Dampak Buruk Karbon Monoksida bagi Kesehatan

Bagikan :
Karbon monoksida adalah hasil pembakaran tidak sempurna dari beragam jenis bahan bakar seperti kayu, batu bara maupun minyak tanah. Karbon monoksida menyebabkan dampak negatif bagi kesehatan makhluk hidup maupun lingkungan.
karbon monoksida
Daftar Isi

Semakin banyaknya jumlah kendaraan bermotor di area perkotaan membuat polusi udara juga semakin meningkat. Hasil pembakaran bahan bakar minyak dari kendaraan bermotor menghasilkan beberapa senyawa yang mengandung polusi udara, salah satunya yakni senyawa karbon monoksida. Karbon monoksida merupakan gas beracun yang tidak dapat terlihat dan tidak dapat tercium. Gas beracun ini dapat membahayakan kesehatan manusia.

Apa Itu Karbon Monoksida?

Karbon Monoksida adalah senyawa gas yang tidak memiliki warna, bau yang dihasilkan dari pembakaran tidak sempurna dari bahan yang mengandung zat arang atau bahan organik, baik dari kegiatan industri ataupun berasal dari lingkungan. Karbon monoksida dengan lambang ilmiah CO ini, terdiri dari satu atom karbon yang saling terikat dengan satu atom oksigen.

Emisi Karbon Monoksida (CO) pada asap kendaran merupakan sumber utama pulusi karbon monoksida di perkotaan. Pembakaran menggunakan bahan bakar dengan menggunakan minyak tanah, kayu, arang, dan gas dapat menghasilkan karbon monoksida. Pada daerah perkotaan dengan tingkat kemacetan yang tinggi pencemaran gas beracun ini beresiko cukup tinggi terhadap kasus kematian.

Penyebab Gas Karbon Monoksida

Pembakaran Kayu
Pembakaran Kayu  © Unsplash

Penyebab utama munculnya karbon monoksida (CO) pada mobil terjadi jika unsur oksigen (udara) pada pembakaran tidak sempurna sehingga menimbulkan karbon di dalam bahan bakar tidak terbakar seluruhnya. Hal ini mengakibatkan adanya pencampuran antara bahan bakar dengan udara yang kurang sempurna, sehingga menyebabkan campuran sulit terbakar secara sempurna atau waktu pembakaran yang terlalu singkat. Transportasi menghasilkan CO paling banyak dibandingkan sumber CO lainnya, terutama dari kendaraan bermotor  yang menggunakan bahan bakar bensin. Sumber CO yang lain juga disebabkan dari pembakaran hasil-hasil pertanian seperti sampah, sisa kayu di hutan, dan sisa tanaman di perkebunan.

Baca Juga: Mengenal Bioenergi Sebagai Energi Alternatif Masa Depan

Proses Terjadinya Karbon Monoksida

Arang
Arang © Unsplash

Pada proses pembakaran tekanan yang baik yakni dari 40-60 bari pada temperatur 2000-2500 derajat celcius. Secara kimia proses pembakaran yang terjadi antara bahan bakar yang berupa senyawa karbon dapat dijelaskan sebagai berikut:

 C (s) + O2 (g) CO2 (g) + panas 

Atom karbon (C) yang dioksidasi dengan gas oksigen (O2) akan menghasilkan gas karbon dioksida (CO2) dan panas yang dikeluarkan sebagai hasil pembakaran. Gas karbon dioksida yang dihasilkan merupakan bentuk pembakaran yang sempurna dan gas ini pun tidak beracun sehingga aman bagi lingkungan. 

Sedangkan jika pembakaran terjadi pada jumlah udara yang tidak cukup, reaksi yang terjadi adalah: 

2C (s) + O2 (g) 2 CO (g) + 247 kJ 

dari reaksi antara 2 karbon yang bereaksi dengan gas oksigen pada pembakaran yang tidak sempurna akan menghasilkan gas karbon monoksida yang akan menjadi polusi bagi lingkungan dan menyebabkan keracunan.

