Menara SUTET Sebagai Media Transmisi Energi Listrik Jarak Jauh

Bagikan :
SUTET adalah singkatan dari saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi, sebuah media transmisi atau distribusi energi listrik antara 275 kV hingga 800 kV.
SUTET Adalah
Daftar Isi

SUTET adalah sebuah saluran listrik udara yang setidaknya pernah Anda lihat pada seberang jalan tol saat berpergian jauh. Namun, pernahkah Anda berpikir apa fungsi, komponen, dan bahayanya untuk kesehatan?

Infrastruktur listrik di desain untuk menyalurkan energi listrik bertegangan tinggi, tentu saja ada beberapa komponen yang vital sebagai transmisi listrik. Pemerintah membuat regulasi ketat mengenai pembangunan menara listrik terhadap pemukiman atau tempat komersial dikhawatirkan akan menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan.  

Apa Itu SUTET

gambar sutet
Gambar SUTET © Unsplash.com

Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi atau bisa disebut SUTET adalah sebuah media transmisi atau distribusi energi listrik antara 275 kV hingga 800 kV.  Saluran listrik tersebut bisa terdiri dari satu atau lebih konduktor yang terpasang pada menara atau tiang. Analogi sederhananya, tidak mungkin kabel akan membentang jauh tanpa adanya penyokong yang kuat di bawahnya.

Komponen SUTET yang berfungsi sebagai penyangga adalah baja berkualitas tinggi karena memiliki daya tahan yang mumpuni. Sedangkan, menara listrik bertegangan rendah bisa menggunakan penyangga isolator seperti kayu, beton, dan reinforced plastic. 

Komponen SUTET 

Komponen SUTET ada beragam serta membuat suatu kesatuan yang saling bergantung satu sama lain. SUTET adalah menara transmisi energi listrik. Ukuran tiang SUTET adalah lebih besar daripada SUTT. Maka dari itu, perlu adanya pondasi tertanam kuat di bawah tanah supaya terhindar dari  terjadi goncangan  lempengan atau kerak bumi akibat gempa.

Inilah komponen SUTET yang harus ada pada menara transmisi energi listrik, antara lain:

1. Menara Transmisi Listrik

Menara transmisi listrik adalah komponen utama yang harus ada. Memiliki struktur bangunan terbuat dari baja dan berfungsi sebagai penyangga. Tingginya menara sekitar 50 meter bertujuanuntuk memberikan jarak antara kabel SUTET dengan  permukaan tanah karena kabel tersebut mengandung muatan listrik bertekanan tinggi.

Sebagian besar, PLN menggunakan menara saluran udara ini karena memang perbaikannya lebih efisien jika terjadi sebuah gangguan daripada kabel bawah tanah. Konstruksi Lattice tower merupakan jenis SUTET yang tersebar di Indonesia. 

Kualifikasi tower SUTET adalah harus memenuhi persyaratan ketahanan terhadap beban seperti gaya berat tower, gaya tekan pada kawat penghantar, gaya tarik rentangan kawat maupun ketahanan terhadap angin.

2. Kabel Konduktor SUTET

Kabel konduktor SUTET adalah kabel yang menghubungkan energi listrik dari gardu PLN pusat ke rumah-rumah warga. Jenis dari kabel konduktor listrik di Indonesia paling banyak adalah material Alumunium Alloy Conductor Steel Reinforced. 

Material tersebut memiliki konduktivitas hingga 60%. Kelebihan lainnya adalah spefisikasi kekuatan tariknya lebih kuat sehingga tidak mudah patah serta aman dari gangguan ekternal, seperti perubahan cuaca, suhu, dan paparan sinar matahari. 

Material harus tahan terhadap panas tinggi dan mengurangi terjadinya penurunan daya listrik saat proses transmisi. Jika listrik mengalir pada kabel saluran udara dalam jumlah tinggi dan melewati batas spesifikasi, maka akan menyebabkan power sag. Power sag adalah penyebab listrik padam karena adanya peningkatan penggunaan listrik pada suatu wilayah sehingga terjadinya penurunan daya listrik pada wilayah lain.

3. Bahan Isolator Pada SUTET

Bahan isolator pada sistem transmisi sutet adalah bahan yang memiliki tujuan untuk menghambat aliran listrik dari konduktor ke menara. Terbuat dari material polimer dan kaca yang handal dalam menghambat aliran listrik.

Isolator listrik adalah bahan yang memiliki valensi elektronnya terikat kuat dengan atom-atomnya. Di sisi lain, fungsi bahan isolator ini berfungsi sebagai penyangga kabel konduktor. 

4. Kawat Tanah Pada SUTET

Apakah Anda berpikir jika menara listrik hanya berdiri tanpa pengaman dari ancaman luar? Tidak, bukan? Tanah atau earth wire adalah media untuk melindungi kawat fasa dari petir. Terpasang di atas kawat fasa dengan sudut perlindungan kecil mungkin, karena petir bisa menaikkan resiko ancaman akan kebakaran. 

