan dibuang berdasarkan regulasi yang berlaku supaya tidak berdampak negatif terhadap lingkungan. 

Nah, itulah pembahasan lengkap mengenai apa itu kapal keruk, jenis, manfaat, dan cara kerja yang perlu Anda ketahui. Pada intinya, kapal keruk adalah jenis kapal yang berfungsi untuk melakukan pengerukan, baik di sungai, laut, danau, maupun yang lainnya.

Tujuan penggunaan kapal keruk adalah untuk mengangkat sisa kotoran, seperti pasir, tanah, dan lumpur di dasar air supaya kedalaman sungai berada pada kondisi semula. Hal ini tentunya semakin memudahkan operasional kapal kargo maupun penumpang.

Pada proses pengerukan, tentunya kapal membutuhkan bahan bakar yang sesuai dengan standar tertentu. Maka dari itu, diperlukan bahan bakar untuk memenuhi kebutuhan kapal dalam operasionalnya selama di laut.

Pemenuhan bahan bakar tersebut bisa memanfaatkan Bunker Service karena akan mengirimkan minyak dari truk tangki menuju kapal sesuai standar prosedur pengisian bahan bakar yang telah ditentukan.

Jika tertarik menggunakan jasa tersebut, silakan hubungi kami dan konsultasikan kebutuhan Anda secara gratis.

Tags:

Artikel Terbaru

Butuh Informasi Lebih Lanjut?

Apabila anda tertarik dengan penawaran kami, konsultasikan segera kebutuhan anda dengan menghubungi kontak kami untuk mendapatkan informasi lebih detail terkait produk perusahaan.