Energi Listrik: Definisi, Sumber, Manfaat, & Contohnya

Bagikan :
Energi listrik adalah perpindahan elektron dari satu tempat ke tempat lainnya untuk menghasilkan energi. Energi listrik dapat bermanfaat kehidupan sehari - hari seperti menghidupkan lampu, kipas angin atau barang rumah tangga yang lain.
Seoranng wanita yang sedang memegang lentera untuk menerangi
Daftar Isi

Semua pasti sudah tahu, jika energi listrik menjadi salah satu sumber yang penting bagi kehidupan manusia. Sebab, sumber energi ini berfungsi untuk menjalankan berbagai peralatan rumah tangga hingga mesin industri.

Dengan menggunakan energi listrik, semua pekerjaan di rumah atau industri bisa berjalan dengan baik. Mulai dari menyetrika, mencuci, menyalakan lampu, dan lain sebagainya.

Bahkan, untuk menjalankan komputer dan printer di kantor juga memerlukan listrik. Artinya, memang sumber energi listrik mempunyai peran yang sangat penting dalam kehidupan manusia.

Lantas, apa itu energi listrik yang sebenarnya? Berikut penjelasan lengkap mengenai pengertian, sumber, manfaat, dan contohnya!

Apa itu Energi Listrik?

Mengutip dari Circuit Globe, energi listrik adalah sumber energi yang dihasilkan oleh perpindahan elektron dari satu tempat ke tempat lainnya.

Perpindahan aliran elektron tersebut terjadi akibat adanya beda potensial di satu tempat dengan tempat lainnya. 

Energi listrik dihasilkan ketika elektron bergerak melalui konduktor, salah satunya kawat tembaga. Apabila terdapat tegangan listrik di ujung konduktor, elektron mulai bergerak dari satu ujung ke ujung lainnya.

Kondisi tersebutlah yang akan menciptakan aliran arus listrik dan bermanfaat untuk melakukan berbagai pekerjaan.

Secara umum, energi listrik berasal dari berbagai sumber, mulai dari pembangkit listrik tenaga air, tenaga surya, dan bahan bakar fosil. Tentu, bahan ini tidak menghasilkan emisi gas rumah kaca, sehingga menjadi energi bersih.

Dengan demikian, listrik menjadi pilihan untuk mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan serta mengatasi perubahan iklim.

Sumber Energi Listrik

Menara sutet yang menyalurkan energi listrik
Menara sutet yang menyalurkan energi listrik (Sumber: Freepik.com)

Telah dibahas sebelumnya, bahwa energi listrik berasal dari berbagai sumber untuk menghasilkan listrik.

Nah, berikut ini beberapa sumber energi listrik yang perlu Anda ketahui:

1. Batu bara

Pertama, ada batu bara yang merupakan sumber energi fosil paling umum digunakan untuk pembangkit listrik di dunia. Batu bara dibakar untuk menghasilkan uap yang berfungsi untuk memutar turbin, sehingga bisa menghasilkan listrik.

2. Gas alam

Bahan bakar fosil lainnya yang digunakan dalam pembangkit listrik adalah gas alam. Gas alam memasuki proses pembakaran untuk menghasilkan panas.

Tujuannya adalah untuk memanaskan air, sehingga bisa menghasilkan uap dan memutar turbin pada pembangkit listrik.

3. Minyak bumi

Hampir sama seperti sebelumnya, minyak bumi akan memasuki pembakaran terlebih dahulu untuk menghasilkan panas. Kemudian, panas tersebut berfungsi untuk memutar turbin dan menghasilkan listrik.

4. Tenaga air

Selanjutnya berasal dari air yang digunakan oleh Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) untuk menghasilkan listrik. Air dari bendungan atau sungai akan dialirkan melalui turbin yang bertujuan untuk menggerakkan generator serta menghasilkan listrik.

5. Tenaga matahari

Selain air, matahari juga bisa digunakan untuk menghasilkan listrik melalui Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS). Sebab, panel surya akan menangkap energi dari sinar matahari dan mengubahnya menjadi listrik.

6. Tenaga angin

Kemudian, ada juga tenaga angin yang digunakan oleh Pembangkit Listrik Tenaga Angin untuk menghasilkan listrik. Angin berfungsi untuk menggerakkan baling-baling atau kincir angin, sehingga bisa menggerakkan generator dan menghasilkan listrik.

Manfaat Energi Listrik

Semua pasti sudah tahu, jika energi listrik memiliki berbagai manfaat dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan, energi ini menjadi sumber utama untuk mendukung kehidupan manusia.

Sebab, berbagai aktivitas manusia memerlukan listrik supaya bisa berjalan. Tak heran, jika energi ini mempunyai peran dan dampak besar dalam kehidupan.

Berikut, beberapa manfaat energi listrik dalam kehidupan sehari-hari:

1. Sumber penerangan

Kehadiran energi listrik, bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari sebagai sumber penerangan. Sebab, sebelum adanya energi ini, penerangan masih menggunakan lilin atau lampu tempel.

Kemudian, setelah adanya listrik sudah hampir setiap rumah, jalan, dan tempat umum menggunakan lampu dari listrik. Tentu, dengan penerangan yang memadai, Anda bisa melakukan berbagai macam kegiatan di malam hari.

2. Industri

Tidak hanya bagi kehidupan rumah saja, melainkan industri juga mengandalkan listrik untuk menjalankan operasionalnya. Bahkan, hampir semua sektor industri menggunakan energi listrik.

Sebab, energi ini dapat membantu untuk mengoperasikan mesin, peralatan, dan sistem lain dalam proses produksi.