Cara Mengukur Gas Karbon Monoksida

1. Sensor Karbon Monoksida (MQ-7) 

Sensor MQ-7 merupakan sensor gas CO yang berfungsi untuk mengetahui konsentrasi gas CO. Sensor ini memiliki sensitivitas tinggi dan waktu respon yang cepat. Sensor ini menghasilkan sinyal analog dan juga membutuhkan tegangan direct current (DC) sebesar 5V.61 b. 

2. Sensor gas CO Figaro TGS 5042 

Sensor gas CO Figaro TGS 5042 adalah komponen utama yang digunakan dalam rangkaian ini dan menggunakan sebuah sensor kimia atau gas sensor. Sensor ini mempunyai nilai output arus yang akan berubah jika terkena gas dan dapat mendeteksi kadar gas mulai dari 0 – 1.000 ppm. 62 c. 

3. Perancangan Sensor TGS-2201 

Perancangan sensor TGS-2201 berfungsi untuk mendeteksi gas HC dan CO. Tegangan (Vc) memberi energi elemen sensor yang mempunyai hambatan (Rs) antara dua elektroda sensor dan terhubung secara serial dengan resistor (RL). Sinyal sensor diukur secara tidak langsung melalui perubahan tegangan yang melewati hambatan RL. 63 d. 

4. Air Quality Meter 

Salah satu alat ukur untuk mengukur kualitas udara ini berfungsi untuk medapatkan data-data batas dari kualitas udara dalam ruangan maupun di luar rungan. Selain digunakan oleh industri besar juga dapat digunakan oleh kalangan umum. 64 e. 

5. Air Sampler Impinger

Teknik analisa udara dengan impinger pada dasarnya terdiri dari beberapa langkah, yaitu menarik udara contoh dengan pompa hisap ke dalam tabung impinger yang berisi larutan penangkap, mengukur kontaminan yang tertangkap atau bereaksi dengan larutan penangkap baik dengan metoda konvensional maupun instrumental, menghitung kadar kontaminan dalam udara berdasarkan jumlah udara yang dipompa dan hasil pengukuran.

Baca Juga: Pengenalan Destilasi: Definisi, Sejarah, Jenis, Contoh, dan Proses Penerapannya

Dampak Buruk Karbon Monoksida Bagi Kesehatan

Karbon monoksida (CO) jika terhisap ke dalam paru-paru maka akan ikut dalam peredaran darah dan akan menghalangi masuknya oksigen yang dibutuhkan tubuh, sebab gas CO bersifat racun metabolisme dan ikut bereaksi secara metabolisme dengan darah. Seperti halnya oksigen, gas CO bereaksi dengan darah (hemoglobin). Hal ini juga dapat menyebabkan seseorang mengalami sesak napas, pingsan, bahkan kematian.

Gas karbon monoksida yang beracun ini faktanya sangat berbahaya bagi kesehatan. Gasnya yang tidak berwarna, tidak terlihat dan tidak berbau membuat kita sulit untuk menghindari gas beracun jenis ini.  Gas beracun ini dihasilkan dari pembakaran bahan bakar minyak dari kendaraan bermotor yang kurang sempurna. Selain itu, gas ini juga disebabkan oleh pembakaran hasil-hasil pertanian seperti sampah, sisa kayu di hutan, dan sisa tanaman di perkebunan. Dampak buruk yang dihasilkan oleh gas beracun ini yakni mulai dari segi kesehatan, lingkungan alam hingga hewan. 

Solar Industri menawarkan pembelian dan sewa tangki solar industri dengan berbagai kapasitas. Cek selengkapnya pada halaman produk kami.

Tags

Berita Terpopuler

Butuh Informasi Lebih Lanjut?

Apabila anda tertarik dengan penawaran kami, konsultasikan segera kebutuhan anda dengan menghubungi kontak kami untuk mendapatkan informasi lebih detail terkait produk perusahaan.