Lalu, bagaimana cara menghantarkan sambaran petir ke dalam tanah?  Tension clamp pada tower suspension terdapat sejumlah kawat jumper, sehingga jika ada petir menyambar, tension clamp akan terbuang ke tanah lewat toner. 

5. Pentanahan Tower Pada SUTET

Pentanahan tower adalah peralatan pembuatan sistem transmisi yang berfungsi meneruskan arus listrik dari badan menara ke tanah. Komponen ini dibuat sedemikian rupa berdasarkan kualifikasi yang telah ditentukan. 

Kualifikasi pentanahan tower SUTET adalah nilai pentanahan tower kecil supaya tidak menimbulkan tegangan tinggi yang dapat mengganggu sistem. Jika penyaluran listrik di angka 70kV maka tegangan listrik maksimal adalah 5 Ohm. Jika sistem 150 kV maka tegangan yang maksimal adalah 10 Ohm. 

Jenis pentanahan ada berbagai macam. Electroda bar, adalah rel logam ditanam di dalam tanah, Penggunaan electroda bar mampu meredam nilai tahan menjadi rendah. Sedangkan, electroda plat adalah plat logam yang tertanam dalam tanah secara horisontal atau vertikal. Pentanahan di atas merupakan alat untuk menangkal petir. 

Baca juga: Perbedaan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) dan Diesel (PLTD)

Fungsi SUTET

Fungsi SUTET adalah sebagai penyalur energi jarak jauh
Sebagai penyalur energi jarak jauh © Unsplash.com

Apa fungsi sutet pada sistem transmisi energi listrik? Fungsi SUTET adalah menyalurkan atau mendistribusikan energi listrik secara jarak jauh dari gardu pusat ke gardu lainnya sehingga energi listrik bisa disalurkan secara efisien. 

Dengan tegangan di atas 230 kV dapat mencegah terjadinya drop tegangan dan penampang kawat bisa direduksi secara maksimal, sehingga menghasilkan operasional yang lebih efektif dan efisien. 

Cara Kerja SUTET 

Nah, pasti kalian penasaran bagian cara kerjanya dalam mentransmisikan listrik? Pada proses transmisi listrik memungkinkan adanya pendistribusian listrik dari pusat, di mana ada simpanan batu bara dan sungai sebagai penyuplai. Semakin panjang kabel, maka hambatannya semakin besar dan energi banyak terbuang.

Proses pendistribusian listrik memang harus benar-benar efisien dan aman. Daya tahan listrik sebelum sampai ke rumah warga harus melewati beberapa saluran udara tegangan yang lebih kecil. 

Bahaya SUTET untuk Kesehatan

Sutet adalah alat yang mentransmisikan listrik dengan tegangan tinggi. Maka, perlu adanya pengawasan terhadap pembangunannya. Ia memancarkan radiasi elektromagnetik sehingga menurut penelitian sedikit banyak mengganggu kesehatan manusia. 

Medan elektromagnetik dihasilkan menara ini adalah sekitar 500 kV mampu menimbulkan gejala hipersensitivitas yang bisa disebut dengan electrical sensitivity. Gejalanya berupa tidak enak badan, kepala menjadi pusing, dan kelelahan. 

Sebagian yang menderita penyakit ini akan merasakan ketidaknyaman pada telinga, karena disebabkan oleh radiasi pancarannya. Radiasi SUTET adalah penyebab penurunan produksi hormon melatonin, Hormon ini memiliki peran penting dalam mengganggu waktu tidur seseorang. 

Baca juga: Proses Gasifikasi Batubara Untuk Energi Masa Depan

Cara Meminimalisir Dampak Negatif SUTET

Cara meminimalisir dampak SUTET adalah dengan menerapkan poin-poin di bawah ini, antara lain:

  1. Jaga jarak dengan kawasan ini dan tidak melewati pembatas.
  2. Sebisa mungkin pilihlah lokasi rumah jauh dari daerah sekitarnya. 
  3. Kurangi waktu keluar rumah pada pukul 5 sore hingga 10 malam karena arus listrik dan voltasi pada titik puncak. 
  4. Lewati jalan yang di mana lokasinya jauh dari kawasan menara transmisi energi jarak jauh ini. 

Solar Industri menawarkan pembelian dan sewa tangki solar industri dengan berbagai kapasitas. Cek selengkapnya pada halaman produk kami.

Tags:

Berita Terpopuler

Butuh Informasi Lebih Lanjut?

Apabila anda tertarik dengan penawaran kami, konsultasikan segera kebutuhan anda dengan menghubungi kontak kami untuk mendapatkan informasi lebih detail terkait produk perusahaan.