3. Penghasil panas dan dingin

Hadirnya energi listrik, memang memberikan manfaat yang beragam bagi kehidupan. Kali ini, bermanfaat untuk menghasilkan panas dan dingin. Sebab, energi ini akan diaplikasikan pada sebuah alat atau elemen yang bisa menghasilkan panas dan dingin. 

4. Transportasi listrik

Teknologi yang semakin berkembang membuat listrik bisa bermanfaat untuk kebutuhan transportasi. Jika sebelumnya menggunakan bahan bakar minyak, kini sudah bisa beralih memanfaatkan listrik.

Tentu, penggunaan energi listrik menjadi lebih ramah lingkungan karena emisi gas rumah kaca lebih rendah dari pada bahan bakar fosil, sehingga bisa mengurangi polusi udara.

5. Teknologi dan komunikasi

Saat ini, penggunaan perangkat elektronik seperti komputer, smartphone, laptop, dan lainnya sangat bergantung terhadap listrik.

Sebab, perangkat tersebut membutuhkan energi atau istilahnya baterai supaya bisa tetap hidup dan berfungsi sebagaimana mestinya.

Selain itu, hadirnya listrik juga memungkinkan kita terhubung dengan orang lain lebih mudah dan mengakses semua informasi yang ada.

Contoh Energi Listrik

Seorang wanita memanfaatkan energi listrik untuk telphone genggam dan komputer jinjing
Contoh Penggunaan Energi Listrik (Sumber:

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kehadiran energi listrik sangat berdampak terhadap kehidupan manusia. Sebab, hampir semua peralatan membutuhkan listrik untuk bisa berjalan.

Itulah kenapa listrik menjadi sumber utama dalam kehidupan dan mempunyai peranan sangat penting. Terdapat beberapa peralatan yang memanfaatkan listrik sebagai sumber energinya.

Berikut beberapa contoh energi listrik dalam kehidupan sehari-hari:

  1. Lampu
  2. Kipas angin
  3. Pemanas ruangan
  4. Air Conditioner
  5. Perangkat elektronik (Smartphone, komputer, laptop)
  6. Televisi
  7. Oven
  8. Kulkas
  9. Blender
  10. Setrika

Contoh Soal Energi Listrik

Selain beberapa pembahasan di atas, Anda dapat melihat beberapa contoh soal energi listrik supaya menjadi lebih paham.

Sebelum masuk ke contoh soalnya, Anda harus memahami terlebih dahulu bahwa listrik mempunyai satuan ampere (A) dengan tegangan listrik (V) dan satuannya volt. 

Sementara itu, untuk kebutuhan penggunaan daya listrik biasa disebut dengan watt (W). Kemudian, besaran energi listrik menggunakan satuan berupa kalori (kal), kWh, dan joule.

Nah, untuk rumus perhitungannya sendiri, yakni sebagai berikut:

W = V x I x t

Keterangan:

W = energi listrik (J)

I = arus listrik (A)

t = waktu (s)

Contoh Soal 1

Ada alat pemanas dengan aliran arus listrik sebesar 0,70 A serta sumber tegangannya 500 volt. Jika penggunaan alat pemanas ini selama 30 menit, maka berapa besar energi listriknya?

Diketahui:

V = 500 volt

I = 0,70 A

t = 30 menit = 30 x 60 sekon = 1800 s

Pertanyaan:

W = ….?

Jawaban:

W = V x I x t

W = 500 volt x 0,70 A x 1800 s

W = 630.000 Joule

Jadi, besar energi listrik yang dihasilkan adalah 630.000 Joule.

Contoh Soal 2

Sebuah teko listrik memiliki tegangan listrik sebesar 40 volt dan aliran arusnya 5 A. Membutuhkan berapa besar energi listrik yang dengan waktu penggunaan selama 20 menit?

Diketahui:

V = 40 volt

I = 5 A

t = 20 menit = 20 x 60 sekon = 1200 s

Pertanyaan:

W = ….?

Jawaban:

W = V x I x t

W = 40 volt x 5 A x 1200 s

W = 240.000 Joule

Jadi, besar energi listrik yang dihasilkan adalah 240.000 Joule.

Pembahasan di atas telah terdapat beberapa penjelasan mengenai apa itu energi listrik beserta sumber, manfaat, hingga contoh penggunaan dalam kehidupan sehari-hari. Tentu, ini akan menambah pemahaman Anda.

Pada dasarnya, energi listrik adalah sumber energi yang dihasilkan oleh perpindahan elektron dari satu tempat ke tempat lainnya. Energi ini pun sangat berperan penting dalam kehidupan manusia.

Salah satu penggunaannya adalah sebagai sumber energi transportasi listrik. Sebab, sekarang juga sudah sangat populer perihal transportasi listrik karena lebih ramah lingkungan.

Kendati demikian, belum semua bisa menggunakan transportasi ini karena harganya yang cukup mahal. Artinya, masih banyak yang menggunakan kendaraan atau transportasi biasa.

Meski begitu, Anda bisa menggunakan produk Bio Solar (B30) sebagai bahan bakar kendaraan karena juga lebih ramah lingkungan dan harganya terjangkau.Jika tertarik menggunakan, Anda bisa membeli produknya di PT Megah Anugerah Energi dan segera hubungi kami untuk melakukan konsultasi kebutuhannya lebih lanjut!

Tags:

Artikel Terbaru

Butuh Informasi Lebih Lanjut?

Apabila anda tertarik dengan penawaran kami, konsultasikan segera kebutuhan anda dengan menghubungi kontak kami untuk mendapatkan informasi lebih detail terkait produk perusahaan.